Cleansing Oil VS Micellar Water, Manakah yang Paling Baik untuk Hapus Makeup?

Ajeng Yuniarta diperbarui 09 Okt 2024, 19:49 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela gemar merias wajah dengan makeup untuk digunakan sebagai penampilan sehari-hari? Bagi seseorang yang bekerja di bidang yang mana kerap bersosialisasi dengan banyak orang, penampilan merupakan unsur terpenting untuk membawa sikap profesionalitas yang baik. Dengan menjaga makeup tetap on point selama hampir 5-7 jam bekerja pada umumnya, membutuhkan retouch beberapa kali agar tampilan tetap fresh dan enak dipandang oleh customer. 

Selepas bekerja dan pulang ke rumah, dengan ini waktu kita diuji untuk membersihkan badan yang telah lama bercampur dengan udara luar, terkhusus kebersihan wajah yang tak kalah pentingnya. Sebagian orang membersihkan riasan dengan menggunakan micellar water atau salah satu kebutuhan skincare yang berbahan dasar air guna membersihakn bahan kimia yang menempel lama dalam wajah kita. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak, cleansing oil, untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang menempel.

Lantas apa yang menjadi perbedaa di antara keduanya? dan manakah kinerja yang paling ampuh untuk menghapus makeup namun tetap memberikan kesehatan pada wajah kita? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Perbedaan Micellar Water dan Cleansing Oil

micellar water/copyrigt freepik/lookstudio

1. Cleansing Oil

Metode satu ini merupakan metode membersihkan wajah dengan menggunakan bahan dasar minyak. Teknik ini bekerja berdasarkan prinsip bahwa minyak melarutkan minyak yang mana merupakan bahan yang pada umumnya terkandung pada makeup, sehingga cara kerjanya cukup efektif untuk megangkat sebum, kotoran, makeup berbasis minyak yang sulit dihapus dengan air atau sabun biasa. Cara kerjanya, kamu hanya perlu menuang beberapa tetes pada tanganmu, lalu pijat minyak di wajah selama beberapa menit, selanjutnya minyak tersebut bisa kamu bilas dengan air atau cukup dengan kain lembut seperti facial towel.

2. Micellar Water

Metode satu ini pada umumnya merupakan metode pembersih wajah yang paling populer dan digunakan oleh sebagian orang. Bahannya yang berbasis air micelles, memberikan kita rasa kenyamanan dan cukup simpel untuk diaplikasikan. Kandungan yang ada di dalamnya yakni micelles, bertindak sebagai magnet untuk menarik kotoran, minyak, ataupun makeup dari permukaan kulit. Kamu hanya perlu mengaplikasikan beberaa tetes micellar water pada kapas, lalu usapkan kapas tersebut secara perlahan namun pasti ke wajah tanpa perlu membilasnya.

3 dari 3 halaman

Kinerja Manakah yang Paling Efektif?

oil cleasing makeup/copyright freepik/freepik

Dalam pengerjaannya, tentu kedua metode ini dinilai memiki kinerjanya masing-masing dan kita pun sebenarnya bisa menggunakan keduanya secara berselang, tergantung pada kebutuhan yang kita inginkan.

  • Makeup tebal dan waterproof, untuk kamu yang sering menggunakan makeup yang cukup tebal, bold dan waterproof dimana tidak cukup hanya menggunakan bilasan air untuk menghapusnya, kamu perlu menggunakan oil cleansing sebagai jalan kamu untuk menghapus makeup tersebut. Makeup berbasis minyak seperti foundation full coverage atau maskara tahan air bisa diangkat lebih baik dengan cleansing oil. Cleansing oil juga lebih lembut untuk kulit kering karena membantu menjaga kelembapan. Dalam sisi kesehatan kulit, oil cleansing bisa menjadi pilihan terbaik karena tidak menghilangkan kelembapan alami kulit, bahkan memberikan efek melembapkan.
  • Makeup sehari-hari yang ringan, teruntuk kamu yang lebih sering menggunakan makeup tipis saja dan kandungannya cukup ringan seperti bedak tabur, ataupun hanya tabir surya, maka metode micellar water adalah pilihan yang efektif untuk kamu pilih. Pilihan yang lebih parktis ini cukup ampuh untuk membersihkan makeup tipismu tanpa bilasan air. Dalam sisi kesehatan kulit, micellar water lebih ringan dan tidak meninggalkan residu minyak, sehingga lebih cocok untuk kulit berminyak atau sensitif yang mudah berjerawat.

Oil cleansing dan micellar water sama-sama memiliki keunggulan dalam membersihkan wajah, namun keduanya bekerja dengan cara berbeda. Oil cleansing adalah pilihan terbaik untuk menghapus makeup tebal dan menjaga kelembapan kulit, sedangkan micellar water unggul dalam hal kepraktisan dan kelebihan untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitif. Pilihan terbaik tergantung pada jenis makeup dan kondisi kulitmu. Jadi, sesuaikanlah dengan kebutuhan kulit dan rutinitas harianmu!