Mengenal Manfaat Marinasi Ketiak dalam Berkegiatan Sehari-hari ⁠

Ajeng Yuniarta diperbarui 03 Okt 2024, 13:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah mendengar kata marinasi ketiak? Perawatan satu ini merupakan metode yang cukup baru muncul di permukaan sosial yang sekarang menjadi cukup populer untuk dimasukkan ke dalam list rutinitas perawatan tubuh. Pada dasarnya proses perawatannya yakni dengan memberikan campuran bahan alami ataupun bahan perawatan khusus pada ketiak lalu mendiamkannya sebentar lalu bilas untuk membantu membersihkan kuman yang menumpuk pada area lipatan tesrebut, sehingga nantinya akan membuat kulit tersebut segar.

Metode ini tak hanya membantu kesegaran ketiak namun juga memberikan manfaat pada kesehatan kulit. Yuk, simal ulasan lengkapnya berikut ini!

2 dari 5 halaman

1. Mencerahkan kulit

Ilustrasi Ketiak Credit: pexels.com/Godisable

Beberapa bahan marinasi layaknya lemon atau baking soda dapat membantu area ketiak kita yang cukup gelap menjadi lebih cerah. Bahan aktif tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada lipatan dan memperbaiki penampilan kulit menjadi lebih bersinar. Dengan ini, kamu akan menjadi lebih percaya diri untuk memamerkan ketiak dan tidak pusing lagi saat harus menggunakan baju model terbuka yang meperlihatkan lipatan ketiak kita.

3 dari 5 halaman

2. Menjaga Iritasi

Ilustrasi iritasi pada ketiak/Credit: pexels.com/Anna

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk marinasi ketiak anatar lain, aloe vera dan chamomile. Kandungan dari kedua bahan tersebut tak lain dapat menenangkan kulit yang teriritasi akibat mencukur atau selepas terjadi gesekan dengan benda tajam lainnya. 

4 dari 5 halaman

3. Menjaga Kelembapan

Ilustrasi Ketiak yang Mulus dan Bersih Credit: pexels.com/Joanna

Dengan menggunakan bahan minyak kelapa dan lidah buaya untuk proses perawatan ketiak, kelembapan kulit kamu akan terjaga. Kedua bahan tersebut mampu memberikan ketahanan kelembapan yang bisa mengurangi risiko kulit kering atau kulit iritasi.

5 dari 5 halaman

4. Mengurangi Bau Badan

Kulit ketiak. (Foto: j comp on Freepik)

Coba marinasi dengan bahan cuka apel atau lemon dalam campuran marinasi kamu, maka bakteri yang membandel akan seketika hilang. Marinasi ketiak dengan menggunakan kedua bahan antibakteri alami tersebut dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan munculnya bau pada ketiak kita.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapat saat kamu memberikan perhatian lebih pada perawatan ketiakmu. Dengan bahan-bahan alami yang disebutkan di atas tak hanya memberikan kesegaran namun juga menyehatkan kulit kamu. Tentu kamu juga harus memperhatikan reaksi kulit yang terjadi saat kamu melakukan marinasi. Selamat mencoba!