Perawatan Sehat untuk Menjaga Keaslian Rambut Curly!

Ajeng Yuniarta diperbarui 16 Okt 2024, 19:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Mempunyai rambut curly atau keriting terkadang membuat beberapa orang kurang nyaman untuk tampil percaya diri dengan keaslian rambut tersebut. Pandangan yang diberikan oleh beberapa orang yang menilai perbedaan mencolok dari rambut curly dengan rambut lurus pada umumnya adalah salah satu yang membuat sang pemilik curly hair berusaha untuk menyamakan rambut keritingnya dengan rambut 'normal' yang biasa diterima di sosial. Bisa dengan hair smoothing, rebonding, ataupun yang lain, dimana hanya akan menghilangkan keaslian rambut curly yang sangat eksotis dan menarik.

Terkadang sang pemilik curly hair kesusahan dalam merawat dan stylish rambutnya agar tampak sehat dan tidak kusut. Mengingat memang ketebalan curly hair dengan rambut lurus memiliki perbedaan yang mencolok, membuat kita harus merawat rambut curly secara maksimal dan tidak biasa. 

Penasaran apa saja tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keaslian eksotis dari pesona curly hair? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

1. Menggunakan Sampo yang Lembut

ilustrasi curly hair/copyright pexels/Jean Alves

Merawat rambut curly atau keriting memerlukan perhatian khusus agar tetap sehat dan tampak cantik. Rambut keriting cenderung lebih kering dibanding rambut lurus, sehingga memerlukan kelembapan ekstra. Pilih sampo yang bebas sulfat agar tidak menghilangkan minyak alami rambut. Sampo berbahan lembut akan membantu menjaga kelembapan tanpa membuat rambut keriting semakin kering. Dengan ini kamu akan tampil maksimal dengan pesona rambut keriting yang sehat dan fresh.

3 dari 5 halaman

2. Rajin Deep Conditioning

ilustrasi curly hair/copyright pexels/Chill Jane

Tentu untuk menjaga kelembapan dari rambut curly, sampo saja tidak akan cukup. Kamu juga perlu memberikan conditioner yang sangat berkhasiat untuk melembapkan rambut kering. Deep conditioning adalah langkah penting dalam merawat rambut keriting. Gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kelembutan dan elastisitas rambut. 

4 dari 5 halaman

3. Hindari Menyisir Rambut

ilustrasi menyisir rambut curly/copyright pexels/cottonbro studio

Mengingat volume dan kerekatan rambut curly dari satu helai ke helai yang lain sangat rapat, terkadang dengan menyisir rambut hanya akan membuat rambut tersebut semakin kusut dan mengembang semakin bertambah volumenya. Menyisir rambut keriting dalam keadaan kering bisa menyebabkan kerusakan dan membuat rambut terlihat kusut. Sebaiknya sisir saat rambut masih basah dengan menggunakan jari atau sisir bergigi jarang. Biasakan untuk selalu mengurai rambut curly untuk membantu rambut kamu tetap tampil sehat dan tidak kusut.

5 dari 5 halaman

4. Tidur dengan Sarung Bantal Satin

ilustrasi curly hair/copyright pexels/Ketut Subiyanto

Mungkin terdengar sepele, namun dengan memperhatikan keadaan rambut kita dikala tidur menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan dengan baik. Mengganti sarung bantal satin adalah pilihan mudah yang bisa kamu lakukan. Sarung bantal satin bisa mengurangi gesekan antara rambut dan bantal, sehingga menghindari kusut dan kerusakan saat tidur.

Itulah beberapa tips untuk menjaga keaslian dan kesegaran rambut curly agar kamu bisa tampil percaya diri. Dengan perawatan yang tepat, rambut keritingmu akan tetap terlihat sehat, berkilau, dan bervolume. Yuk, tunjukkan pesona rambut keritingmu!