⁠Cara Mengatasi Perut Kram saat Masa Menstruasi

Ajeng Yuniarta diperbarui 27 Okt 2024, 13:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah mengalami kram saat masa menstruasi datang? Dalam masa haid cenderung sebagian perempuan akan merasakan rasa nyeri luar biasa yang dirasakan di bagian perut yang biasa dinamakan period crumps atau kram haid. Kondisi ini terjadi karena adanya kontraksi pada rahim selama periode menstruasi untuk membantu mengeluarkan lapisannya. Selain itu, pemicu rasa sakit dan peradangan di bagian perut terjadi karena munculnya hormon prostaglandin, yang mana jika kadarnya lebih tinggi maka intensitas nyeri yang dirasaka lebih parah.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dari kram tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

2 dari 5 halaman

1. Minum Air Putih

drinking water/copyright pexels/Lisa Fotios

mengonsumsi air putih yang banyak dapat membantu mengalihkan rasa yang nyeri yang ada pada perut kita tergantikan menjadi rasa kembung. Kamu bisa membawa sebotol air dengan ukuran yang pas di tangan agar kamu rutin untuk meminumnya dan semangat terus untuk membawanya kemana pun saat kamu berpergian. Untuk menambah sensasi rasa, kamu bisa menambahkan perasan lemon agar selera semakin bertambah dan kita semakin rajin untuk minum air putih.

3 dari 5 halaman

2. Kompres Hangat Bagian yang Kram

compress stomach/copyright freepik/rawpixel.com

Upaya pemberian kompres hangat pada perut dapat menjadi pilihan yang cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri yang terus berdatangan. Sensasi hangat yang datang, mampu melemaskan otot-otot yang mengencang di dalam perut. Caranya kamu bisa tempelkan handuk hangat ataupun kemasan kompres penghaangat ekonomis ataupun kemasan besar, yang bisa kamu beli di apotek terdekat. Tak hanya meredakan otot, sensasi hangat juga mampu memulihkan pikiran kamu dari rasa lelah, stres, dan putus asa yang sebelumnya merayap menjadi satu sebab rasa sakit dari dalam perut.

4 dari 5 halaman

3. Pijat Bagian yang Kram

message/copyright freepik/freepik

Pijatlah area perut bagian bawah dengn gerakan memutar secara perlahan dan lembut guna mengurangi rasa kram dan menambahkan sensasi rileks pada tubuhmu yang sebelumnya kaku akibat rasa kram. Untuk menambah sensasi rileks yang maksimal, kamu bisa menambahkan minyak aromaterapi yang menenangkan seperti aroma bunga lavender 

5 dari 5 halaman

4. Tidur Meringkuk

tidur meringkuk/copyright freepik/gpointstudio

Dengan memposisikan perut tertahan dalam kondisi tidur meringkuk, dapat membantu kamu menghilangkan tekanan otot yang kamu rasakan di perut. Kondisi perut yang menjorok ke dalam mampu membantu otot-otot kaku yang tertahan menjadi lebih rileks dan rasa nyeri pun dapat berkurang. Meskipun posisi ini tak enghilangkan rasa nyeri sepenuhnya, namun faktanya memang banyak sekali perempuan yang cenderung tidur meringkuk guna mengurangi rasa sakit yang dideritanya dari kram perut.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat kram perut datang di periode menstruasi kamu. Kenali, amati dan rasakan manfaatnya!