Dokter Sebut Pemilihan Air Mineral dengan Mineral Esensial Krusial Bantu Jaga Performa Pelari di Ajang Lari Marathon

Vinsensia Dianawanti diperbarui 14 Okt 2024, 16:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Kegemaran masyarakat akan olahraga lari kini tidak hanya sekadar hobi atau rutinitas di akhir pekan. Melainkan juga banyak melakoni olahraga lari di tahap mengikuti ajang lari marathon. Jelang akhir tahun makin banyak ajang lari marathon yang digelar. Salah satunya Jakarta Running Festival 2024.

Diikuti oleh ribuan orang, Jakarta Running Festival 2024 menghadirkan banyak titik water station guna menjaga stamina setiap pelari marathon. Konsumsi air mineral yang tepat memiliki peran krusial dalam mendukung performa dan kebugaran para peserta marathon.

Saat berlari, tubuh melepaskan tidak hanya cairan melalui keringat, tetapi juga mineral penting seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalium. Kehilangan mineral-mineral ini dapat mengakibatkan penurunan performa, peningkatan risiko cedera, serta memperlambat pemulihan pasca lomba.

"Pelaksanaan JRF 2024 ini memegang teguh menjaga standar keamanan yang baik sesuai dengan aturan internasional. Oleh karena itu, kami tidak main-main dalam pemilihan air mineral, kami melakukan verifikasi dengan detail dalam memilih air mineral yg tepat untuk merehidrasi sekaligus menjaga kebugaran pelari nanti. Air mineral yang paling tepat adalah yang terjamin memiliki kandungan mineral penting dan berkualitas," kata Dokter Andi, Medical Director Jakarta Running Festival (JRF) 2024.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat air mineral untuk pelari

Pemilihan air mineral yang tepat bisa bantu jaga stamina pelari marathon

Menurutnya, air mineral dengan kandungan mineral esensial yang berkualitas, tidak hanya membantu menggantikan cairan yang hilang, mineral di dalamnya bermanfaat juga untuk mendukung fungsi otot dan keseimbangan elektrolit.

“Ini krusial bagi pelari untuk memiliki strategi hidrasi yang baik. Tentu saja kita harus mengembalikan cairan tubuh, namun tak kalah penting, kita harus memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita dengan air mineral, tapi harus air mineral yang berkualitas. Ciri-ciri air mineral yang baik adalah air mineral yang mengandung mineral esensial yang baik buat tubuh, bisa mencegah cedera, kram otot ataupun bisa menjaga optimal performance pelari sari garis start hingga finish,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Tersedia banyak water station

Le Minerale tersedia di seluruh water station di race area, memastikan setiap pelari memiliki akses mudah untuk menjaga kecukupan hidrasi dan mineral esensial mereka. Dokter Andi menyarankan peserta untuk memanfaatkan fasilitas water station dengan baik, "Ini bukan hanya soal berlomba, tetapi juga tentang bagaimana memastikan tubuh tetap dalam kondisi optimal sepanjang perlombaan."

Dengan pemilihan Le Minerale sebagai partner resmi, diharapkan Jakarta Running Festival 2024 memberikan pengalaman lari yang lebih segar dan aman bagi semua peserta, memastikan bahwa mereka dapat mencapai garis finish dengan performa terbaik mereka.