Tips Bonding Sehat ala Nikita Willy agar Anak Merasa Nyaman dan Tentram Hingga Atasi Anak Tantrum

Virlia Sakina diperbarui 18 Sep 2024, 18:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan Nikita Willy? Aktris cantik yang telah malang-melintang di dunia hiburan Indonesia, kini juga dikenal sebagai seorang ibu yang penuh perhatian. Selain kariernya yang cemerlang, Nikita kini juga disibukkan dengan peran barunya sebagai ibu dari Issa, buah hati yang sangat ia cintai dan tengah mengandung anak ke duanya.

Nikita Willy, sebagai seorang ibu aktif, turut membagikan pengalamannya dalam membangun hubungan yang dekat dengan anaknya. Lewat momen bermain dan rutinitas sederhana, seperti membacakan dongeng sebelum tidur, Nikita menekankan bahwa hal-hal kecil yang dilakukan secara konsisten dapat memberikan dampak besar bagi perkembangan emosional si kecil.

Bonding sehat memegang peranan kunci, tidak hanya untuk perkembangan emosional, tetapi juga sebagai fondasi penting bagi masa depan anak. Dalam sesi yang dipimpin oleh Nikita Willy, para orang tua diajak untuk memahami bahwa menciptakan bonding yang berkualitas tidak harus rumit. Dalam acara “Playdate with Nikita Willy & Baby Issa” di Kuningan City, Nikita membagikan beberapa tips bonding sehat bersama si kecil.

What's On Fimela
2 dari 4 halaman

Nikita Willy Bagikan Tips Bonding Sehat Bersama si Kecil

Nikita Willy dalam acara “Playdate with Nikita Willy & Baby Issa” (Fimela/Virlia Sakina Ramada).

Aktivitas sederhana seperti bermain bersama, membacakan cerita sebelum tidur, atau bahkan menemani si kecil saat makan bisa menjadi momen berharga untuk mempererat hubungan. Menurut Nikita, konsistensi dalam meluangkan waktu adalah kunci utama agar anak merasa diperhatikan dan memiliki ikatan yang kuat dengan orang tuanya.

"Satu anak minimal 30 menit setiap hari, tapi harus on point kayak 30 menit itu kita bersama satu anak tanpa handphone, tanpa distraksi apapun itu. Itu udah cukup banget, sih, untuk healing dan bonding. Jadi, kayak nggak perlu kita cari waktu sebanyak mungkin, tapi cukup 30 menit aja satu anak, itu udah cukup," ungkap Nikita Willy.

Nikita percaya bahwa dalam proses parenting, kunci utamanya adalah menikmati setiap momen bersama anak. “Sebagai ibu, aku ingin selalu ada untuk anakku, meskipun aku juga punya pekerjaan. Bagiku, hal terpenting adalah menciptakan momen yang berharga dan berkualitas saat bersama anak,” ungkapnya.

Di tengah padatnya jadwal kerja, Nikita Willy tetap menempatkan anak sebagai prioritas utamanya. Baginya, bukan seberapa banyak waktu yang dihabiskan bersama, melainkan bagaimana membuat waktu tersebut bermakna.

“Aku selalu berusaha memanfaatkan setiap waktu yang aku punya untuk anak. Meski hanya sebentar, usahain sediain waktu sebelum kita bekerja atau setelah bekerja, kayak sarapan bersama anak, atau setelah pulang kerja kayak makan malam bersama anak, kita mandiin anak, makan sama anak, bacain dongeng sebelum anak tidur menurut aku itu udah cukup banget. Yang penting, momen itu benar-benar aku dedikasikan untuknya,” jelas Nikita.

3 dari 4 halaman

Nikita Willy Bagikan Tips Atasi Anak Tantrum

Nikita Willy dalam acara “Playdate with Nikita Willy & Baby Issa” (Virlia Sakina Ramada).

Menghadapi anak yang tantrum bisa menjadi tantangan besar bagi orang tua. Namun, penting untuk diingat bahwa tantrum adalah bagian normal dari perkembangan anak, terutama di usia dini. Untuk itu, Nikita Willy menyampaikan sedikit tips untuk menjauhkan si kecil dari tantrum.

“Sebelum mulai bekerja kita siapkan atau membuat rutinitas yang konsisten bagi kita dan anak kita. Contohnya, kayak kita tau anak kita bangun jam berapa, makan jam berapa, sekolah jam berapa, makan siang jam berapa, tidur siang jam berapa, pokoknya rutinitas konsisten itu yang memang kita ulang setiap hari karena anak-anak itu suka banget sama rutinitas yang konsisten. Dan research juga mengatakan rutinitas yang konsisten itu akan menjauhkan anak-anak kita dari tantrum.” ucap Nikita.

Setiap anak memiliki perkembangan yang unik, dan Nikita sangat memahami hal ini. Menurutnya, penting bagi orang tua untuk mendukung pertumbuhan anak dengan penuh kesabaran dan pengertian. Alih-alih memaksakan anak untuk mencapai sesuatu sesuai standar, Nikita justru memberikan ruang bagi anaknya untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya sendiri. Hal itulah yang menjadikan bonding bersama si kecil menjadi terasa nyaman dan tentram.

 

4 dari 4 halaman

Playdate with Nikita Willy & Baby Issa

Nikita Willy dan Baby Issa dalam acara “Playdate with Nikita Willy & Baby Issa” (Virlia Sakina Ramada).

Baby HUKI sebagai merek perlengkapan bayi yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun, percaya bahwa momen berkualitas antara orang tua dan si kecil sangat penting untuk menciptakan bonding yang kuat. Oleh karena itu, Baby HUKI mengadakan kegiatan Playdate bersama Nikita Willy dan Baby Issa untuk memberikan edukasi pada orang tua mengenai pentingnya bonding yang sehat dengan si kecil melalui berbagai aktivitas interaktif

Nikita juga menambahkan pentingnya memilih produk yang mendukung kenyamanan dan kesehatan anak selama momen bonding, “Bagi saya, memilih produk yang aman dan berkualitas sangat membantu dalam menciptakan momen yang berkualitas dengan Issa. Seperti botol Baby HUKI, dengan desain karakter lucu yang sering menarik perhatian Issa, membuatnya lebih bersemangat saat makan dan minum. Hal ini membuat momen kami jadi terasa lebih spesial, dan dengan dot orthodontic yang telah teruji klinis, membuat saya tidak perlu khawatir tentang kesehatan giginya,” pungkas Nikita.