5 Tips Memulai Clean Eating untuk Pola Hidup Sehat

Arawinda Dea Alisia diperbarui 07 Okt 2024, 16:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Tren clean eating atau makan bersih makin populer seiring dengan banyaknya orang yang sadar akan gaya hidup sehat. Clean eating adalah pola makan yang fokus pada konsumsi makanan utuh, alami, dan minim olahan. Konsep ini membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang maksimal tanpa tambahan bahan kimia. 

Bagi pemula, mencoba clean eating bukan berarti harus secara langsung menghilangkan makanan favorit. Membatasi diri secara ekstrem akan memicu stress yang tidak baik untuk gaya hidup sehat. Kunci dari clean eating adalah memilih makanan yang lebih sehat dan seimbang, serta memahami apa yang masuk ke dalam tubuh. 

Berikut lima tips yang bisa Sahabat Fimela ikuti.

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Mulai dengan Makanan Utuh dan Alami

Mulai dengan Makanan Utuh dan Alami | copyright freepik

Langkah pertama yakni fokus pada makanan utuh minim proses pengolahan. Diantaranya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, hingga protein hewani segar. Cobalah untuk memilih makanan yang bisa ditemukan dalam bentuk aslinya di alam dan hindari produk pengalengan yang mengandung pengawet, berwarna, dan pemanis buatan. Hindari pula fast food dengan proses pengolahan yang berkali-kali dan kaya akan micin.

3 dari 6 halaman

2. Baca Label Makanan dengan Cermat

Baca Label Makanan dengan Cermat | copyright freepik

Terpaksa membeli makanan kemasan? Jangan lupa cek kandungannya dan baca label dengan teliti. Pilih makanan dengan bahan sesederhana mungkin dan mudah dipahami. Semakin sedikit bahan dalam suatu produk, maka semakin baik untuk kesehatan. Hindari produk yang mengandung bahan kimia tak dikenal atau tambahan gula garam berlebih. Mengerti komposisi makanan dapat membantu kamu membuat keputusan yang lebih bijak dan sehat saat berbelanja. 

4 dari 6 halaman

3. Kurangi Konsumsi Gula Tambahan

Kurangi Konsumsi Gula Tambahan pada Clean Eating | copyright freepik

Salah satu prinsip clean eating yakni mengurangi asupan gula tambahan. Makanan olahan yang mengandung gula berlebih dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Gantilah camilan manismu itu seperti permen, dengan buah-buahan segar yang kaya nutrisi dan manis alami. Jika butuh sekali pemanis, pilih opsi alami seperti madu atau sirup maple dengan kadar yang tidak berlebihan. 

5 dari 6 halaman

4. Prioritaskan Karbohidrat Kompleks

Prioritaskan Karbohidrat Kompleks pada Clean Eating | copyright freepik

Tidak semua karbohidrat diciptakan sama, dan tubuh butuh itu sebagai sumber energi. Dalam clean eating, karbohidrat kompleks diambil dari quinoa, oatmeal, beras merah, dan kentang yang juga kaya serat dan nutrisi. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat sehingga menjaga energi tetap stabil dan mengurangi rasa lapar lebih lama. 

6 dari 6 halaman

5. Minum Air Putih Lebih Banyak

Minum Air Putih Lebih Banyak saat Mencoba Clean Eating | copyright freepik

Clean eating yang baik kuncinya ada pada minuman yang dilibatkan. Ganti minuman manismu dengan air putih. Air membantu tubuh tetap terhidrasi dan mendukung fungsi organ dengan baik. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon, mentimun, atau daun mint untuk sensasi lebih segar tanpa gula. 

Memulai clean eating tidak sulit kok, yuk coba dari sekarang!