4 Barang Wajib Ada di Tasmu Saat Berlibur ke Pantai!

Ajeng Yuniarta diperbarui 28 Okt 2024, 20:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela gemar berkunjung ke pantai? Menghabiskan akhir pekan ataupun musim liburan dengan tiupan angin sejuk, terpapar sinar matahari langsung untuk membawa kulit kita semakin eksotis, sensasi butiran pasir lembut di kaki kita saat berjalan, serta terpaan ombak dari laut memang dapat membawa kita ke kondisi rileks dan healing sepenuhnya.

Semua kesan yang dimiliki oleh pantai tersebut tak hanya membuat pikiran tenang namun juga dapat memberikan inspirasi kita untuk menggerakkan tubuh menjelajah ke sepanjang pantai membentang luas ataupun tergerak untuk melakukan olahraga pantai seperti voli pantai ataupun yang lain. Namun, tentu kondisi pantai yang tak biasa dengan kondisi di daratan biasanya, mengharuskan kita untuk menyiapkan barang-barang yang sesuai dan yang sekiranya membantu kita saat berada di kawasan pantai.

Lantas barang wajib apa saja harus kita bawa saat ingin berlibur ke pantai? Yuk, kenali dan simak rekomendasi barangnya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Sunscreen

Wajah yang berjerawat cenderung berminyak, oleh karena itu pilihlah produk yang berlabel oil free. (Foto: Freepik/rawpixel.com)

Dianggap sepele karena pada umumnya berkemasan kecil, namun nyatanya memiliki manfaat yang luar biasa untuk perawatan kulit kita. Saat berlibur ke pantai, mau tidak mau kulit tubuh ataupun wajah kita akan terpapar sinar matahari langsung dari atas sehingga lapisan terluar dalam tubuh kita akan menyerap cahaya tersebut dan lama-kelamaan jika dibiarkan terlalu lama akan menjadikan lapisan terluar tersebut menghitam dan rusak kering. Adapun kandungan vitamin yang ada pada cahaya matahari memang bermanfaat untuk perawatan kulit kita, namun tetap saja jika terpapar terlalu lama, maka lapisan tersebut juga tidak akan mampu menahan terpaan panas yang diberikan. Oleh karena itu, mengaplikasikan sunscreendi wajah serta tubuh kita akan mengurangi dampak yang terjadi saat terpapar sinar matahari langsung.

Kamu bisa membeli sunscreen lotion di supermarket terdekat mulai dari lotion yang mengandung minimal spf 30. Tak hanya itu, kamu juga harus memisahkan sunscreen lotion untuk tubuh dan sunscreen cream untuk wajah, karena lapisan wajah cenderung lebih sensitif untuk menerima cream dengan kandungan tertentu, oleh karena itu perlu dibedakan.

3 dari 6 halaman

2. Sandal

sandals/copyright pexels/Pixabay 

Demi kenyamanan kamu untuk menjelajah pantai dengan maksimal, perlu juga membawa alas kaki yang sesuai. Kamu bisa menggunakan swallow ataupun sandal jepit sesaat menginjakkan kaki di atas pasir pantai yang lembut. Hal ini tak hanya berguna untuk melindungi sepatu kamu agar tidak terjabak masuk ke dalam pasir namun juga menjaga kenyamanan kamu jikalau ingin menjelajah pantai sampai ke ujung. Selain itu, untuk menghindari adanya lecet atau kerusakan pada sepatu favoritmu yang mengenai hewan ataupun batu tajam yang ada di dalam pasir, kamu perlu menggunakan sandal untuk mengantisipasi hal tersebut.

4 dari 6 halaman

2. Alas Tikar

beach carpet/copyright freepik/kstudio

Menyiapkan alas tikar akan sangat membantu kamu untuk menikmati sensasi pantai dengan lebih santai. Item ini sangat cocok dibawa untuk kamu yang pribadinya lebih suka berjemur, menikmati pemandangan, menikmati terpaan angin pantai diselangi dengan alunan musik yang masuk melalui headphone. Simpelnya, membawa carpet ke pantai akan sangat berguna untuk kamu kurang tertarik beraktivitas secara berlebih di ruangan outdoor. Dengan adanya alas ini, akan membantu kamu lebih santai untuk menikmati suasana pantai yang dingin dengan menikmati ombak yang lulu lalang di depan kita.

5 dari 6 halaman

3. Pakaian Renang

swimsuit/copyright pexels/Toni Cuenca

Bertolak belakang dengan bahasan sebelumnya, item satu ini sangat cocok untuk kamu yang lebih suka beraktivitas di luar ruangan, menjelajah sepanjang bentangan pantai yang luas, bermain games bersama teman, berenang ataupun sekedar bermain air di bibir pantai. Dengan membawa pakaian renang, kamu tidak akan risau atau khawatir untuk melakukan aktivitas di dalam air. Lapisan pakaian renang yang tebal akan melindungi kamu dari benda tajam ataupun hewan yang sembunyi di balik terumbu karang ataupun tenggelam dalam tumpukan pasir pantai. Namun saat memilih pakaian renang, perlu diperhatikan kualitas serta ukuran yang sesuai dan bagus untuk tubuh kamu, sebab jika ukurannya tak sesuai juga akan mengganggu kenyamanan kamu saat beraktivitas. 

6 dari 6 halaman

4. Alat Mandi Travel Size

travel kit/copyright pexels/Timur Weber 

Selepas berjemur ataupun bermain air, sensai panas matahari yang menyengat, keringat yang muncul, sisa-sisa tetesan air yang bermunculan, rasa lengkep dari air asin laut, ataupun butiran pasir yang menempel pada kaki ataupun tubuh kita yang lain, perlu kita bersihkan dengan air mengalir di kamar mandi yang disediakan di pesisir pantai. Setiap kawasan wisata pantai, tentu memiliki tempat kamar mandi yang banyak dan cukup layak untuk digunakan. Kamu bisa memanfaatkan tempat tersebut untuk membersihkan diri, mandi dengan air mengalir ataupun sekalian membilas rambut dengan sabun yang cukup harus agar bau apek selepas berjemur tergantikan dengan kesegaran sabun. Untuk lebih praktisnya, kamu bisa menyiapkan alat-alat mandi yang biasa kamu gunakan dalam kemasan travel size. Kamu bisa menggunakan kemasan-kemasan travel kit untuk membantu kebutuhan mandi kamu terkemas dengan apik dan rapi, seperti kemasan botol kecil ataupun tas dengan resleting banyak.

Itulah beberapa rekomendasi barang yang wajib kamu bawa untuk berlibur ke pantai. Dengan menyiapkan barang-barang tersebut, liburanmu akan semakin siap dan berjalan dengan baik. Selamat berlibur!