Tips Pemakaian Handuk Higienis untuk Gaya Hidup Sehat

Ajeng Yuniarta diperbarui 06 Okt 2024, 08:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tim satu handuk untuk sebadan atau beberapa handuk untuk beberapa bagian badan? Handuk merupakan objek yang seringkali luput dari perhatian kita, padahal nyatanya, balutan kain tebal ini sangat berpengaruh untuk kebutuhan kita serta kesehatan kulit kita. Handuk tanpa kita sadari menemani kita setiap hari untuk membasuh air-air yang tersisa selepas kita mandi. Oleh sebab itu, penggunaannya yang rutin tersebut harus ditemani juga dengan bahan yang higienes agar terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, iritasi. 

Lantas, bagaimana cara kita untuk menjaga handuk yang kita pakai tetap higienis dan sehat untuk kulit kita? Yuk, cek beberapa caranya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

1. Membagi Handuk Sesuai Bagian Tubuh

ilustrasi towel/copyright pexels/Gabi Guerino

Sebisa mungkin, cobalah untuk hindari memakai satu handuk saja untuk membasuk seluruh tubuh. Usahalah untuk menyediakan bebeapa potong handuk khusus untuk beberapa bagian badan yang dirasa sangat penting seperti, handuk untuk badan, handuk untuk rambut, serta handuk untuk wajah. Dengan memisahkan bagian tubuh dengan handuk yang berbeda ini tidak hanya menjaga kehigienisan dari handuk itu sendiri tapi juga sangat penting untuk memisahkan bakteri yang ada pada satu bagian tubuh ke bagian yang lain. Untuk wajah, kamu bisa menggunakan handuk kecil dengan bahan halus yang aman untuk kulit sensitif. Untuk badan, gunakan handuk dengan bahan tebal dan lebar sehingga dapat yang menyerap sisa air dengan sempurna. Selanjutnya untuk rambut, gunakan handuk dengan bahan mircofiber untuk kesehatan rambut serta mencegah adanya rambut yang rontoh karena bahan kasar yang ada pada handuk.

3 dari 5 halaman

2. Rutin Mencuci Handuk

ilustrasi towel/copyright pexels/Pixabay

Kerutinan kita dalam mencuci handuk ialah kunci penting untuk menjaga kehigienisan dari handuk yang dipakai. Kamu bisa mencuci handuk setelah 3-4 kali pemakaian, sebab handuk yang lembab merupakan rumah terbentuknya bakteri jahat yang tentunya dapat merusak kesehatan kulit kita. Kamu bisa mencucinya dengan bahan aktif yang sekiranya bisa mengusir bakter-bakteri yang bersarang pada handuk lalu menjemurnya di paparan sinar matahari hangat yang bisa mengangkat kuman pergi.

4 dari 5 halaman

3. Pilih Bahan Handuk yang Sesuai

ilustrasi towel/copyright pexels/Karolina Kaboompics

Bahan handuk juga penting dalam menjaga kebersihan kulit. Handuk berbahan katun, terutama katun organik, lebih direkomendasikan karena lebih lembut di kulit, dapat menyerap air dengan baik, dan tahan lama. Untuk rambut, handuk microfiber adalah pilihan terbaik karena bahan ini lebih lembut dan mengurangi risiko kerusakan rambut. Untuk badan, pilihlah handuk berbahan katun tebal yang bisa menyerap air yang menempel di tubuh dengan sempurna. Lalu untuk wajah, kamu bisa menggunakan bahan katun lembut yang tidak terlalu lebar yang sekiaranya cukup untuk wajahmu, sehingga wajah akan terasa lembut dan akan mengurangi iritasi.

5 dari 5 halaman

4. Pastikan Handuk Selalu Kering

ilustrasi handuk/copyright pexels/Castorly Stock

Setelah digunakan, pastikan handuk digantung di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar cepat kering. Handuk yang lembap bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri, jamur, dan bau tidak sedap. Kamu bisa menggantungnya di gantungan yang ada di dekat kamar mandi ataupun di luar ruangan yang bisa terpapar sinar atau udara luar.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga handuk tetap higienis sehingga kesehatan kulitmu pun akan terjaga. Selamat mencoba!