Cara Marinated Makeup untuk Looks lebih Flawless

Ajeng Yuniarta diperbarui 04 Okt 2024, 18:16 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mengenal marinated makeup? marinated makeup atau makeup marinasi merupakan salah satu tren yang sedang ramai diperbincangkan, atau teknik makeup yang meliputi mempertahankan makeup lama menempel pada wajah kita berjam-jam sebelum kita sudah siap untuk keluar.

Kata 'marinated' disini merujuk pada proses penyatuan bahan makeup untuk menyatu pada minyak alami yang ada pada wajah kita yang mana membuat wajah tampak lebih flawless, lebih terasa natural menyatu dengan kulit serta tidak cakey atau menyetak tekstur kerutan atau lipatan yang ada pada wajah.

Tren ini marak diaplikasikan oleh beberapa kalangan, khususnya Gen Z karena dirasa looks seperti ini lah yang membuat mereka tampak tampil percaya diri dan tidak terlalu dempul atau berlebihan. Lantas, bagaimana cara atau tips menerapkan marinated makeup ini pada proses makeup kita? Yuk, simak tipsnya berikut ini! 

2 dari 7 halaman

1. Mempersiapkan Wajah dengan Base Skincare yang Tepat

Base skincare yang tepat/copyright fimela/adrian putra

Pilihan skincare yang kita pakai nyatanya berpengaruh penting dalam proses kita makeup nantinya. Untuk itu memilih bahan aktif di dalam skincare yang sesuai dengan kebutuhan kita dirasa sangat penting untuk diperhatikan. Pilihlah basic skincare yang tidak terlalu berlebihan namun cukup memberikan ketenangan, kelembapan, serta mampu mengobati permasalahan yang terjadi pada wajah kita. Dengan ini, makeup yang kamu inginkan akan lebih mudah menempel dan tidak longsor atau mencair saat terkena keringan ataupun campuran bahan yang tidak sesuai sebab teknik di awal skincare yang salah. Urutan skincare yang bisa kamu coba dimulai dari penggunaan gentle cleanser dengan ph rendah yang baik untuk keremajaa kulit, lalu gunakan toner dengan bahan ringan yang mampu menyeimbangkan ph kulit, selanjutnya gunakan serum yang bisa membuat wajahmu lebih terhidrasi, lalu gunakan pelembab yang bisa sekiranya melembabkan wajah dengan bahan yang ringan, dan terakhir ialah gunakan sunscreen untuk proteksimu dari paparan sinar matahari yang bisa membuat berpengaruh pada lapisan terluar dari kulit.

3 dari 7 halaman

2. Gunakan Primer yang Melembabkan

pilihan primer yang tepat/copyright fimela/adrian putra

Penggunaan primer dirasa sangat penting untuk mendukung looks kamu tampak lebih flawless dan no cakey. Pilih primer yang sekiranya bisa melembabkan dan membuat tampilan wajahmu lebih halus, terutama untuk kamu yang ingn tampil glowing atau dewy. Langkah ini adalah kunci untuk membuat makeupmu tahan lama dan tahan banting di cuaca apapun. Kamu bisa menggunakan hydrating primer untuk jenis kulit kamu yang kering dan blurring primer untuk kamu yang kulit berminyak.

4 dari 7 halaman

3. Aplikasikan Foundation secara Bertahap

Memilih foundation yang pas/copyright fimela/adrian putra

Kunci dari marinated makeup adalah tampilan flawless ringan dan tidak terlalu tebal. Begitupun dengan foundation, kamu bisa gunakan beauty blender ataupun kuas foundation sebagai aplikator agar warna yang kamu inginkan dalam foundation dapat teraplikasikan di atas wajah dengan merata. Kamu bisa mulai mengoleskan foundation di beberapa bagian wajah terlebih dahulu secara bertahap lalu berganti pada bagian lainnya. Hindari penggunaan foundation yang tertumpuk, karena hanya akan membuat wajahmu tampak berat dan kulit menjadi breakout. Jenis foundation yang bisa dicoba ialah doundationcair atau cream, dengan catatan hanya aplikasikan sesuai kebutuhan saja. Lalu, biarkan lapisan tersebut meresap ke dalam kulit baru lanjut ke step selanjutnya.

5 dari 7 halaman

3. Biarkan Makeup Meresap Sebelum Setting Spray

Bedak transparan atau setting spray bisa menyempurnakan makeup dan mengatasi risiko oksidasi. (Foto: Freepik/lookstudio)

Inilah kunci lain dari looks marinated makeup yang tampak flawless, biarkan lapisan foundation, concelear ataupun bahan krim lainnya seperti bronzer, cream blush meresp dalam kulit kurang lebih 3-5 menit. Proses ini akan membantu makeupmu lebih menyatu pada kulit, membantu looksmu tampak lebih natural dan tidak berlebihan. Kamu bisa mengaplikasikan setting spray pada T zone yang cenderung mengeluarkan minyak berlebih, lalu berlanjut ke sisi wajah yang lain.

6 dari 7 halaman

4. Gunakan Setting Spray

Menggunakan setting spray/copyright fimela/adrian putra

Setelah makeup dirasa sudah "marinate" sempurna, akhiri dengan mengaplikasikan setting spray. Ini akan mengunci makeup di tempatnya sekaligus menambahkan kelembapan ekstra agar makeup terlihat lebih menyatu dan tahan lama. Kamu bisa menggunakan dewy setting spray untuk tampilan lebih glowing dan matte setting spray untuk tampilan lebih bebas minyak dan juga lebih halus.

7 dari 7 halaman

5. Gunakan Glossy Lips dan Natural Eyes

Menggunakan glossy lip/copyright fimela

Untuk melengkapi tampilan marinated makeup yang flawless, pilihlah lip gloss atau lip balm dengan efek kilau alami di bibir. Untuk mata, pilih eyeshadow berwarna netral dan maskara yang memberikan volume, agar mata tetap terlihat segar namun tidak berlebihan. Dengan ini tampilan marinated makeup akan bisa kamu wujudkan dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mewujudkan tampilan marinated makeup yang flawless, lembut dan tampak natural. Selamat mencoba!