Tips Menjaga Tubuh tetap Fit di Musim Pancaroba

Ajeng Yuniarta diperbarui 03 Okt 2024, 13:01 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sudah bersiap untuk pergantian musim? Memasuki musim pancaroba, dimana adanya ketidak tentua musim antara pergantian musim satu dengan musim yang lain, mengharuskan banyak individu untuk terus menjaga tubuhnya tetap fit. Pasalnya kita tidak akan tahu pada saat pagi sampai siang terlihat sangat cerah dan cenderung suasanaya sangat panas namun pada sore hari sampai malam udara langsung berubah dingin dan turun hujan. Kondisi tersebut bisa mengundang penyakit penyerta pancaroba seperti, batuk, flu, diare, influenza, demam berdarah, serta penyakit lain.

Memaksakan tubuh beradaptasi di kondisi yang tidak menentu ini tentu menjadi tantangan berat yang harus dihadapi oleh beberapa orang masih memiliki kewajiban untuk bekerja, menempuh pendidikan ataupun yang lain. Akibatnya banyak anggota keluarga yang dalam kondisi imun yang kurang baik dan mudah terserang penyakit. Yang mana bisa sangat membahayakan anggota keluarga yang lain jika tertular.

Lantas, bagaimana cara kita untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat dan imun kuat? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

2 dari 6 halaman

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

healthy food/copyright pexels/ Ella Olsson

Pada umumnya, untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi yang baik adalah dengan menjaga pula asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Tak melulu makanan mahal, cukup sayuran hijau, protein baik yang cukup, serta buah-buahan yang kaya akan vitamin bisa kamu coba untuk menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang di rumah. Penerapan ini tentu membutuhkan konsistensi penuh guna menunjang hasil maksimal yang kita inginkan. Kamu bisa berkreasi dengan bahan menarik lain seperti mencampurkannya ke dalam hidangan roti, salad, ataupun membuatnya menjadi jus yang menggiurkan. Banyak sekali hal yang bisa kamu coba di rumah untuk melatih konsistensi kamu dalam menjaga pola makan seimbang yang tentunya mudah untuk dilakukan, hanya saja kembali pada diri kita, bagaimana kita meniatkannya agar mendapat hasil imun dan penjagaan diri yang baik.

3 dari 6 halaman

2. Mengonsumsi Vitamin C

ilustrasi vitamin c/copyright pexels/lukas

Vitamin C atau asam askorat adalah vitamin larut air yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu kamu untuk melawan penyakit dan infeksi virus seperti flu atau pilek, dan masih banyak lagi. Manfaat terbukti membuktikan bahwa dengan mengonsumi vitamin bisa membantu tubuh kamu tetap terjaga dari penyakit penyerta musim pancaroba saat ini. Pada umumnya vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga kamu perlu mengonsumi beberapa jenis makanan atau bahkan suplemen untuk menunang asupan vitamin C dalam tubuh. Sumber vitamin C yang baik bisa kamu temukan dalam buah jeruk, kiwi, stroberi, kubis, brokoli, kentang manis, dan masih banyak lagi. Dalam penyajiannya pun bisa kamu kreasikan dalam banyak ragam seperti, menjadikannya jus, mencampurkannya pada salad segar yang kamu buat, ataupun membuat tumisan dengan pemakaian bahan yang tentunya sehat.

4 dari 6 halaman

3. Mencuci Tangan dengan Air Sabun ataupun Hand Sanitizer

hand sanitizer/copyright pexels/cottonbro studio 

Mencuci tangan adalah cara yang efektif untuk mencegah penyebarakan kuman dan menjaga kebersihan tangan. Kegiatan ini tentu mengingatkan kita pada musibah terbesar di dunia, yakni COVID-19. Pasalnya, aktivitas sederhana ini seringkali dianggap sepele dan sering tidak diperhatikan dengan baik, namun setelah musibah tersebut, rasanya kita harus selalu mencuci tangan dengan baik dan kalau perlu menggunakan hand sanitizer untuk mendukung tangan tetap bersih dari kuman. Berikut adalah cara mencuci tangan dengan sabun yang benar:

  1. Bahasi tangan dengan air mengalir
  2. Ambil sabun secukupnya
  3. Gosokkan sabun pada kedua telapak tangan
  4. Gosokkan sabun pada punggung tangan kiri dan kana secara bergantian
  5. Gosokkan sabun pada sela-sela jari
  6. Gosokkan sabun pada ujung jari kiri dan kanan ke lepaka tangan dengan gerakan memutar
  7. Bilas tangan sampai bersih
  8. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau pengering udara
5 dari 6 halaman

4. Memberikan Waktu untuk Olahraga

exercise/copyright pexels/Ketut Subiyanto

Olahraga sekarang sudah sangat berkembang dan beragam. Kamu sudah tidak akan punya alasan lagi untuk menunda waktumu untuk menyempatkan sedikit untuk berolahraga. Olahrga atau semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk santai ataupun kompetitif ini sekarang sudah bisa kamu lakukan di dalam rumah ataupun luar rumah. Kamu bisa mengajak anggota keluarga yang untuk menemanimu olahraga di dalam rumah seperti, yoga, treadmill, angkat beban, ataupun senam lantai lain yang bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Sebaliknya, kamu bisa melakukan berbagai macam olahraga di luar rumah seperti, lari, lompat tali, renang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Dengan meluangkan waktu sedikit saja untuk menggerakkan tubuh, manfaatnya bisa sangat beragam seperti, berbagai penyakit dijauhkan, memperbaiki posisi tubuh, meningkatkan daya pikir, kita menjadi pribadi yang lebih produktif dan lebih fokus, memperlancar peredaran darh, mencegah risiko cedera, meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi.

6 dari 6 halaman

5. Rutin Mandi

shower/copyright pexels/Karolina Kaboompics

Menjaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi setidaknya 2 kali sehari bisa sangat membantu kamu untuk mengusir kuman ataupun virus yang menempel pada tubuh, terkhusus selepas kamu berkegiatan di luar ruangan yang mana meningkatkan risiko kamu bertemu dengan berbagai macam orang yang kita tidak tahu, orang-orang tersebut sedang dalam kondisi sehat ataupun membawa virus yang menular. Pada umumnya, dengan rutin mandi ini kebersihan diri kamu akan terjaga serta mengurangi risiko kamu tertular akan penyakit menular. Aktivitas ini merupakan saran yang paling tepat untuk membersihkan sel-sel kulit mati, serta kotoran yang menempel.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menjaga tubuh kamu tetap fit dari kondisi cuaca yang tak menentu di musim pancaroba ini. Selamat mencoba!