Jarang Disadari! Eksim pada Kulit Bayi Bisa Jadi Karena Air Kotor, Begini Cara Mencegahnya!

Vinsensia Dianawanti diperbarui 03 Okt 2024, 14:33 WIB

Fimela.com, Jakarta Eksim atau dermatitis atopik menjadi salah satu kondisi kulit yang umum pada bayi. Biasanya ditandai dengan kulit kering, kemerahan, dan gatal. Terjadinya eksim pada kulit bayi pun bisa beragam. Mulai dari efek keringat yang menyebab iritasi hingga paparan air kotor yang terus menerus.

Ya! Kumpulan bakteri penyebab penyakit pada air kotor bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya eksim pada kulit bayi. Paparan air kotor akan menimbulkan peradangan di kulit, hingga rasa iritas atau terbakar. Oleh karena itu, biasanya banyak orang yang mengandalkan klorin untuk menjernihkan air.

Klorin sendiri menjadi senyawa kimia yang kerap digunakan untuk membersihkan air. Senyawa ini berfungsi untuk menghambat perkembangan mikroorganisme penyebab penyakit di air dan membuat air lebih jernih. Namun jangan gunakan klorin secara sembarangan karena dapat menjadi pemicu terjadinya iritasi di kulit.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus orangtua paham untuk mencegah terjadinya eksim pada kulit bayi, apa saja?

 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

1. Gunakan filter air

Begini cara mencegah terjadinya eksim pada kulit bayi

Menggunakan filter air di rumah menjadi opsi tepat untuk memastikan air yang digunakan aman dan tidak menyebabkan eksim timbul dan meradang parah. Jika bayi mengalami eksim, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan krim khusus atau obat-obatan untuk meredakan gejala.

Kamu bisa gunakan Opia Steril Shower merupakan filter air dengan daya pemurnian tinggi yang efektif menghilangkan Chlorine, kotoran, lumut, chlorine / kaporit pada air. Opia Steril Shower memiliki 3 tahapan pemurnian yang terletak pada bagian gagang keran shower, kepala shower dan Chlorine Purifier untuk air yang lebih sehat dan aman digunakan.

Dilengkapi dengan Turbo Water Pressure sehingga air keluar lebih deras dan penggunaan air lebih hemat hingga 50%. Meskipun air keluar lebih deras dan merata, aliran air dari Opia Steril Shower tetap terasa lembut di kulit. Dengan tingkat pemurnian tinggi dan Chlorine Purifier, Opia Steril Shower sudah tersertifikasi aman dan membantu pencegahan dari munculnya eczema pada kulit.

 

3 dari 3 halaman

2. Perhatikan bantal yang digunakan

Selain menggunakan filter air, orangtua bisa memastikan sang bayi jauh dari risiko eksim dengan memperhatikan peralatan yang digunakan. Salah satunya adalah bantal yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan bantal yang membantu kulit bayi tetap bernapas dan menjaga posisi tidur bayi dengan baik. Hal ini penting untuk menghindari tekanan berlebih pada kulit dan timbulnya keringat berlebih yang bisa memperburuk eczema.

Comfi Breathing Pillow bisa menjadi solusi ideal karena desain 3D Knitting-nya yang membuat bantal ini Breathable. Struktur rongga menyerupai sarang lebah madu berfungsi sebagai ventilasi yang mengalirkan udara secara merata, sehingga momen tidur menjadi sejuk, dan bebas keringat yang bisa memicu eczema. Bantal ini juga membantu menjaga posisi tidur bayi dengan baik, menghindari tekanan berlebih pada kulit yang bisa memperburuk eczema.