Sempat Dipakai Taeyong NCT, Keunikan Batik Gedog Tuban Diangkat Jadi Ikon Hari Batik Nasional 2024

Vinsensia Dianawanti diperbarui 27 Sep 2024, 16:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Masih ingat dengan penampilan Taeyong NCT yang mengenakan batik Gedog Tuban? Kala itu, Taeyong NCT mengenakan kemeja bermotif batik Gedog Tuban karya Mel Ahyar berwarna hitam. Dipadukan dengan celana jeans hitam yang bikin penampilannya terlihat menawan.

Sejak dikenakan oleh Taeyong NCT, batik Gedog Tuban mendapat atensi tersendiri bagi pecinta fashion. Padahal sebelumnya batik Gedog Tuban belum banyak dikenal dan terancam punah.

Untuk mengangkat kembali batik Gedog Tuban, Yayasan Batik Indonesia menjadikan batik asal Jawa Timur sebagai ikon Hari Batik Nasional 2024. Tahun ini, Yayasan Batik Indonesia mengangkat tema "Bangga Berbatik" untuk merayakan Hari Batik Nasional.

Perayaan Hari Batik Nasional ini sendiri bakal diselenggarakan pada 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Ada beberapa rangkaian acara yang bakal diselenggarakan, mulai dari eksibisi, talkshow, peragaan busana, hingga pengalaman imersif berupa multimedia tunnel. Melalui Multimedia Tunnel ini, pengunjung diajak untuk menikmati keindahan batik dengan cara yang dinamis.

 

2 dari 3 halaman

Hari Batik Nasional

Keunikan Batik Gedog Tuban yang Pernah Dipakai Taeyong NCT, Dipilih Jadi Ikon Hari Batik Nasional 2024.  (Liputan6.com/Henry)

Dipilihnya batik Gedog Tuban sebagai ikon Hari Batik Nasional, lantaran batik tersebut menjadi salah satu warisan budaya langka di Indonesia. Batik Gedog Tuban sendiri merupakan sebuah batik lokal yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok, ditampilkan lewat motif burung Phoenix.

Akulturasi budaya tersebut dipicu oleh posisi Tuban yang sempat menjadi pintu masuk pendatang asal Negeri Tirai Bambu di masa lalu. Proses pembuatan batik pun cukup unik, yaitu masih menggunakan benang katun yang dipintal dari tanaman kapas yang tumbuh subur di Tuban," terang Febriana Feramitha selaku Ketua Panitia Pelaksana HBN saat konferensi pers di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis, 26 September 2024.

 

3 dari 3 halaman

Keunikan batik Gedog Tuban

Diketahui, batik yang dikenakan Taeyong tersebut merupakan rancangan desainer ternama Tanah Air, Mel Ahyar. [@taeoxo_nct]

Selain langka, teknik pembuatan batik Gedog Tuban yang unik membuatnya dipilih menjadi ikon Hari Batik Nasional 2024. Batik ini dibuat menggunakan alat tenun gedog yang masih konvensional dan dikerjakan oleh penduduk asli Tuban.

Proses pembuatan batik Gedog Tuban sendiri berawal dari kapas yang banyak tumbuh di kawasan Tuban. Kemudian dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain dengan teknik gedog. Setelah menjadi kain, batik Gedog Tuban ini baru diberi motif menggunakan canting dan malam layaknya proses pembuatan batik tulis.

Yang menarik, pengrajin batik Gedog Tuban ini hanya berasal dari desa Kerek, kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pembuatan batik Gedog Tuban ini dikerjakan oleh para perempuan dan diwariskan secara turun temurun.