Rahasia Foundation Flawless ala Makeup Artist, Tampilan Makin Sempurna Tanpa Cela!

Henny diperbarui 09 Okt 2024, 13:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Foundation jadi salah satu komponen utama dalam makeup yang berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Tapi, pernah nggak sih merasa setelah pakai foundation justru terlihat nggak rata? Itu tandanya, kamu perlu tahu rahasia foundation flawless ala makeup artist.

Bicara tentang foundation flawless ala makeup artist, beberapa perempuan sudah mengaplikasikan secara step by step. Namun sayang, hasilnya seringkali masih terlihat cakey dan nggak mulus. Ini karena ada beberapa hal penting yang sering terlewatkan saat pengaplikasian.

Nah, jika kamu mengalami masalah serupa, tak perlu khawatir! Rose Gallagher, seorang makeup artist terkenal dan berpengalaman, punya rahasia untuk menciptakan tampilan foundation yang flawless dan membuat wajahmu terlihat cantik paripurna. Yuk, intip tipsnya di bawah ini!

What's On Fimela
2 dari 7 halaman

Tips Mengaplikasikan Foundation

Mulai aplikasikan foundation di area wajah yang paling membutuhkan coverage. Misalnya, kalau kamu punya kemerahan di beberapa titik wajah atau bekas jerawat yang membandel, maka fokuslah dulu di area yang perlu coverage lebih, lalu aplikasikan foundation ke bagian lain yang butuh lebih sedikit produk.

Cara tersebut ampuh untuk meminimalisir terjadinya makeup cakey, sehingga makeup tampak lebih flawless dan natural. Bukan hanya itu, teknik di atas juga membantu para pemula agar tidak menggunakan banyak produk.

Kalau kamu memiliki skin tone yang berbeda antara wajah dan leher, Gallagher merekomendasikan untuk menggunakan CC cream daripada foundation. Ini karena CC cream memang dirancang khusus untuk menyamakan warna kulit dan membantu menyatukan perbedaan warna tersebut.

3 dari 7 halaman

Mengaplikasikan Foundation dengan Flat Brush

Ilustrasi flat brush untuk foundation. © Alena Darmel/pexels

Mau foundation terlihat lebih flawless dengan brush? Pastikan kamu tahu dulu jenis brush yang tepat digunakan! Menurut Gallagher, ada beberapa bentuk brush yang bisa dipilih. Salah satu yang wajib dicoba adalah Flat Brush, yang memiliki bentuk datar dan bisa membantumu menciptakan hasil akhir yang natural dan menyatu sempurna dengan kulit!

Kalau kamu mau mendapatkan hasil yang full coverage, Gallagher merekomendasikan penggunaan brush berbentuk bulat atau dome. Caranya yaitu keluarkan foundation ke punggung tangan, kemudian ambil sedikit-sedikit menggunakan brush. Dengan cara ini, kamu bisa lebih kontrol seberapa banyak produk yang dipakai.

4 dari 7 halaman

Mengaplikasikan Foundation dengan Sponge

Gallagher juga memberikan tips penting sebelum menggunakan sponge, pastikan sponge dibasahi terlebih dahulu dan diperas hingga sedikit lembap, namun tidak terlalu basah. Setelah itu, gunakan teknik ‘bouncing’ atau gerakan memantul saat mengaplikasikan foundation ke wajah. Hindari menggeser sponge di kulit, cukup tap-tap perlahan dengan gerakan ringan hingga foundation menyatu dan merata sempurna di seluruh wajah. Dengan cara ini, hasil akhir akan terlihat lebih halus dan natural.

5 dari 7 halaman

Kapan Harus Mengaplikasikan Concealer?

Untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless, concealer sebaiknya diaplikasikan setelah foundation. Dengan menggunakan foundation terlebih dahulu, kamu bisa melihat area mana yang masih membutuhkan ekstra coverage, sehingga penggunaan concealer hanya di area yang benar-benar perlu, seperti di bawah mata, sekitar hidung, atau pada noda tertentu. Ini juga membantu mencegah riasan terlihat tebal dan cakey.

6 dari 7 halaman

Apakah Primer Perlu Digunakan Sebelum Foundation?

Ilustrasi Penggunaan Primer. © Karolina Kaboompics/Pexels

Primer sangat disarankan digunakan sebelum foundation, terutama jika kamu ingin hasil makeup yang lebih tahan lama dan halus. Primer berfungsi sebagai lapisan dasar yang membantu meratakan tekstur kulit, mengurangi tampilan pori-pori, serta menjaga makeup agar tidak cepat luntur. 

Selain itu, ada berbagai jenis primer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit, seperti primer untuk kulit berminyak yang bisa mengontrol kilap atau primer yang memberikan efek glowing untuk kulit kering. Meskipun tidak wajib, penggunaan primer bisa meningkatkan tampilan keseluruhan makeup.

Gallagher juga memberikan saran, sebelum menggunakan makeup, penting untuk melakukan skin preparation yang benar. Ini juga dapat mempengaruhi hasil akhir makeup.

7 dari 7 halaman

Tips Mengaplikasikan Jenis Produk Cream dan Powder

Gallagher membagikan tips simpel untuk mendapatkan tampilan blush dan bronzer yang sempurna. Kalau kamu pakai produk cream, aplikasikan blush dan bronzer setelah foundation dengan tipis. Gunakan brush untuk hasil yang lebih natural; untuk blush, tepuk-tepuk lembut di bagian apple cheeks dan blend ke arah atas. Untuk bronzer, aplikasikan di dahi, tulang pipi, dan garis rahang biar wajah terlihat lebih tegas dan tirus.

Sementara itu, jika memilih produk powder, gunakan setelah semua produk cream di-set. Produk powder ini berfungsi mengunci makeup dan memberi tampilan akhir yang halus. Ambil produk powder pakai fluffy brush yang lembut, lalu sapukan blush powder dengan gerakan melingkar di pipi. Untuk bronzer, aplikasikan di area kontur wajah seperti dahi, tulang pipi, dan garis rahang dengan cara yang sama. Ingat, ambil produk sedikit-sedikit agar hasilnya tetap natural dan nggak cakey!

Nah, itu dia beberapa tips yang nggak boleh kamu lewatkan. Yuk, langsung praktikkan dan dapatkan hasil foundation flawless ala makeup artist yang cantik paripurna!