Fimela Figure: Cerita Natasha Surya Berdaya dan Memberdayakan Sesama lewat Media Sosial

Annissa Wulan diperbarui 29 Sep 2024, 22:00 WIB

Fimela.com, Jakarta FIMELA sempat berbincang lewat teks dengan Natasha Surya, sosok inspiratif yang banyak membagikan konten seputar parenting di media social, terutama Instagram dan TikTok. Natasha bercerita tentang awal mula dirinya membangun personal brandingnya sebagai seorang content creator.

Natasha Surya memulai cerita sejak ia bekerja di TikTok Indonesia sebagai Community Manager. Ia mengakui bahwa dirinya mengemban tugas yang cukup banyak saat itu, termasuk membuat video untuk aplikasi tersebut.

"Dari situ, aku jadi terbiasa untuk membuat video secara rutin untuk menarik penonton," kisah Natasha Surya.

Suatu hari, ia mencoba membuat sebuah video yang berisi kesehariannya sebagai pegawai di TikTok dan beberapa hal terkait rumah yang sedang ia bangun. Tak disangka, video tersebut berhasil menarik perhatian begitu banyak orang.

"Aku nggak pernah kepikiran sebelumnya untuk menjadikan ini sebagai full time job, karena dari dulu aku memang suka ngedit video. Awalnya, aku hanya ingin sharing hal-hal yang aku suka lakukan saat Waktu luang, ternyata dikasih alan sama Tuhan sampai hari ini."

Natasha Surya juga melihat bagaimana sekarang banyak orang begitu berminat dengan TikTok, terbukti dari munculnya banyak content creator yang sukses dari aplikasi tersebut. Di TikTok, pengguna tidak hanya bisa menjadi seorang content creator, tapi juga affiliator, hingga host live shopping.

"Overall, kalau dilihat sekarang, pekerjaan sebagai seorang digital creator itu lebih menjanjikan sih."

Tapi bukan tanpa tantangan sama sekali. Yang dirasakan Natasha Surya selama membangun kariernya sebagai seorang content creator yang banyak berbagi di media sosial adalah semua orang bebas berpendapat, sehingga tidak jarang, ia juga sering mendapati orang-orang melontarkan komentar kurang baik. Natasha Surya juga tidak memungkiri bahwa untuk menjadi seorang content creator, seseorang harus memiliki mental yang kuat terlebih dahulu.

What's On Fimela
2 dari 2 halaman

Cara Natasha Surya menyiasati berbagai tantangan yang dihadapinya

Dilihat dari media sosialnya, Natasha Surya banyak membagikan video terkait parenting. Foto: Document/Natasha Surya.

"Selain itu, terkadang, kamu diharapkan untuk menjadi sangat sempurna, tapi kita kan hanya manusia biasa. Jadi sadari bahwa semua pekerjaan itu punya risiko dan konsekuensinya masing-masing. Kalau ada kritik, ambil baiknya, hujatan berlebihan, nggak perlu diambil pusing. Tidak perlu reaktif, cobalah memiliki motivasi untuk menjadi diri yang lebih baik ke depannya."

Dilihat dari media sosialnya, Natasha Surya banyak membagikan video terkait parenting. Dari sini, ia bisa merasakan bahwa media sosial juga membuat banyak orangtua memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap anak.

"Jadi banyak orang yang tiba-tiba merasa ada yang salah dengan cara parenting mereka. Sekarang memang banyak informasi yang tidak legit bertebaran di media sosial, jadi kekhawatiran tersebut bertambah dan secara tidak sadar, itu banyak memengaruhi, hingga membuat orangtua demotivasi. Sebagai kreator dalam hal parenting, terkadang tujuan berbagi kita di media sosial ditangkap berbeda oleh penonton, bahkan ada yang mengira aku mengeksploitasi anak."

Tapi Natasha Surya percaya bahwa setiap kritik yang baik bisa membangun dirinya menjadi pribadi yang lebih baik. Perjalanannya menjadi seorang content creator hingga kini akhirnya membuahkan hasil; ia dipercaya oleh brand-brand mom & baby untuk bekerjasama sebagai brand ambassador mereka, jadi pembicara di event parenting, dan ini adalah sesuatu yang sebelumnya tidak pernah aku bayangkan."

Namun, Natasha Surya juga menceritakan pengalaman berharganya yang lain, saat ia pernah ditegur oleh seorang dokter gizi ternama, karena membagikan informasi mengenakan inovasi mengenai cara pemberian ASI. Berbagai pengalaman ini tak lantas membuat Natasha Surya menghentikan langkahnya.

"You do you. Semua balik lagi, kita boleh menjadikan internet dan orang-orang di dalamnya sebagai acuan, tapi semua anak, semua orang itu berbeda. Tidak ada teori pasti mengenai parenting yang baik untuk anak kita masing-masing. Just do your best, don't be too stressed, dan ingat kalau tantangan itu pasti ada, jadi bertahanlah."

Masih ada mimpi yang ingin diwujudkan oleh Natasha Surya, yaitu berkolaborasi dengan brand-brand internasional. Ketika ditanya sosok seperti apakah Natasha Surya ingin diingat, jawabannya mengakhiri perbincangan dengan FIMELA secara apik.

"Aku ingin diingat sebagai kreator yang pernah membantu perjalanan para penontonku dalam membangun rumah atau menjalani kehidupan. Kalau kehidupan itu normalnya memang ada ups and downsnya."