Alternatif Pengganti Kapas untuk Rutinitas Skincare dan Makeup Kamu

Ajeng Yuniarta diperbarui 04 Okt 2024, 08:33 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela termasuk orang yang sering pakai kapas untuk rutinitas makeup ataupun skincare? Bagi beberapa orang, kapas sudah menjadi barang wajib yang harus mereka restock tiap bulannya untuk keperluan kecantikan. Dari membersihkan wajah dari makeup, mengaplikasikan toner, digunakan sebagai masker, kapas kering sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun, ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin harus mulai mempertimbangkan alternatif pengganti kapas, terutama masalah limbah. Selaim ramah lingkungan, beberapa produk pilihan alternatif kapas juga maksimal membantu dalam rutinitas perawatan wajah keseharianmu.

Lantas, apa saja bahan selain kapas yang bisa kamu gunakan dalam step by step skincare dan penghapus makeupmu? Yuk, intip beberapa produknya berikut ini!

2 dari 6 halaman

1. Reusable Cotton Pads

reusable cotton pad/copyright pexels/EcoPanda

Pilihan pertama yang lebih ramah lingkungan adalah menggunakan reusable cotton pads. Terbuat dari kapas organik atau serat bambu, kapas ini bisa dicuci dan digunakan kembali berkali-kali. Ini tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga lebih lembut di kulit, sehingga ideal untuk kulit sensitif.

3 dari 6 halaman

2. Face Towel

face towel/copyright freepik/freepik

Penting untuk membedakan handuk di setiap bagian tubuh, salah satunya adalah memisahkan handuk badan dengan handuk wajah. Menggunakan handuk wajah kecil atau washcloth untuk membersihkan makeup atau mengaplikasikan toner adalah alternatif yang ekonomis dan efektif. Pilih handuk wajah yang lembut dan nyaman di kulit agar tidak menyebabkan iritasi. Selain bisa dicuci dan digunakan kembali, handuk ini juga lebih efektif dalam mengangkat kotoran dan makeup dari wajah.

4 dari 6 halaman

3. Facial Brush

facial brush/copyright pexels/ SHVETS production

Jika kamu mencari cara yang lebih efektif untuk membersihka wajah, kamu bisa mencoba facial brush. Alat ini bisa kamu gunakan berulang kali dan mudah sekali untuk dibersihkan. Facial brush tak hany mampu membersihkan wajah saja namun alat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk scrub wajah kamu lebih dalam guna mengangka sel-sel kulit mati serta kotoran yang membandel. Ukurannya yang kecil juga sangat pas untuk kamu bawa saat travelling ataupun kamu simpan di lemari kecil kamar mandi yang pastinya tidak akan memakan tempat yang begitu besar.

5 dari 6 halaman

4. Reusable Makeup Remover Cloth

silicone cleansing pad/copyright pexels/Karolina Kaboompicsli  

Kain penghapus makeup yang bisa digunakan kembali, seperti makeup eraser, merupakan alternatif lain yang efektif dan eco-friendly. Kain ini mampu menghapus makeup, bahkan yang waterproof, hanya dengan menggunakan air. Bahan microfiber yang lembut juga cocok untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan selama berbulan-bulan sebelum perlu diganti.

6 dari 6 halaman

5. Facial Sponge

face sponge/copyright freepik/wayhomestudio

Untuk membersihkan wajah dengan lembut namun efektif, kamu bisa menggunakan konjac sponge. Spons ini terbuat dari serat alami dan sangat baik untuk mengangkat kotoran serta sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Selain itu, spons ini bisa digunakan berulang kali setelah dicuci dengan baik.

Itulah beberapa barang alternatif pengganti kapas untuk kamu yang ingin mengurangi penumpukan limbah kapas di lingkungan kita saat ini. Selamat mencoba pengalaman baru!