6 Tanda Sikap Pick Me yang Membuatmu Dijauhi Banyak Orang

Febi Anindya Kirana diperbarui 21 Sep 2024, 10:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Belakangan istilah 'pick me girl' menjadi sangat ramai dibahas untuk menunjuk atau mendeskripsikan perempuan yang memiliki perilaku aneh, unik, di luar nalar dan bahkan mengganggu. Seringkali konotasinya negatif, meski sebenarnya istilah ini hanya digunakan sebagai candaan. Tentu tidak ada yang mau menyandang sebutan pick me, dan sebaiknya dihindari saja menjadi seorang pick me.

What's On Fimela

Menghindari sikap pick me bukan berarti kita tidak boleh mencari validasi atau berusaha diterima oleh orang lain. Namun penting untuk bersikap positif dengan cara yang tulus dan otentik. Beberapa orang menunjukkan tanda-tanda sikap pick me yang kuat, dan seringkali membuat orang lain tidak nyaman, bahkan dijauhi. Ini ia beberapa sikap pick me yang membuatmu dijauhi banyak orang.

2 dari 7 halaman

1. Selalu Cari Perhatian

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by james reyes from Pexels

Mencari Perhatian dan pengakuan dengan cara negatif adalah salah satu sikap pick me. Beberapa orang mungkin mencari perhatian dengan melebih-lebihkan cerita hidupnya, membuat drama atau konflik yang tidak perlu hingga playing victim agar mendapat simpati. Orang seperti ini sengaja memicu argumen, menggiring opini atau membesar-besarkan masalah kecil untuk menarik perhatian. Sikap ini tidak hanya merusak hubungan sosial, tetapi juga menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi orang lain.

3 dari 7 halaman

2. Mengkritik Orang Lain untuk Meninggikan Diri Sendiri

ilustrasi perempuan bunga/Photo by Brandan Saviour from Pexels

Sikap pick me yang bisa muncul dalam diri setiap orang adalah merendahkan atau menjatuhkan orang lain agar dirinya terlihat lebih baik. Bentuk kritikan yang bagus akan terasa objektif dan tidak menyudutkan, namun jika sudah sampai merendahkan hanya agar bisa meninggikan dirinya sendiri, itu yang toxic. Misalnya, membandingkan sikap seseorang yang suka bergosip, tidak seperti dirinya yang tak suka ikut campur urusan orang. Sebenarnya sikap ini sama buruknya, karena ia ingin orang memandang buruk orang lain.

4 dari 7 halaman

3. Terlalu Mengejar Pria

ilustrasi pasangan cinta/Photo by Laura Garcia from Pexels

Istilah 'cegil' mungkin pas untuk gadis pick me, karena ia selalu ingin dikagumi, dikejar dan dipuji banyak pria dengan segala sikap dan sifatnya. Ia berusaha tampil cantik, imut dan kalem untuk membangun citra diri yang baik dan positif. Tapi justru karena terlalu agresif dan berorientasi mendapatkan perhatian pria inilah yang kesannya justru tidak baik. Ia mungkin melebih-lebihkan sikap-sikap kecil seperti cara bicara yang manis, senyum simpul yang malu-malu atau makan sedikit agar dianggap menarik.

5 dari 7 halaman

4. Merendah untuk Mendapat Pujian

ilustrasi karakter zodiak/Photo by Bruno Salvadori from Pexels

Salah satu sikap pick me lainnya yang paling umum bisa dilihat dari seseorang adalah merendahkan diri sendiri dengan harapan mendapatkan pujian. Misalnya, seseorang mungkin mengatakan, "Aku tidak pintar seperti kamu" atau "Aku tidak sepercaya diri kamu", berharap orang lain akan menyangkal dan bilang bahwa dia sangat pintar dalam hal ini itu. Sikap ini bisa terlihat tidak tulus dan manipulatif, dan orang lain mungkin merasa tidak nyaman atau terganggu oleh perilaku semacam ini.

6 dari 7 halaman

5. Sikapnya Tidak Tulus

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by duy dinh from Pexels

Seseorang dengan sikap pick me biasanya bersikap baik kalau ada maunya, atau melakukan sesuatu dengan maksud tertentu yang sudah ia tetapkan di kepala. Ia punya banyak cara untuk terlihat baik meski sebenarnya palsu. Ia mungkin suka memuji dan menyanjung banyak orang yang ia temui untuk mendapatkan hati mereka sehingga citra dirinya ikutan baik dan disenangi banyak orang.

7 dari 7 halaman

6. Berusaha Terlalu Keras agar Diterima

ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Tanda sikap pick me yang sering terlihat lainnya adalah ketika seseorang berusaha terlalu keras untuk menyesuaikan diri dengan kelompok tertentu. Ia mungkin suka mengubah pendapat, minat, atau perilaku hanya agar bisa membaur dan diterima dalam kelompok atau orang tertentu. Sikap ini dapat membuat orang merasa bahwa dirinya tidak tulus atau tidak memiliki kepribadian yang kuat, sehingga membuatnya terkesan memaksakan diri terlalu keras untuk bisa naik level.

Itu dia sekian tanda sikap pick me yang membuatmu dijauhi banyak orang.

#Unlocking The Limitless