Tissa Biani dan Widuri Kenakan Gaya Fashion Layering dari koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation

Anisha Saktian Putri diperbarui 28 Sep 2024, 14:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Sejauh Mata Memandang (SMM) melalui ruang kolaborasi Studio Sejauh yang baru didirikan pada Agustsus 2024 lalu, menampilkan koleksi terbarunya pada pagelaran Senayan City Fashion Nation 18th Edition yang diselenggarakan pada Rabu 25 Maret 2024 di Main Atrium Senayan City, Jakarta Pusat.

Studio Sejauh menggandeng beberapa mitranya, seperti Craft Denim, Sekar Kawung, Mugi Batik, CV RABERSA, dan Shibiru dengan menampilkan 20 look pakaian hasil kolaborasinya yang terdiri dari berbagai potongan busana seperti baju panjang, baju santai, rok lilit, celana, outer, dan jaket yang dipermanis dengan ragam aksesoris seperti bandana, bucket hat, dan tas dengan motif ‘ayam’ sebagai maskot SMM yang khas dengan nuansa warna coklat, putih, dan indigo.

Busana yang ditampilkan dibuat dengan berbagai jenis material dan teknik yang dihasilkan dari kolaborasi dengan beberapa mitra Studio Sejauh, antara lain: Serat Nanas yang dihasilkan dari daun tanaman nanas (Ananas comosus) yang dipanen di kota Prabumulih, Sumatera Selatan dan kemudian diproses oleh CV RABERSA di Wonosobo, Jawa Tengah.

Serat nanas ini diperoleh dari sisa-sisa pertanian sehingga mengurangi limbah, yang kemudian ditenun menjadi kain menggunakan teknik tenun jacquard oleh Mugi Batik di Pekalongan, Jawa Tengah. Serat Ramie yang berasal dari batang tanaman Boehmeria nivea, L.

Gaud, yang dibudidayakan oleh CV RABERSA menjadi serat alami untuk produk tekstil. Serat ramie ini kemudian dipintal menjadi benang dan ditenun jacquard oleh Mugi Batik. Kapas Coklat (Kapas Bronesia) yang dipanen oleh petani-petani mitra Sekar Kawung di Kerek, Tuban, Jawa Timur dan kemudian ditenun oleh Mugi Batik menggunakan teknik tenun jacquard.

Denim yang dibuat dari kapas yang ditanam di Tuban, lalu ditenun secara manual menjadi denim oleh Craft Denim di Pekalongan, Jawa Tengah; dan diwarnai secara alami menggunakan pewarna nabati indigo dari tanaman strobilanthes oleh Shibiru dari Temanggung, Jawa Tengah.

Teknik batik cap motif ‘ayam’ dibuat oleh Mugi Batik dan dicelup menggunakan pewarna nabati indigo dari Shibiru. Koleksi ini akan tersedia di webstore sejauh.com secara eksklusif dan terbatas pada akhir bulan Oktober 2024.

What's On Fimela
koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation, intip tampilannya. [Adrian/Fimela]
koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation, intip tampilannya. [Adrian/Fimela]
2 dari 3 halaman

Tampilan Tissa Biani

koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation, intip tampilannya. [Adrian/Fimela]

Tissa Biani jadi salah satu muse di fashion show tersebut. Ia pun tampil dengan gaya layering. Daru atasan kebaya putih polos, dengan inner camisole putih dipadukan kebaya transparan putih. Serta bawahan rok denim dengan salur tile putih transparan berbordir ayam.

Ia pun membawa handbag putih berbordir, serta rambut panjang wavynya ditutup dengan syal putih. Ia pun mengenakan kitten heels hitam strap.

Tissa Biani Kenakan Gaya Fashion Layering dari koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation. [Adrian/Fimela]
3 dari 3 halaman

Tampilan Widuri

Widuri Kenakan Gaya Fashion Layering dari koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation. [Adrian/Fimela]

Widuri juga menjadi salah satu muse pada fashion show tersebut, tampil serba navy dengan outer bermotif dan inner camisole motif ayam. Dipadukan celana cargo denim.

Ia pun membawa sling bag navy serta flatshoes hitamnya. Rambutnya diikat ke belakang mengenakan hair clip bunga putih.

Widuri Kenakan Gaya Fashion Layering dari koleksi Studio Sejauh di Runway Fashion Nation. [Adrian/Fimela]