Mengenal Aksesoris Boneka Kegemaran Gen Z yang Menambah Sentuhan Manis pada Outfit

Ajeng Yuniarta diperbarui 24 Sep 2024, 20:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela familiar dengan boneka-boneka unik dari kalangan Gen Z yang sedang menjadi incaran baru-baru ini? Seperti yang kita tahu, perkembangan fashion pada umumnya memang merupakan salah satu fenomena di sosial yang selalu mengalami perkembangan yang sangat cepat. Banyak orang inovatif yang memunculkan beragam karyanya untuk dijadikan fashion item. Hal ini berlanjut pada kalangan masyarakat yang antusias dan berbondong-bondong meramaikan fashion item tersebut. Namun siapa sangka, boneka kali ini bisa menjadi fashion item yang dipakai di outfit kita sehari-hari? itulah salah satu contoh beragamnya fenomena perkembangan fashion tersebut.

Terkhusus para Gen Z menyebutkan, dengan menambahkan fashion item boneka pada penampilan kita, maka akan menambah kesan manis yang ditampilkan. Lantas, boneka apa saja yang tengah marak dan menjadi sorotan untuk tambahan fashion item kita? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Labubu

ilustrasi labubu/copyright X/labubu official

Labubu satu ini lah yang saat ini tengah menjadi sebuah tren hangat di kalangan masyarakat, terkhusus gen Z. Banyak orang berbondong-bondong ke Pop Mart terdekat untuk antre dan beli boneka peri satu ini. Sistemnya yang random dan tidak bisa dipilih ini, semakin menambah minat pembeli untuk terus menghabiskan uang mereka sampai mendapatkan seri atau varian yang dimau. Labubu sendiri merupakan boneka unik berbulu warna-warni yang menyerupai peri tapi berpenampilan monster. Awalnya, karakter ini hanya muncul di sebuah seri bernama "Monster" yang diciptakan oleh seorang seniman bernama Kasing Lung. Hingga akhirnya dibentuk wujud visual asli dari karakter labubu ini. 

Untuk perpaduan outfit sendiri, labubu kerap sekali dipasangkan di tas, koper, pouch, tempat minum, ataupun barang apapun yang memiliki ring agar si boneka bermulut tajam ini bisa digantungkan. Pada dasarnya, fashion item ini sama seperti aksesoris keychain, namun bedanya ialah karakter ini memiliki bentuk yang unik dan ukuran yang cukup ideal untuk dipasangkan di mana saja. Pilihan warnanya pun tidak terlalu mencolok, terkesan kalem dan berbau paster. Oleh karena itu, para remaja sangat menggemarinya dan berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Terlebih lagi, sekarang banyak sekali influencer yang mengoleksinya seperti, Lisa Blackpink.

3 dari 6 halaman

2. Hirono

ilustrasi hirono/copyright instagram/popmartid

Berpindah ke karakter Hirono, karakter satu ini dikenal unik akan ekspresinya yang berubah-ubah dan ukuran mungilnya yang sangat menggemaskan. Hasil karya ini telah diciptakan oleh seorang seniman bernama Lang yang berasal dari China. Ia menyebutkan, Hirono merupakan simbolisasi dari perasaan dari seorang manusia yang dalam banget. Ia menggambarkan Hirono dalam berbagai macam ekspresi seperti senang, sedih, takut, dan masih banyak lagi, guna menyimbolkan emosi-emosi yang ada selama manusia mengalami pertumbuhan di bumi ini.

Untuk paduan outfit sendiri, pada dasarnya sama seperti Labubu, Hirono ini bisa dijadikan aksesoris keychain pada item yang kita pakai. Namun, karakter ini lebih sering dijadikan karakter figur yang hanya di pajang di tempat tertentu di rumah kita masing-masing. Namun tentu saja, dengan menambahkan Hirono sebagai keychain di fashion item kita, akan menambah sentuhan manis dari mungil dan lucunya ekspresi seorang Hirono.

4 dari 6 halaman

3. Sylvania Family

ilustrasi sylvanian/copyright instaram/sylvanian.id

Keluarga Sylvania ini jika dibandingkan dengan keluarga kita sekarang, mungkin akan bisa kita satukan menjadi keluarga besar yang menggemaskan. Pasalnya, umur dari karakter mini berbentuk hewan ini, telah lama populer dari Jepang sejak tahun 1985. Tiap karakter dari Sylvania ini memiliki background story yang berbeda-beda. Dalam pembeliannya pun disertai oleh set-nya, seperti rumah, furnitur, dan aksesoris masing-masing yang dipasangkan. Boneka ini adalah pilihan yang sangat cocok untuk kamu penggemar vintage. Kamu hanya perlu menambahkan boneka ini resleting tas ataupun disatukan dengan carabiner pada celana kamu, dan sentuhan kecil tersebut akan menambahkan kesan manis pada dirimu!

5 dari 6 halaman

4. Sonny Angel

ilustrasi sonny angel/copyrigt instagram/sonnyangel.id

Jepang memang terkenal akan aksesoris andalannya yang unik dan lucu, salah satunya ialah Sonny Angel ini. Lagi-lagi, Jepang menunjukkan bagaimana mereka mampu membuat kondisi sosial marak hanya dengan barang sekecil namun menggemaskan ini. Bentuknya yang seperti anak kecil membuat kita tidak tega untuk tidak membelinya. Pada dasarnya sang seniman, Turu Soeya, menginginkan boneka Sonny Angel ini hanya sebagai jimat keberuntungan saja. Namun siapa sangka, nyatanya saat ini Sonny Angel atau sebutannya "Songel" ini marak digunakan di beragam fasilitas, item ataupun furnitur yang kamu punya. Variannya yang beragam, membuat orang sangay bingung untuk memilih yang mana pilihan favorit mereka. Sistemnya yang Blind Box atau random ini juga menambah minat pembeli untuk terus membeli item ini sampai mendapatkan item pilihan yang sudah diincar sebelumnya. 

Dalam pemakainnya, boneka kecil bak malaikat maut bersayap ini bisa kamu kreasikan di banyak sekali barang seperti, belakang casing hp, belakang laptop, belakang tempat duduk mobil, di tempat minum kamu, ataupun varian terbarunya yang ada di dalam tote bag menggemaskan. Tunggu apalagi? sentuhan manis dari boneka ini bisa kamu dapatkan hanya dengan budget 100 ribu.

6 dari 6 halaman

5. Line Friends

ilustrasi line friends/copyright instagram/linefriends_square

Siapa yang tak kenal dengan Line Friends? Karakter ini pastinya sudah nggak asing buat kamu yang dulunya sering menggunakan aplikasi Line dan menjadi pengguna Line tersebut. Karakter yang sangat khas yakni "Brown" si beruang, "Cony" si kelinci, dan bebek kuning menggemaskan yang biasa dijadikan karakter "Curut" di video-video vlog youtuber kuliner terkenal, Ria SW ini memang sudah lama sekali mereka ciptakan visual dari karakternya dalam bentuk merchandise. Tak hanya sebagai kerychain, karakter Line Friends digunakan dengan sangat beragam oleh sang seniman seperti, baju, selimut, sprei, dompet, serta printilan-printalan lain yang tak kalah menggemaskan.

Itulah beberapa boneka yang tengah ramai digunakan oleh para gen Z. Yuk, segera pilih kira-kira manakah yang cocok untuk karakter kamu!