Cara Memakai Masker Clay untuk Hasil Maksimal

Ajeng Yuniarta diperbarui 10 Okt 2024, 11:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela familiar dengan masker clay? Masker clay atau tanah liat ini buka semata-mata bahan utama yang digunakan adalah tanah liat yang biasa kita temui ya, melainkan terbuat dari tanah liat jenis kaolin atau bentonit. Selebihnya, tekstur yang diberikan pun menyerupai dengan tekstur yang dimiliki oleh tanah liat. Masker clay ini populer di kalangan orang-orang pemilik wajah berminyak, karena dalam penggunaanya sangat bermanfaat untuk menyerap minyak, menghaluskan pori-pori, serta membantu menghilangkan bruntusan akibat dari produksi minyak yang berlebih.

Lantas, bagaimana kah cara mengaplikasi masker jenis ini agar hasil yang dikeluarkan dapat maksimal? Yuk, simal ulasannya berikut ini!

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Sesuai dengan Kebutuhan

ilustrasi clay mask/copyright pexels/SHVETS production

Dalam pengaplikasian masker bertekstur creamy ini, penting bagi kita untuk memperhatikan permasalahan apa yang terjadi pada wajah kita, baru setelahnya kita bisa memilih kira-kira bahan aktif apa yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya, masker berbahan clay ini di zaman sekarang khususnya, memiliki varian dan bentuk yang sangat beragam. Dalam segi varian, ada yang mempunyai varian tea tree untuk kesehatan kulit berjerawat, varian lemon atau jeruk untuk perawatan kulit cerah, varian aloe vera untuk perawatan kulit kering, dan masih banyak lagi. Dalam segi bentuk, kali ini masker sudah memiliki banyak sekali bentuk seperti, bentuk bubuk, bentuk jar, ataupun berbentuk stik. Oleh karena itu, dengan varian yang semakin banyak, penting bagi kita untuk memperhatikan dan memberikan perhatian penuh juga akan permasalahan apa yang paling utama dirasakan oleh wajah kita, bukan malah memilih varian tanpa tahu-menahu perawatan apa yang dibutuhkan oleh wajah kita.

3 dari 6 halaman

2. Memastikan Wajah Bersih

ilustrasi cuci muka/copyright pexels/Miriam Alonso

Mencuci dam memastikan muka bersih sebelum mengaplikasikan masker clay sangat diperlukan untuk memaksimalkan kerja dari masker clay itu sendiri. Memastikan keadaan kulit bersih tanpa ada lapisan bakteri, kuman, minyak, sisa makeup akan mempermudah kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari masker clay. Jika diperlukan pula, kamu bisa memberikan wajah kamu gentle cleanser agar kulit kamu tetap lembab dan tidak kering.

4 dari 6 halaman

3. Durasi Jangan Terlalu Lama

ilustrasi clay mask/copyright pexels/Shiny Diamond 

Memang terkadang kita berpikir bahwa semakin lama masker clay tersebut ada melapisi kulit, maka akan semakin bekerja bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya dan kulit kita akan mendapat khasiat yang lebih. Nyatanya, pemikiran tersebut hanya akan menjerumuskan kulit pada pertumbuhan jerawat baru. Meskipun mungkin ada varian masker clay yang mengaku bahwa produknya sangat menenangkan kulit, namun sebaiknya kamu tetap tidak mendiamkannya terlalu lama. Pada umumnya kamu hanya perlu mendiamkannya sekitar 5-10 menit, kalau tidak kulitmu akan cenderung semakin kering. 

Dalam membilasnya pun juga harus kamu perhatikan. Akan sangat baik jika kamu menggunakan air hangat yang bisa membantumu mengangkat sisa-sisa masker yang menempel. Tidak perlu sampai digosok, kamu hanya perlu mmengusapnya dengan lembut sampai mukamu bersih. Kemudian usap lembut kulit dengan handuk yang bersih ataupun tisu wajah agar lebih higienis.

5 dari 6 halaman

4. Aplikasikan Skincare Setelahnya

ilustrasi skincare products/copyright pexels/KATRIN BOLOVTSOVA

Seusai mengaplikasikan masker clay, tentu wajah kita akan terasa cukup kering. Oleh karena itu, kamu harus melapisinya dengan skncare rutinitas yang biasa kamu kenakan. Kamu masih perlu mengaplikasikan toner, serum, essence, dan moisturizer agar kelembapan kembali pada wajah kita. Dengan ini, kulitmu akan kembali menerima nutrisi yang dibutuhkan. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan tipe kulit yang kamu punya seperti, jika kamu tipe kulit berminyak, kamu perlu mengolesi wajahmu dengan produk yang bisa mengontrol produksi minyak. Sebaliknya, jika kamu tipe kulit kering, wajahmu perlu produk yang bisa melembapkan kulit dan menenangkan.

6 dari 6 halaman

5. Digunakan di Malam Hari

ilustrasi bed time/copyright pexels/Acharaporn Kamornboonyarush

Mengapa mengaplikasikan masker harus pada malam hari? Karena kita perlu tahu bahwa ada beberapa bahan aktif masker yang akan sensitif jika nanti terpapar sinar matahari di pagi hari, khususnya bahan aktif untuk eksfoliasi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker clay pada malam hari, laku setelahnya pada pagi hari kamu bisa mengaplikasikan sunscreen pada wajahmu agar kulitmu tetap terlindung dari paparan sinar matahari.

Itulah beberapa cara agar penggunaan masker clay mu membuahkan hasil yang maksimal. Namun tetap kembali pada kecocokan kulit dan konsistensi kalian untuk selalu menjaga kebersihan wajah. Ditambah lagi, penting untuk kamu memperhatikan bahwa gunakan masker clay hanya 1-2 kali minggu. Selamat mencoba!