Warna-warni Karya 18 Desainer di Opening Show Senayan City Fashion Nation 18th Edition

Hilda Irach diperbarui 21 Sep 2024, 11:07 WIB

Fimela.com, Jakarta Senayan City kembali menjadi tuan rumah acara fashion ikonik, Fashion Nation’s 18th sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang ke-18.  Dengan tema "Anniversary Celebration", acara yang ditunggu-tunggu ini resmi dibuka oleh penampilan 18 desainer pada tanggal 20 September 2024 di Main Atrium lantai satu Senayan City.

Deretan desainer ternama yang berpartisipasi dalam acara tahun ini antara lain AMOTSYAMSURIMUDA, DANJYO HIYOJI, HAPPA, Hartono Gan, Hunting Fields, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, iyonono, KLÉ, MORAL, NATALIA KIANTORO, ohmmbybai, Patrick Owen, PURANA, Rama Dauhan, Rinda Salmun, SAVLAVIN, Wilsen Willim, dan Yosafat DWI KURNIAWAN. Setiap desainer menampilkan koleksi terbaru mereka di bawah bimbingan ahli koreografer mode Edwan Handoko dan diiringi oleh musik yang dinamis dari Winky Wiryawan.

"Selama 18 tahun terakhir, Fashion Nation di Senayan City telah berkomitmen untuk memperkuat posisi industri fashion di Indonesia. Acara ini secara konsisten mendukung dan menjadi saksi pertumbuhan kreativitas dalam dunia fashion setiap tahunnya. Dengan kolaborasi bersama para desainer, brand, dan sponsor, saya sangat yakin bahwa Fashion Nation 2024 akan memperkenalkan elemen-elemen baru yang menawan bagi para penggemar mode di Indonesia," ujar Halina, Leasing & Marketing Communication Director Senayan City.

Tak ketinggalan, tahun ini pun Fashion Nation menggandeng Indonesian Fashion Designer Council (IFDC). IFDC melantik tiga anggota baru, yaitu Adeline Esther, Yosafat Dwi Kurniawan, dan Ria Miranda ke jajarannya.

Warna-warni busana dengan signature style masing-masing desainer ditampilkan dalam opening show Fashion Nation 18th edition. Masing-masing desainer menampilkan 3 looks dari koleksi terbaik mereka. Seperti di antaranya Wilsen Willim yang memamerkan koleksi kapsul batik tulis pertamanya dalam palet warna hitam-putih yang elegan. 

Kemudian, Rama Dauhan yang mengeksplorasi tenun baduy menjadi busana disko penuh warna dan berkilauan, Purana dengan kreasi resort wear yang anggun, Hartono Gan dengan koleksi busana disko, penuh bling-bling untuk berpesta, Natalia Kuntoro dengan busana bergaya cybercore yang tengah populer selama beberapa waktu belakangan, dan masih banyak lagi.

What's On Fimela
18 desainer Tanah Air pamerkan karyanya di opening show Senayan City Fashion Nation 18th Edition. [Dok/Fimela/Daniel Kampua].
18 desainer Tanah Air pamerkan karyanya di opening show Senayan City Fashion Nation 18th Edition. [Dok/Fimela/Daniel Kampua].
2 dari 3 halaman

Kolaborasi dengan IFDC

18 desainer Tanah Air pamerkan karyanya di opening show Senayan City Fashion Nation 18th Edition. [Dok/Fimela/Daniel Kampua].

Selain itu, IFDC juga kembali menggelar Gaya Fashion Installation. Tahun ini, tema yang diusung adalah 'sustainability' dengan menyorot tiga area limbah fashion: Air, Water, dan Earth. Tahun ini, 24 desainer IFDC akan menyampaikan ketiga elemen tersebut dengan menggunakan bahan daur ulang, mengubahnya menjadi karya seni yang membawa pesan dan cerita yang unik.

Lokasinya ada di Grand Floor Senayan City. Pengunjung umum dapat mengakses pameran tersebut selama jam operasional mal berlangsung.

3 dari 3 halaman

Lebih dari Sekedar Acara Mode

18 desainer Tanah Air pamerkan karyanya di opening show Senayan City Fashion Nation 18th Edition. [Dok/Fimela/Daniel Kampua].

Fashion Nation lebih dari sekadar acara mode; ini adalah perangkai cita rasa yang bertujuan memberikan pengalaman seru dan stylish bagi semua tamu yang hadir, sambil menyoroti para desainer top dan brand berkelas dunia.

Acara ini berkomitmen untuk mendukung retail fashion dengan merangkul brand internasional serta desainer lokal, demi mengangkat status Senayan City sebagai destinasi fashion utama di Jakarta.

Dengan komitmen yang teguh untuk mempromosikan fashion dan gaya hidup, Senayan City terus menjadi pelopor dalam industri ini. Fashion Nation edisi ke-18 merupakan tonggak bersejarah yang menggambarkan dedikasi yang tak tergoyahkan dalam menyediakan wadah bagi para desainer lokal untuk memamerkan kreativitas mereka. Dengan menekankan pada inovasi dan ekspresi artistik, Senayan City mengukuhkan posisinya sebagai pusat budaya tempat bertemunya fashion dan seni.

Senayan City Fashion Nation 18th Edition ini didukung oleh Official Make-up & Hair-do by Make Over, Official Eyewear Partner by Optik Seis, Official LED Partner by Lumitron, Official On-the-Go Partner by Blue Bird Group Official Lounge Partner by Melandas, F&B Partner by Social Garden,  Spirit Partners by Voyage Island Gin and Walsh 50, Photo Experience Partners by Glambot and LOL Photobooth
Florist partner by Rontje
Refreshment Partners by AB Steak & ABar, Excelso, Kenangan Heritage, Kopi Kenangan, Oma Elly, Pippo, Red & White & PT. Pelita Makmur Perkasa, Rempah Kita, Saladstop dan Shu Guo Yin Xiang
Official Media Partners by Elle Indonesia, Cosmopolitan, HerWorld, Femina, Gadis, Fimela.com, Liputan6.com and Beautynesia.id.