6 Arti Nama Cucu Jokowi yang Memiliki Filosofi Jawa dengan Arti Indah, Terbaru Anak Erina Gudono dan Kaesang Pangarep yang Baru Lahir

Anisha Saktian Putri diperbarui 15 Okt 2024, 19:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Presiden Jokowi memiliki tiga anak dari pernikahannya bersama Iriana. Anak pertamanya, Gibran Rakabuming yang kini menjadi Wakil Presiden Terpilih, kedua putrinya bernama Kahiyang Ayu, dan yang terakhir Kaesang Pangarep.

Ketiga anak-anaknya tersebut pun telah menikah dan memiliki keturunan. Dari pernikahan anak-anaknya, sampai saat ini Jokowi pun memiliki total enam cucu.

Menariknya, cucu-cucu Jokowi tersebut diberikan nama yang memiliki filosofi Jawa dengan arti nama yang cukup indah. Lalu apa saja arti nama keenam cucu Jokowi? Yuk kita simak

What's On Fimela
2 dari 7 halaman

Jan Ethes Srinarendra

Presiden Joko Widodo dan cucunya Jan Ethes Srinarendra (Sumber Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Menikah dengan Selvi Ananda, Gibran pun dikarunia dua anak. Anak pertamanya berjenis kelamin pria yang menjadi cucu pertama Presiden Jokowi.

Anak pertamanya diberi nama Jan EthesSrinarendra yang lahir 10 Maret 2016. Gibran menjelaskan arti nama Jan adalah sangat. Ethes yang berarti cekatan, sedangkan Srinarendra adalah pemimpin yang cerdas.

3 dari 7 halaman

La Lembah Manah

La Lembah Manah, anak bontot Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda di pesta ulang tahun Jan Ethes. [@syncpro/@jimboengbakoelsolo]

Anak kedua Gibran dan Selvi berjenis kelamin perempuan. Adik Jan Ethes ini diberi nama menarik perhatian yaitu La Lembah Manah yang lahir pada November 2019.

Gibran kembali menjelaskan jika arti nama anak keduanya, La Lembah Manah artinya rendah hati. Nama depannya La merupakan singkatan.

“Lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku," ungkap Gibran yang dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (16/11/2019).

4 dari 7 halaman

Sedah Mirah Nasution

Sedah Mirah Nasution. [@ayanggkahiyang]

Sementara itu, Kahiyang Ayu menikah dengan Bobby Nasution yang dikaruniai tiga anak. Satu perempuan, dua laki-laki.

Anak pertama yang juga cucu ketiga Jokowi berjenis kelamin perempuan diberi nama Sedah Mirah Nasution. Lahir 1 Agustus 2018 di Jakarta namanya juga dari bahasa Jawa.

Artinya namanya, Kahiyang menyampaikan, putri yang menawan, salehah, dan dermawan bagi orang di sekitarnya. Nasution merupakan marga dari pihak sang ayah.

5 dari 7 halaman

Panembahan Al Nahyan Nasution

Panembahan Al Nahyan Nasution. [@ayanggkahiyang]

Anak kedua dari Kahiyang dan Bobby lahir pada 3 Agustus 2020 diberi nama Panembahan Al Nahyan Nasution. Melansir liputan6.com, dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, panembahan bisa berarti Raja atau yang Dipertuan.

Nama tersebut juga sangat erat dengan gelar yang melekat pada pendiri Kesultanan Mataram, yakni Panembahan Senopati. Nasution sendiri marga dari sang ayah

6 dari 7 halaman

Panembahan Al Saud Nasution

Panembahan Al Saud Nasution. [@ayanggkahiyang]

Cucu kelima Jokowi ini memiliki nama Panembahan Al Saud Nasution. Anak bungsu pasangan Kahiyang dan Bobby ini lahir 25 Agustus 2022.

Cucu Jokowi ini memakai nama 'Panembahan' yang berarti orang yang dijunjung tinggi. Adapun, Saud merupakan salah satu nama raja di Arab Saudi. Selain itu, dalam Bahasa Arab, 'saud' atau 'su'ud' juga memiliki arti keberuntungan dan seseorang yang diberkahi.

7 dari 7 halaman

Bebingah Sang Tansahayu

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep. (Foto: Dok. Instagram @erinagudono)

Erina Gudono baru saja melahirkan anak pertama di RS Bunda, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (15/10/2024). Berjenis kelamin perempuan, diberi nama Bebingah Sang Tansahayu.

Kaesang pun menyebut, arti nama Bebingah yang ia berikan untuk sang putri adalah yang membuat bahagia.

"Bebingah itu yang membuat bahagia. Sang Tansahayu itu dialah yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, semuanya," ungkap Kaesang Pangarep dalam konferensi pers di RSU Bunda, Menteng, Jakarta.