Dokter Ungkap Cara Menjaga Imun Anak di Cuaca Ekstrem, dari Pola Makan, Pilihan Pakaian, hingga Asupan Suplemen dengan Phyllanthus Niruri

Anisha Saktian Putri diperbarui 24 Sep 2024, 14:04 WIB

Fimela.com, Jakarta Musim kemarau yang panjang dan cuaca yang semakin panasmenjadi tantangan besar bagi kesehatan anak-anak. Di tengah suhu ekstrem, daya tahan tubuh mereka lebih mudah melemah, meningkatkan risiko dehidrasi dan infeksi.

Sebagai orangtua, penting untuk tidak hanya mengandalkan pola makan sehat, tetapi juga memberikan dukungan tambahan melalui suplemen yang tepat untuk imun anak. Nutrisi yang seimbang dan perlindungan dari dalam dapat menjadi kunci utama dalam menjaga imunitas anak tetap kuat, sehingga mereka tetapaktif dan sehat di tengah kondisi yang tidak bersahabat ini. 

Menurut dr. Ngabila Salama, MKM, Praktisi Kesehatan Masyarakat, Anak-anak lebih rentan terhadap dehidrasi dan infeksi selama musim kemarau. Oleh karena itu, orangtua harus proaktif dalam menjaga kesehatan mereka. Suhu tinggi dapat melemahkan daya tahan tubuh, sehingga penting untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan nutrisi dan hidrasi yang memadai sebagai langkah awal untuk memperkuat sistem imun anak.

Ia juga menekankan perlunya perhatian terhadap pola makan anak, terutama dalam memilih makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, D, dan Zinc. Sayuran hijau, buah-buahan seperti Jeruk dan Stroberi, serta kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik.

“Selain itu, menjaga hidrasi yang optimal sangat penting. Pastikan anak minum air putih yang cukup sepanjang hari, terutama ketika mereka aktif bermaindi luar ruangan, untuk mencegah risiko dehidrasi,” kata dr. Ngabila 

2 dari 2 halaman

Suplemen untuk Jaga Imun Anak

Ilustrasi Suplemen untuk Jaga Imun Anak./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

dr. Ngabila Salama juga merekomendasikan, suplemen herbal dapat menjadi tambahan yangbermanfaat dalam mendukung kesehatan anak di masa sulit ini. Bahan-bahan alami seperti temulawak, dan meniran telah lama dikenal mampu meningkatkan imunitas secara tradisional.

Produk-produk ini dapat diberikan dengan aman kepada anak, namun tetap perlu dipastikan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan, dan selalu konsultasikan dengan dokter sebelummemberikan suplemen kepada anak. 

“Orangtua dapat melakukan beberapa langkahsederhana untuk menjaga kesehatan anak selama kemarau, seperti menyediakan makanan segardan bergizi setiap hari, memastikan anak cukup istirahat, serta menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Memilih pakaian yang ringan dan menyerap keringat juga sangat penting untuk menjaga kenyamanan anak. Dengan kombinasi nutrisi yang baik, hidrasi yang cukup, dan dukungan dari suplemen herbal, anak-anak dapat tetap sehat dan aktif meskipun cuaca sedang panas,” katanya. 

Menjawab kebutuhan orangtua dalam menjaga imunitas anak di tengah kondisi cuaca panas,Oxyvit Kidz hadir sebagai suplemen herbal yang memiliki kandungan Meniran yang diolah denganteknologi AFT (Advanced Fractionation Technology) hingga menjadi fraksi ekstrak Phynurin yang dapat diserap oleh tubuh lebih cepat.

Selain itu Phynurin ini bekerja sebagai imunomodulator yang bekerja untuk mengoptimalisasi kinerja imun alami dalam tubuh dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. 

"OxyvitKidz menyediakan produk untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak termasuk bahanalami herbal yang diperlukan untuk mendukung daya tahan tubuh anak. Kami ingin mengingatkan semua orangtua akan pentingnya perhatian dan usaha ekstra dalam menjaga kesehatan anak-anak di musim kemarau ini. Kombinasi pola makan yang seimbang, hidrasi yang cukup, dan dukungan dari suplemen yang tepat dapat menjadi langkah krusial dalam menjaga imunitas anak,” kata Devi Eliya, Brand Manager Oxyvit Kidz