Resep Ubi Cilembu Hangat Camilan Nikmat di Tengah Dinginnya Musim Hujan

Ajeng Yuniarta diperbarui 17 Okt 2024, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Ubi Cilembu adalah salah satu jenis ubi manis khas dari Indonesia yang terkenal karena rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut setelah dipanggang. Ubi ini sering dijadikan camilan favorit di musim hujan karena selain rasanya yang nikmat, ubi Cilembu juga kaya nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Yuk, coba buat ubi Cilembu panggang yang manis dan gurih untuk menemani soremu yang dingin!

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan:

Ilustrasi Ubi Jalar / Freepik by rawpixel.com
  • 500 gram ubi Cilembu (pilih yang segar dan ukurannya seragam agar matang merata)
  • 1-2 sendok makan mentega (opsional, untuk tambahan rasa gurih)
  • Garam secukupnya (opsional, jika ingin ada sentuhan gurih)
3 dari 3 halaman

Cara Pembuatan

Ilustrasi Ubi / Freepik by Rahool_studio
  1. Pertama-tama, pastikan untuk mencuci ubi Cilembu dengan bersih menggunakan air mengalir. Gunakan sikat atau tangan untuk membersihkan kulit ubi dari kotoran yang menempel.
  2. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180°C selama 10 menit. Hal ini penting agar ubi bisa matang secara merata ketika dipanggang.
  3. Letakkan ubi yang sudah bersih di atas loyang tanpa perlu dikupas kulitnya. Panggang di dalam oven selama 60-90 menit pada suhu 180°C hingga ubi berwarna kecoklatan dan keluar lelehan karamel alami dari dalamnya. Ciri khas dari ubi Cilembu yang sudah matang adalah kulitnya yang mengeluarkan cairan manis seperti madu.
  4. Setelah ubi matang, keluarkan dari oven. Jika suka, kamu bisa menambahkan sedikit mentega di atasnya agar ubi lebih lembut dan beraroma gurih. Tambahkan sedikit garam untuk keseimbangan rasa jika diperlukan.
  5. Ubi Cilembu panggang siap dinikmati! Potong-potong sesuai selera, dan sajikan selagi hangat sebagai camilan sore hari atau pendamping teh hangat.

Selamat mencoba.

Itulah resep mudah untuk membuat camilan ubi cilembu manis yang pastinya menggiurkan. Camilan ubi Cilembu ini sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya musim hujan. Selain menyehatkan, rasa manisnya yang alami dan tekstur lembutnya akan memanjakan lidah. Nikmati bersama keluarga atau teman-teman, dan rasakan hangatnya kebersamaan dengan camilan tradisional khas Indonesia ini! Selamat mencoba!