Floor Inc, EVERYDAYINDO, dan USS Network Lahirkan Kompilasi Album Hip-Hop Microphone Checka Volume #1

Anto Karibo diperbarui 25 Sep 2024, 11:13 WIB

Fimela.com, Jakarta Sony Music Entertainment Indonesia melalui sublabel Floor Inc yang berfokus di genre urban, electronic, dan hip-hop, tak henti menghadirkan karya yang lahir dari tangan paramusisi bertalenta.

Kali ini, Floor Inc berkolaborasi dengan label EVERYDAYINDO dan USS Networks merilis sebuah album hip-hop berjudul Microphone Checka Volume #1 berisi sembilan track dari sembilan musisi yang masing-masing memiliki kekuatan dan warnanya tersendiri.

Mereka adalah AB Mukacino 'I'm Not Playing', FALLEN’T 'It's Story', Emirgency'Bacotan Anak Selatan', By A Febby 'Microphone', Tacticalopsm 'Timur Jakarta', Styphth 'Hard Mode', Almamosca 'Oh Marsinah', Wiarthajaya 'My Shot', dan Ongker 'Feel the Vibe'.

Head A&R dari label Floor Inc, Wisnu Wicaksana atau yang akrab disapa Oeboer, mengungkapkan bahwa sublabel Floor Inc menyambut baik kolaborasi pertama mereka dengan EVERYDAYINDO dan USS Networks ini. Microphone Checka Volume #1 ini sendiri dilihat Oeboer sebagai langkah yang relevan dari Sony Music Entertainment Indonesia dalam rangka membantu para musisi hip-hop lokal untuk tumbuh dan memperluas musiknya.

"Dari tren musik yang ada di Tanah Air dan global, genre hip-hop saat ini semakin dikenal di industri musik Indonesia. Selain mengalami perkembangan pesat, banyak bermunculantalenta baru di kancah hip-hop lokal yang tersebar di seluruh area Indonesia. Hal ini menandakan bahwa genre ini berkembang dan Floor Inc sebagai label yang fokus ke area ituingin membantu mereka dan menjadi wadah agar para musisi ini bisa terus berkarya," ujarnya.

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Ide Pembuatan Album

Kompilasi Album Hip-Hop Microphone Checka Volume #1 (Istimewa)

Menurut Fauzan Lubis, atau lebih dikenal dengan nama Ojan Sisitipsi, dari EVERYDAYINDO,ide pembuatan album ini tercetus atas gagasan Rulionzzo (Boyz Got No Brain) yangmerupakan salah satu pengisi album kompilasi hip-hop tahun 90-an.

Dari ide inilah, Ojan sebagai musisi yang memang sudah tertarik dengan maraknya musik hip-hop pada periode tersebut pun akhirnya mengeksekusi ide ini hingga terbentuklah kolaborasi antara Floor Inc, EVERYDAYINDO, dan USS Networks.

Para musisi yang terpilih mengisi album ini diusulkan oleh tim EVERYDAYINDO yang bekerja sama dengan event USS Jakarta 2023, yaitu kumpulan para finalis MIC CHECK yang tampil di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 4November 2023.

Mengerjakan album berisi sembilan musisi yang tersebar di berbagai kota tentunya cukupmemakan waktu. Namun, ketiga tim yang terlibat merasa senang karena pengerjaannya ternyata tidak terlalu sulit.

"Pembuatan materi kompilasi ini memang sedikit menyita waktu. Namun, kami bersyukur bahwa prosesnya cukup mudah dan menyenangkan.Mengingat para musisi yang mengisi album ini tersebar di berbagai wilayah, kami punmengandalkan teknologi saat ini dalam berkomunikasi, berdiskusi, hingga mendengarkanhasil demo," ucap Ojan.

3 dari 3 halaman

Tujuan Kolaborasi

Kompilasi Album Hip-Hop Microphone Checka Volume #1 (Istimewa)

Dari sembilan track, tim Floor Inc memilih tiga lagu sebagai focus track, yaitu 'Feel TheVibe' milik Ongker, 'It’s a Story' dari FALLEN’T, dan 'Oh Marsinah' oleh Imamosca. Menurut Oeboer, ketiga track ini menjadi representasi dari konsep album atau kompilasi hip-hop Microphone Checka Volume #1.

"Dilihat dari kekuatan lirik yang menonjol dan dari segi produksi musik, ketiganya mempunyai daya tarik dari sisi komersial. Namun, tentu saja, semua lagu yang ada di album ini patut untuk didengar karena sudah melalui proses penyaringan yang cukup ketat dan merupakan terbaik dari yang terbaik," papar Oeboer.

Para pengisi album didapatkan melalui audisi online yang diadakan oleh tim EVERYDAYINDO,Floor Inc, dan USS Networks. Dari total 200 materi yang terkumpul, semua dikurasi langsungoleh Iwa K, Xaqhala, dan Rulionzzo hingga terkumpul sembilan finalis yang tampil di MicCheck USS di JCC Senayan.

"Tujuan utama kerja sama ini adalah kamiingin membawa musik hip-hop menjadi musik yang bisa mendominasi lagi di industri musikTanah Air. Hal ini pernah terjadi pada era 1993 hingga 2003 dan sangat besar kemungkinanini akan terjadi lagi," ungkap Ojan.

Sementara hal senada juga diungkapkan Oeboer. "Tidak hanya itu, Floor Inc juga berupaya terus memperkenalkan talenta-talenta baru dari genre hip-hop dan mencoba membantu memperluas pengaruh mereka di industri musik Indonesia secara keseluruhan," ucapnya.

Album kompilasi hip-hop Floor Inc, EVERYDAYINDO, dan USS Networks berjudul Microphone Checka Volume #1 bisa didengarkan di platform musik digital mulai 25 September 2024.