6 Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur

Oktavia Manuela diperbarui 01 Okt 2024, 17:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Di tengah era multitasking yang semakin cepat, perempuan modern sering kali dihadapkan pada berbagai tugas yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat. Mulai dari pekerjaan kantor, urusan pribadi, hingga kewajiban sosial, semuanya menuntut perhatian sekaligus. Agar tidak kewalahan, mengelola waktu dengan baik menjadi kunci. Berikut beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan agar tetap produktif tanpa merasa terbebani.

2 dari 7 halaman

Prioritaskan Tugas Berdasarkan Urgensi

Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin TeraturTips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur copyright/Pexels/Antoni Shkraba

Terkadang, keinginan untuk menyelesaikan semua hal dalam satu waktu justru membuat kita kewalahan. Penting untuk memahami mana tugas yang paling mendesak dan membutuhkan perhatian segera. Buatlah daftar prioritas dan fokus menyelesaikan satu tugas sebelum berpindah ke yang lain.

3 dari 7 halaman

Gunakan Teknik Time Blocking

Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin TeraturTips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur copyright/azerbaijan_stockers

Cobalah teknik time blocking yang ampuh dalam membantu membagi waktu. Dengan cara ini, kamu bisa mengalokasikan waktu tertentu untuk satu jenis tugas saja. Misalnya, pagi untuk pekerjaan kantor, dan sore untuk menyelesaikan tugas pribadi. Ini akan membantu kamu lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi oleh hal lain.

4 dari 7 halaman

Manfaatkan Aplikasi Pengelolaan Waktu

Bekerja./Copyright freepik.com/author/tirachardz

Era digital memudahkan kita dalam banyak hal, termasuk mengelola waktu. Ada banyak aplikasi seperti Notion atau Google Calendar yang bisa membantu kamu mengatur jadwal, deadline, dan tugas dengan lebih rapi. Tak hanya itu, fitur reminder akan membantu kamu untuk tetap sesuai rencana.

5 dari 7 halaman

Jangan Memaksakan Multitasking Berlebihan

Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin TeraturTips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur copyright/Freepik/benzoix

Multitasking memang sering kali dianggap produktif, namun penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak berpindah tugas justru mengurangi fokus dan hasil kerja. Saat tugas memerlukan perhatian penuh, coba fokus pada satu hal saja hingga selesai, baru lanjutkan ke tugas berikutnya.

6 dari 7 halaman

Sediakan Waktu untuk Istirahat

Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin TeraturTips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur copyright/Freepik/

Agar produktivitas tetap optimal, jangan lupa untuk menyediakan waktu istirahat. Jeda singkat setelah menyelesaikan tugas akan membantu pikiran kembali segar dan siap melanjutkan aktivitas berikutnya. Kamu bisa mencoba teknik Pomodoro, bekerja selama 25 menit dan beristirahat 5 menit untuk menjaga keseimbangan.

7 dari 7 halaman

Evaluasi Kebiasaan Harianmu

Tips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin TeraturTips Mengelola Waktu di Era Multitasking, Biar Hidup Makin Teratur copyright/Freepik/lookstudio

Tidak jarang, waktu kita tersita untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting. Evaluasi kebiasaan harianmu, apakah ada aktivitas yang bisa dikurangi atau dihilangkan agar lebih efisien? Dengan mengurangi hal-hal yang tidak mendesak, kamu bisa lebih fokus pada tugas yang memang membutuhkan perhatian lebih.

Di era multitasking seperti sekarang ini, penting untuk bisa mengatur waktu dengan bijak. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu bisa lebih mudah menyeimbangkan berbagai tugas tanpa merasa terbebani. Ingat, multitasking boleh, tapi jangan sampai kualitas pekerjaan dan keseimbangan hidupmu terganggu.