Resep Simpel Telur Dadar Gurih dan Mengembang yang Wajib Dicoba

Ajeng Yuniarta diperbarui 03 Okt 2024, 10:51 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela suka olahan telur dadar? Telur dadar adalah salah satu hidangan yang praktis dan mudah dibuat, namun tetap lezat dan mengenyangkan. Cara pembuatannya yang sederhana membuat siapa saja bisa menyajikannya dengan mudah. Kreasinya pun juga bermacam-macam, seperti dibuat scramble egg, ditambahkan di hidangan burger atau sandwhich, ataupun hanya dihidangkan begitu saja dengan harum gurih yang semerbak.

Tak hanya itu saja, khasiat yang terkandung di dalam telur dadar dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita seperti, menjaga kesehatan tulang, menurunkan kolesterol jahat, menjaga kesehatan mata, dan masih banyak lagi. Namun tentunya, semua itu bisa kamu dapatkan jika pengolahannya pun menggunakan bahan-bahan yang sehat. Berikut adalah resep telur dadar sederhana dan sehat yang bisa kamu coba di rumah:

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan

Ilustrasi telur ayam/credit: unsplash.com/morgan
  • 4 butir telur besar
  • 1/8 sendok teh garam
  • Lada hitam yang baru digiling, secukupnya
  • 1/2 cangkir jamur cincang kasar
  • 1/2 cangkir tomat cincang
  • 3 sendok makan daun bawang cincang
  • 1/2 cangkir keju
  • 1 sendok makan mentega
  • 1/4 cangkir susu
3 dari 3 halaman

Cara Pembuatan

cara membuat telur dadar/Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash
  1. Campurkan telur, susu, garam, dan merica dalam mangkuk sedang dan kocok rata hingga tercampur.
  2. Tempatkan wajan antilengket sedang di atas api sedang-tinggi dan lelehkan mentega. Tuang campuran telur ke dalam wajan.
  3. Kurangi panas menjadi rendah. Saat telur matang, tarik campuran ke tengah wajan dengan spatula karet dan angkat perlahan bagian yang dimasak agar campuran telur mentah mengalir di bawahnya. Berhati-hatilah agar tidak merusak bentuk telur dadar.
  4. Masak hingga telur matang dan bagian bawahnya hampir keemasan, tetapi bagian atasnya masih mengkilat dan lembap.
  5. Taburkan jamur, tomat, daun bawang, dan keju secara merata di atas telur.
  6. Lipat telur dadar menjadi dua menggunakan spatula karet. Tutup, dan masak selama satu menit lebih lama agar keju meleleh.
  7. Hidangkan di atas piring bersih lalu sajikan bersama keluarga

Itulah resep mudah yang bisa kamu coba untuk menyajikan telur dadar sehat dengan bentuk bulat sempurna dan harum gurih yang menggiurkan. Selamat mencoba!