Film Thailand 'Operation Undead' Kisahkan Zombie dengan Konflik Mengharukan, Jirayut: Bikin Aku Ketakutan

Anto Karibo diperbarui 28 Sep 2024, 15:51 WIB

Fimela.com, Jakarta Setelah melanglang hingga New York Asian Film Festival, Operation Undead akan tayang di jaringan bioskop CGV, XXI, Cinepolis, Lotus Cinema, dan Gajah Mada Cinema mulai 2 Oktober 2024. Film Thailand ini mengusung cerita zombie yang masih jarang diangkat industri film di Asia Tenggara.

Film ini dibintangi oleh aktor muda Nonkul (Bad Genius, Love and Run) dan Awat Natarapintha (Haunted Universities 3). Karakter para pemeran pun sudah siap untuk memberikan cerita dengan sudut pandang yang berbeda tentang zombie.

Film Operasi Undead berlatar di Thailand Selatan selama invasi yang tidak banyak diketahui oleh pasukan Jepang pada Perang Dunia II. Mek (Nonkul) adalah seorang kopral di tentara Thailand, seorang yang gigih dan sangat percaya pada tugas dan cinta pada tentara dan negara.

Ia pun siap mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan bangsa. Mok (Awat Natarapintha) adalah adik laki-lakinya, sinis melebihi usianya, seorang pembuat onar sejak lahir, pemimpin kelompoknya, siap mempertanyakan setiap perintah yang diberikan, yang lebih suka membelot daripada berperang.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Kisah Menarik

Operation Undead (Istimewa)

Ketika seorang tentara Jepang yang gila menggigit dan menginfeksi Mok dan rekan-rekan wajib militernya, mereka mendapati diri mereka berjuang melawan dorongan kekerasan tetapi juga kekuatan luar biasa yang diberikan infeksi tersebut, bahkan saat mereka tanpa sadar melepaskan pertumpahan darah di sekitar mereka.

Ketika Mek diperintahkan untuk bergabung dengan unit Jepang misterius yang dipimpin oleh Dr. Kaito dan memburu yang terinfeksi, ia menyadari Mok ada dalam daftar target.

Namun kemudian Mek sendiri terinfeksi, dan kedua bersaudara itu menjadi lawan saat mereka berjuang untuk mengendalikan kelompok dan pilihan yang harus mereka buat untuk bertahan hidup bahkan saat sekelompok pembunuh Kaito mendekati tempat persembunyian mereka.

3 dari 3 halaman

Kata Jirayut

(Sumber: Instagram @jirayutdaa4official)

Dalam acara Special Screening Film Operation Undead, turut hadir Jirayut, sosok asal Thailand yang berkiprah sebagai artis di Indonesia. Ia mengaku memang menyukai film dengan genre horror thriller, terlebih dari negerinya.

"Aku suka banget sama film Operation Undead, karena bikin melek, dan sukanya lagi karena ternyata syutingnya di Thailand daerah selatan, jadi lokasinya masih desa dan banyak hutan, jadi sesuai dengan keadaan di film. Filmnya bagus, serem, dan bikin aku ketakutan, efeknya keren, wajib banget ditonton rame-rame bareng temen di bioskop," ujar Jirayut.

Ia pun melanjutkan penilaiannya atas film tersebut. "Film ini aku nonton emang keren banget, ada sedihnya, ada horornya, ada seremnya, ada sadisnya apalagi pas bagian zombie-zombie pada ngejar itu pas habis makan-makan itu serem banget, keliatan asli banget, itu benar-benar asli dan nggak keliatan kayak editan, keren banget. Jadi buat kalian yang suka nonton film-film horor apalagi sadis begini, wajib banget nonton,” tambah Jirayut.