4 Sifat Introvert yang Disukai Banyak Orang, Punya Salah Satunya?

Gloria Trivena May Ary diperbarui 24 Sep 2024, 17:21 WIB

Fimela.com, Jakarta Orang-orang yang berkepribadian introvert seringkali dianggap pendiam atau kurang suka bergaul. Tapi di balik kepribadian seperti ini, para introvert sebenarnya memiliki banyak kualitas yang membuat mereka disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Ya, berbagai sifat positif tersebut membuat para introvert bisa menjadi teman, rekan kerja, atau pasangan yang menyenangkan. 

Memang benar jika setiap kepribadian memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, ada daya tarik tersendiri dari para introvert yang membuat orang lain merasa kagum akan kualitas yang mereka punya. Nah, apakah kamu atau seseorang di sekitarmu seorang introvert? Jika iya, yuk cek 4 sifat introvert yang banyak disukai orang!

2 dari 5 halaman

1. Pendengar yang Baik

Ilustrasi introvert. (c)AllaSerebrina/Depositphotos.com

Sikap diam yang dimiliki oleh para introvert bukan berarti karena mereka nggak mau atau malas berbicara. Hanya saja, mereka yang berkepribadian ini lebih suka untuk mengamati dan mendengarkan benar-benar apa yang lawan bicara ucapkan. Mereka nggak akan terburu-buru menyela atau mengalihkan pembicaraan. 

Inilah mengapa banyak orang merasa nyaman berbagi cerita dengan introvert. Sebab, selain karena memberi perhatian penuh, mereka tahu bahwa introvert akan merespons dengan bijak. Sifat ini pun juga membuat introvert sangat disukai, terutama ketika seseorang membutuhkan teman untuk mendengarkan keluh kesah atau pikiran mendalam.

3 dari 5 halaman

2. Punya Kreativitas yang Tinggi

Ilustrasi introvert. (c)HayDmitriy/Depositphotos.com

Seseorang dengan kepribadian introvert pada dasarnya suka menghabiskan waktu sendirian. Bukan tanpa alasan, introvert melakukan ini untuk memberikan kesempatan bagi diri sendiri agar bisa mengeksplorasi ide-ide baru dan mengembangkan imajinasi. Ya, banyak dari mereka yang memiliki kreativitas tinggi karena cenderung lebih suka merenung dan berpikir mendalam. 

Ide-ide segar, inovasi, dan pemikiran out-of-the-box sering kali datang dari mereka. Entah itu dalam bentuk seni, tulisan, atau solusi kreatif untuk masalah sehari-hari, kreativitas yang tinggi pada introvert menjadikan mereka aset yang berharga dalam berbagai situasi, baik dalam pekerjaan maupun pergaulan.

4 dari 5 halaman

3. Bisa Diajak Deep Talk

Seorang introvert memiliki kelebihan dalam berpikir sebelum mengatakan sesuatu/copyright freepik

Jika ingin deep talk seputar permasalahan hidup atau perasaan yang dimiliki, maka introvert adalah orang yang tepat untuk diajak. Mereka ini sangat ideal dijadikan partner bicara karena cenderung menghindari basa-basi yang dangkal dan lebih tertarik pada diskusi yang melibatkan perasaan, pengalaman hidup, dan pemikiran mendalam. Mereka juga siap membuka ruang untuk pembicaraan penuh makna yang nggak hanya menyenangkan, tetapi juga mempererat hubungan.

5 dari 5 halaman

4. Open Minded dan Nggak Mudah Menghakimi Orang Lain

ilustrasi teman curhat/Dean Drobot/Shutterstock

Kebanyakan orang introvert memiliki pemikiran yang terbuka dan cenderung menghargai perbedaan sudut pandang. Mereka nggak terburu-buru untuk menghakimi orang lain, melainkan lebih suka mendengar dan memahami alasan di balik pandangan atau tindakan seseorang. 

Sifat open-minded ini membuat mereka menjadi teman yang sangat suportif dan netral. Bahkan, orang-orang merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri di sekitar introvert karena tahu mereka nggak akan mudah dihakimi. 

Meskipun sering kali terlihat tenang dan nggak banyak bicara, introvert sebenarnya memiliki banyak sifat positif yang membuat mereka disukai banyak orang. Apakah kamu punya salah satu dari sifat-sifat di atas? Jika iya, itu adalah kekuatan besar yang bisa memperkaya hubungan dan interaksi sosialmu!