Garis Bantal Muncul Saat Bangun Tidur? Begini Lho Tips untuk Mencegahnya!

Wuri Anggarini diperbarui 07 Okt 2024, 15:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Memulai hari dengan menemukan adanya garis-garis bantal yang muncul di wajah pastinya bisa bikin sebal dong. Biarpun bisa hilang dengan sendirinya, tapi tetap membutuhkan waktu selama beberapa jam. Risiko tetap terlihat selama beraktivitas di pagi hari pun muncul yang pastinya bisa mengganggu penampilan. 

Supaya nggak mengalami dilema ini berkepanjangan, yuk intip cara mencegah munculnya garis bantal saat tidur dan tips ampuh yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya!

What's On Fimela
2 dari 7 halaman

1. Perhatikan Posisi Tidur: Hindari Tidur Telungkup atau Miring

Ilustrasi tidur telentang. (c) Marcus Aurelius/Pexels.com

Salah satu penyebab utama munculnya garis bantal adalah posisi tidur yang salah. Tidur telungkup atau miring menyebabkan wajah tertekan langsung ke bantal, sehingga kulit wajah mengalami lipatan dan meninggalkan bekas saat kita bangun. Tekanan yang terus-menerus ini bisa membuat garis bantal muncul lebih jelas, terutama kalau kamu tidur dalam waktu yang lama tanpa bergerak.

Cara terbaik untuk menghindari ini adalah dengan membiasakan diri tidur telentang. Posisi ini membuat wajah tidak langsung bersentuhan dengan bantal, sehingga risiko munculnya garis pada wajah bisa diminimalisir. 

3 dari 7 halaman

2. Ganti Sarung Bantal dengan Bahan Satin

Ilustrasi sarung bantal satin. (c) Jens Mahnke/Pexels.com

Pilihan sarung bantal ternyata juga mempengaruhi munculnya garis bantal. Jika menggunakan bahan katun, cenderung lebih mudah menggesek kulit saat tidur sehingga risiko meninggalkan bekas lipatan akan jadi lebih besar. Oleh karena itu, memilih sarung bantal dengan bahan yang lebih lembut seperti satin atau sutra adalah pilihan yang tepat.

Satin dan sutra memiliki permukaan yang halus dan licin, sehingga mengurangi gesekan pada kulit. Nggak hanya baik untuk wajah, sarung bantal satin juga baik untuk menjaga kesehatan rambut karena membuat rambut jadi nggak mudah kusut atau patah saat bangun tidur. 

4 dari 7 halaman

3. Ikat Rambut dalam Bentuk Hair Bun atau Gunakan Caps

Ilustrasi hair bun. (c) Albina_M/Shutterstock.com

Percaya atau tidak, rambut yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah juga bisa memicu munculnya garis bantal. Rambut yang panjang dan menekan kulit saat tidur bisa menyebabkan gesekan tambahan yang membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap lipatan. Belum lagi kalau kamu tidur miring atau telungkup, rambut bisa jadi ‘pengganjal’ di antara kulit dan bantal.

Salah satu solusi mudah adalah dengan mengikat rambutmu menjadi hair bun atau memakai sleep cap. Dengan mengikat rambut, kamu bisa mengurangi gesekan antara rambut dan wajah. Selain itu, menggunakan cap saat tidur juga bisa menjaga rambut tetap rapi, terutama bagi kamu yang punya rambut panjang dan mudah kusut.

5 dari 7 halaman

4. Gunakan Bantal yang Empuk

Ilustrasi bantal tidur. (c) Andrea Piacquadio/Pexels.com

Jenis bantal yang digunakan juga memainkan peran penting dalam mencegah garis bantal. Bantal yang terlalu keras atau terlalu tipis bisa membuat kulit wajah tertekan lebih kuat saat tidur, sehingga meninggalkan garis yang lebih jelas. Sebaliknya, bantal yang empuk dan memiliki tekstur yang tepat bisa membantu mendistribusikan tekanan dengan lebih baik, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya lipatan di kulit.

Selain memilih bantal yang empuk, pastikan juga bantalmu sesuai dengan kebutuhan tubuh dan postur tidur. Bantal yang tepat akan mendukung leher dan kepala dengan baik, serta membantu menjaga posisi tubuh yang nyaman. Ini nggak hanya baik untuk wajah, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6 dari 7 halaman

5. Cuci Wajah dengan Air Dingin Jika Garis Bantal Telah Terbentuk

Perhatikan Suhu Air Saat Mencuci Wajah  (c) Shutterstock

Kalau sudah terlanjur bangun dengan garis bantal di wajah, jangan panik! Cara cepat untuk menguranginya adalah dengan mencuci wajah menggunakan air dingin. Air dingin bisa meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, yang membantu merelaksasi kulit dan membuat garis-garis yang muncul cepat memudar.

Selain itu, air dingin juga memiliki efek menyegarkan yang bisa membuat wajahmu terlihat lebih segar dan berenergi setelah tidur. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan es batu yang dibungkus kain untuk dioleskan lembut pada area yang memiliki garis bantal. Teknik ini efektif untuk mengurangi pembengkakan dan membantu kulit kembali ke kondisi semula dengan lebih cepat.

7 dari 7 halaman

6. Gunakan Skincare Anti-Aging di Malam Hari

(c) Shutterstock

Skincare anti-aging bukan hanya penting untuk menjaga kulit dari tanda-tanda penuaan, tapi juga bisa membantu mencegah munculnya garis bantal. Krim malam yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, hyaluronic acid, atau peptide bisa membantu menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap kenyal dan tahan terhadap tekanan saat tidur.

Mengaplikasikan skincare yang tepat sebelum tidur juga membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap lebih fleksibel, sehingga nggak mudah mengalami lipatan atau bekas ketika tertekan. Pastikan melakukan rutinitas skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, dan gunakan produk yang fokus pada hidrasi dan peremajaan kulit di malam hari.

Sekarang kamu bisa say goodbye pada garis bantal, karena beberapa tips di atas bisa membantu untuk melakukan pencegahan yang efektif. Dengan kulit yang terlihat cantik bersinar di pagi hari, penampilanmu pun semakin terpancar!