3 Cara Memilih Jenis Olahraga dan Peralatannya Sesuai Kepribadian

Anisha Saktian Putri diperbarui 26 Sep 2024, 14:01 WIB

Fimela.com, Jakarta Diajak teman ikut olahraga tertentu, tapi kecewa karena nggak bisa-bisa meski sudah berusaha maksimal? Jangan khawatir, itu bukan tanda tidak berbakat dalam berolahraga, namun bisa jadi karena belum menemukan olahraga yang cocok dengan kepribadianmu. 

Mengutip hasil riset pada forum akademik British Psychological Society, saat satu jenis olahraga cocok dengan kepribadian seseorang, maka olahraga tersebut cenderung akan lebih mudah dilakukan dan memicu rasa bahagia. Untuk itu, berikut tips memilih olahraga berdasarkan tiga jenis kepribadian utama dan memilih peralatan olahraga yang tepat sesuai kebutuhan. 

1. Buat Ekstrovert

Pilih olahraga yang meningkatkan energi dan interaksi sosialSebagai orang mudah bergaul, sosok ekstrovert disarankan untuk memilih jenis olahraga yang melibatkan orang lain, baik dalam bentuk kelompok atau tanding one-on-one.

Salah satu olahraga yang cocok untuk tipe ini adalah tenis, badminton, dan basket. Juga bisa memilih olahraga basket yang mengandalkan kerja sama tim, kompetisi, dan interaksi sosial. Supaya makin kece saat men-dribble bola basket, bisa mengenakan Nike Men Basketball Damian Lillard Portland Trail Blazers NBA T-Shirt Basket dengan material yang terasa lembut dan anti gerah.

2 dari 2 halaman

2. Pilihan Tepat untuk Introvert

ilustrasi perempuan olahraga/Nina Buday/Shutterstock

Olahraga yang mengedepankan ketenangan dan refleksi diri Orang dengan kepribadian introvert cenderung lebih menyukai olahraga yang bersifat tenang, minim interaksi sosial, atau dalam kelompok kecil, karena dapat memberikan ruang untuk refleksi diri sekaligus melatih fokus, seperti yoga atau pilates.

Agar aktivitas wellness ini terasa nyaman dilakukan, bisa menggunakan Adidas Aeroready Yoga Training T-Shirt yang memberikan kenyamanan untuk bergerak. Lengkapi pula dengan Alo Yoga Unisex Tie Dye Warrior Mat sebagai matras anti slip yang ringan. 

3. Para Ambivert

Cocok pilih olahraga yang menggabungkan keseimbangan dan fleksibilitasBagi yang ambivert, tidak masalah untuk berolahraga sendiri ataupun bersenang-senang dalam kelompok, di mana olahraga yang dikatakan cocok adalah bersepeda dan lari, yang tetap terasa fun saat dilakukan sendiri maupun berkelompok. Oleh karena itu, para ambivert disarankan memilih sepatu olahraga dengan kualitas terdepan yang dibalut oleh model kekinian. 

Salah satu pilihan terbaiknya adalah On Running Men Cloud 5 dan On Running Cloud Women 5 dengan penawaran diskon hingga 60% selama promo Blibli Day kali ini. Jangan lupa juga senantiasa terhidrasi saat berolahraga dengan membawa botol Hydro Flask Wide Flex Straw Cap yang ergonomis dan mampu menjaga suhu minuman dengan baik selama berjam-jam. 

Wilson Kiantoro, Head of Campaign Blibli mengatakan, untuk pelanggan yang mau memulai atau hobi berolahraga, PT Global Digital Niaga Tbk Blibli menggelar Blibli Pay Day pada 25-27 September 2024 dan ada banyak promo menarik untuk perlengkapan olahraga dari beragam brand populer, mulai dari diskon up to 80%, extra cashback hingga Rp300 ribu, serta promo harga serba Rp199 sampai Rp999 ribu!