5 Sikap Harus Dihindari Jika Ingin Dianggap Berkelas dan Elegan

Febi Anindya Kirana diperbarui 23 Sep 2024, 12:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Cara kita bersikap di hadapan orang lain seringkali menjadi titik penilaian pertama orang terhadap kita. Apa yang mereka lihat dan dengar akan menjadi apa yang mereka rasakan dan nilai. Tidak ada yang salah dengan hal itu, karena kita pun pasti menilai orang dengan cara seperti itu. Namun akan salah jadinya, jika ternyata kita selama ini menunjukkan sikap tidak berkelas atau tidak elegan sehingga merusak citra diri kita sendiri.

What's On Fimela

Lalu apa yang bisa dilakukan agar setiap orang bisa menilai kita dengan sudut pandang yang baik dan positif, bakan berkelas dan elegan? Sepertinya mulai dulu dengan melakukan sekian sikap ini. Karena begini cara bersikap yang membuatmu dianggap berkelas dan elegan.

2 dari 6 halaman

1. Jangan bergosip

ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Kebiasaan bergosip bisa memberi pengaruh buruk terhadap citra dirimu, karena dianggap suka ikut campur, membahas hal yang tak benar, menyebar rumor atau fitnah, membicarakan aib orang dan segala kesan negatif lainnya. Menghindari gosip bukan hanya tentang menjaga reputasi, tetapi juga membangun karakter yang kuat dan bisa dipercaya. Orang elegan dan berkelas menghindari kegiatan tidak penting ini dalam hidupnya.

3 dari 6 halaman

2. Hindari mengumpat

ilustrasi perempuan rapi/Photo by David Manzyk/Pexels

Kata-kata kasar dan umpatan adalah hal yang sangat dihindari para perempuan berkelas dan elegan karena ada istilah 'mulutmu harimaumu'. Dalam artian, apa yang kamu katakan dapat membentuk karaktermu di mata orang. Ketika seorang perempuan bisa menjaga etikanya dalam bertutur kata yang baik dan sopan, maka ia akan lebih dihargai dan dihormati. Ia juga lebih disegani karena mampu menjaga mulutnya dari hal-hal yang buruk untuk diucap.

4 dari 6 halaman

3. Berpakaian yang sopan

ilustrasi perempuan elegan/Photo by Hidayət İsgəndərsoy/Pexels

Pakaian adalah simbol harga diri dan martabat yang perlu dijaga. Meskipun ada banyak sekali tren gaya berbusana yang kreatif dan unik, namun memilih dengan tepat apa yang perlu dipakai akan menciptakan kesan tersendiri di mata orang lain. Pakaian yang baik dan sopan akan membuatmu dianggap elegan. Meskipun kamu berhak seratus persen menentukan sendiri apa yang bisa kamu pakai setiap harinya, tapi terkadang juga pelu mengikuti standar kesopanan yang ada di masyarakat.

5 dari 6 halaman

4. Bicara seperlunya

ilustrasi perempuan bekerja/pexels/Photo by alexander suhorucov

Tidak perlu banyak bicara jika ingin dianggap elegan dan berkelas karena yang paling penting adalah mengatakan hal yang diperlukan. Jangan buang waktu untuk mengatakan kalimat-kalimat yang sia-sia. Gunakan waktumu untuk melakukan hal yang lebih produktif. Tidak semua komentar perlu direspon, apalagi mereka tak tahu dirimu sepenuhnya. Ketenangan seringkali jadi kunci terlihat berkelas dan elegan.

6 dari 6 halaman

5. Jangan merokok

ilustrasi perempuan dewasa/Photo by Darina Belonogova/Pexels

Merokok bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, tapi juga masih sering dipandang kurang elok dalam lingkup masyarakat pada umumnya. Jsadi alangkah baiknya jika bukan hanya sikap yang diperbaiki tapi juga kebiasaan kecil seperti merokok dan minum minuman keras. Perempuan elegan dan berkelas akan menghindari sebisa mungkin kesan yang buruk serta negatif karena ia sadar diri bahwa hal itu tidak ia butuhkan dalam hidup, karena ada hal berguna lain yang bisa dilakukan.

Itu dia sekian tanda sikap yang membuatmu dianggap berkelas dan elegan.

#Unlocking The Limitless