Bekal Kreatif dan Sehat untuk Anak Aktif!

Ajeng Yuniarta diperbarui 29 Sep 2024, 07:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering membawakan bekal untuk sang buah hati? Bekal tak hanya bermanfaat untuk asupan si kecil saat beraktivitas namun juga sangat bermanfaat bagi anak agar ia terbiasa dengan masakan rumah yang dibawakan langsung oleh sang ibu. Dengan itu, anak akan merasa tidak perlu untuk membeli jajanan di luar dan tentunya kekhawatiran orangtua akan berkurang. 

Berikut adalah beberapa ide kreasi bekal anak yang sehat dan menarik untuk dicoba:

2 dari 5 halaman

1. Bento Box Karakter

ilustrasi bento box/copyright freepik/freepik

Dengan kreasi yang satu ini akan menambah semangat si kecil untuk memakannya dan tentu akan membuat si kecil ketagihan. Kreasi ini bisa kamu coba dengan membentuk nasi pulen menjadi karakter favorit anak seperti beruang, kelinci, atau panda. Gunakan nori untuk menambahkan kreasi menjadi lebih lucu dan potongan wortel sebagai aksesori. Tak lupa menambahkan sayuran sebagai protein pendamping yang baik untuk anak. Sajian ini tak hanya membuat anak semangat makan namun juga membuat anak aktif untuk menjalani hari karena banyaknya vitamin, protein dan karbohidrat baik yang terkandung di dalamnya.

3 dari 5 halaman

2. Roti Isi Berbentuk Karakter

ilustrasi sandwich/copyright freepik/atlascompany

Siapa bilang membawakn roti isi kepada anak harus tampak monoton dan basic? Dengan sedikit kreativitas, roti isi bisa disulap menjadi karakter yang menjadi favorit anak-anak. Roti isi satu ini beda dengan roti isi lainnya. Dengan kreasi roti gandum, keju, selai kacang atau cokelat, dan berbagai macam buah akan membawa khasiat baik untuk si kecil. Selain praktis, bekal ini juga penuh nutrisi yang bagus agar energi anak terjaga selama ia bersekolah.

4 dari 5 halaman

3. Onigiri Berbentuk Karakter

ilustrasi onigiri kid/copyright pexels/Cats Coming

Siapa bilang bola nasi khas jepang tidak bisa dibuat menjadi menarik layaknya karakter favorit anak? Onigiri atau menu santap sesuap yang dibawakan dari budaya jepang ini memang pada umumnya disajikan dengan campuran nasi, lauk pauk protein yang sehat, lalu dibungkus oleh selembar nori renyah. Namun siapa sangka? kamu bisa berkreasi sebanyak mungkin untuk membuatnya tampak menarik seperti, membentuk onigiri menjadi karakter lucu, ataupun membuat sajian lain yang menyerupai onigiri namun tetap dengan karakter khasnya yang lucu. Hidangan ini tak hanya populer karena proses pembuatannya yang mudah namun juga khasiat di dalamnya yang mampu membuat nafsu makan si kecil meningkat dan juga tentunya menyehatkan sang anak.

5 dari 5 halaman

4. Sate Buah Warna-warni

ilustrasi skewers fruit/copyright pexels/Vidal Balielo Jr.

Kreasi sate buah ini adalah pilihan tepat bagi kamu untuk menyajikan buah dalam bentuk yang menarik dan mudah dimakan oleh sang buah hati. Warnanya yang cerah menarik perhatian lalu dipadukan dengan buah lain yang berbeda akan semakin membuat anak menaruh perhatian lebih pada hidangan satu ini. Tentu kamu tak perlu khawatir, sesuap kreasi satu ini, anak akan mendapatkan asupan serat dan vitamin yang cukup untuk pertumbuhan dan pemenuhan energi mereka.

Itulah beberapa kreasi menu yang bisa menjadi inspirasi bekal si buah hati untuk menjalani hari-hati sekolahnya yang melelahkan. Selamat berkreasi!