Kreasi Makanan Vegan yang Lezat dan Mengenyangkan

Ajeng Yuniarta diperbarui 19 Okt 2024, 12:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela familiar dengan menu pilihan vegan? Veganisme adalah sebuah gaya hidup yang melakukan penolakan akan makanan yang berbahan dasar hewan, dan orang tersebut sering disebut sebagai vegan. Makanan vegan sering kali dianggap kurang bervariasi dan tidak cukup mengenyangkan.

Namun, anggapan itu tidak selalu benar. Dengan kreativitas dan bahan yang tepat, makanan vegan bisa menjadi hidangan yang lezat, bergizi, dan memuaskan. Berikut ini adalah beberapa kreasi makanan vegan yang bisa kamu coba di rumah. Semua resep ini mudah dibuat dan tentunya akan membuatmu ketagihan!

2 dari 5 halaman

1. Smoothie Bowl

ilustrasi vegan/copyright pexels/ Taryn Elliott 

Smoothie bowl adalah pilihan sempurna untuk sarapan vegan yang segar dan menyehatkan. Terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran, smoothie bowl kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Dengan buah-buahan segar seperti pisang, beri, dan alpukat, lalu tinggal ditambah granola, kacang-kacangan, dan chia seeds sebagai topping untuk menambah tekstur dan nutrisi.

3 dari 5 halaman

2. Taco Vegan

ilustrasi vegan/copyright pexels/ Bris N 

Taco vegan dengan isian tofu yang dimarinasi dan sayuran segar ini sangat lezat dan mudah dibuat. Cocok untuk makan siang atau makan malam. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan tofu yang dibumbui dengan rempah-rempah, tambahkan sayuran segar seperti tomat, selada, dan alpukat. Lalu sajikan dalam tortilla gandum untuk taco yang kaya rasa dan hidangan pun bisa tampak menggiurkan tanpa ada rasa bosan.

4 dari 5 halaman

3. Mie Goreng Vegan

ilustrasi noodle vegan/copyright pexels/Engin Akyurt

Bentuk sajian satu ini pasti bisa membuat kamu lahap memakannya. Pasalnya, siapa yang tidak mau dengan sajian menggiurkan satu ini? Mie goreng vegan ini menggunakan bahan-bahan sederhana seperti sayuran dan bumbu khas Asia. Rasanya gurih dan kaya akan tekstur. Gunakan mie soba atau mie beras dan tambahkan sayuran seperti wortel, brokoli, dan paprika. Tambahkan saus kacang atau kecap untuk rasa yang gurih. Sajian pun bisa kamu santap dengan rasa yang gurih nan menggiurkan.

5 dari 5 halaman

4. Lasagna Sayuran

ilustrasi lasagna vegan/copyright pexels/Daniele Sgura

Lasagna vegan ini menggunakan sayuran segar dan keju vegan sebagai alternatif yang lebih sehat namun tetap lezat. Gantikan daging dengan lapisan zucchini, jamur, dan bayam yang dibumbui. Gunakan keju vegan untuk menambah kekayaan rasa. 

Itulah beberapa pilihan menu vegan yang cocok untuk kamu kaum vegan yang bosen dengan varian menu vegan yang itu-itu aja. Sselamat mencoba!