Cerita Nusantara 2024, Boyong Potensi UMKM Mendunia di Pasar Global

Vinsensia Dianawanti diperbarui 03 Okt 2024, 15:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Industri UMKM masih menjadi salah satu sektor penyumbang pendapatan negara terbesar. Potensi yang begitu besar dalam menggerakkan ekonomi nasional, membuat UMKM perlu didorong untuk masuk ke pasar global.

Mewujudkan hal tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar Cerita Nusantara 2024. Gelaran ini menjadi panggung bagi ekosistem terbaik Indonesia guna memperluas akses pasar UMKM ke rantai pasok global.

Cerita Nusantara sendiri merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM sebagai upaya memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan produk-produk unggulan lokal dengan pasar internasional.

Dengan tema besar "Dari Indonesia untuk Dunia", Cerita Nusantara 2024 bertujuan untuk menjadi jembatan yang menghubungkan potensi besar produk UMKM Nusantara ke pasar global. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengungkapkan harapannya, "Kami ingin memperkenalkan kekayaan produk lokal kepada dunia dan membuka akses bagi pelaku UMKM untuk bersaing secara global."

 

2 dari 3 halaman

Diikuti lebih dari 200 UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM sukses gelar Cerita Nusantara yang memboyong potensi UMKM mendunia (Kementerian Koperasi dan UKM)

Acara ini sukses diselenggarakan selama tiga hari, diikuti lebih dari 200 pelaku usaha kecil dan menengah yang memamerkan produk kreatif lokal unggulan. Produk yang ditampilkan bervariasi, mulai dari wastra, fesyen, kerajinan tangan, produk kecantikan, produk herbal, hingga beragam produk kuliner khas Nusantara. Data dari Kemenkop UKM mencatat ribuan pengunjung datang, baik untuk berbelanja, menyantap hidangan kuliner, hingga menikmati sajian live music.

“Potensi besar ini belum sepenuhnya terekspos secara global. Itu mengapa, Cerita Nusantara 2024 hadir untuk menjembatani kekayaan lokal ini dengan pasar dunia,” ujar Menteri dari Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Para pelaku UKM menyatakan bahwa penyelenggaraan Cerita Nusantara sangat membantu. Selain sebagai ajang unjuk gigi atas inovasi dalam mengembangkan kualitas produk, pameran ini memberi kesempatan bagi UMKM untuk membuka akses pangsa pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal maupun global.

Ke depannya, pelaku UKM berharap pergelaran event serupa akan terus dilaksanakan. Mereka ingin produk-produk lokal tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga diminati di pasar global. Teten Masduki menambahkan, "Kami berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar bisa bersaing di kancah internasional."

 

3 dari 3 halaman

Mendukung pertumbuhan UMKM

Kegiatan ini sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya. Dimulai pada 2021 dengan tema Cerita Wastra, berlanjut ke Cerita Kriya pada 2022, hingga kemudian berevolusi menjadi Cerita Nusantara ke-I pada 2023, dan sampai pada tahun ini Cerita Nusantara ke-2.

Bahkan pada acara ini sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM, terutama di sektor fesyen, kriya, wastra, kuliner, serta beauty and wellness tidak hanya di Indonesia tetapi juga global.

Cerita Nusantara 2024 membuktikan bahwa potensi produk lokal sangat besar dan siap untuk menjelajah pasar global. Dengan dukungan yang tepat, UMKM Indonesia dapat naik ke kelas dunia.