5 Manfaat Positif Selalu Dress Well di Tiap Kesempatan

Arawinda Dea Alisia diperbarui 28 Sep 2024, 12:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Pola pikir yang memandang wanita berpenampilan cantik karena ingin genit haruslah dibuang jauh-jauh mulai sekarang. Berpakaian dengan baik atau sering disebut dress well menjadi salah satu aspek penting bagi banyak perempuan. Bukan hanya tentang mengikuti tren atau bergaya menarik, ternyata dress well bisa mencakup beragam alasan psikologis, sosial, hingga personal. 

What's On Fimela
2 dari 6 halaman

1. Ekspresi Diri dan Identitas

Ekspresi Diri dan Identitas Melalui Berpakaian dengan Baik | copyright freepik

Pakaian sejatinya dapat membentuk identitas pribadi. Menunjukkan nilai, kepribadian, dan preferensi seseorang. Hal ini dapat membantu mengekspresikan siapa mereka dan apa yang sedang mereka rasakan. Ada beberapa wanita lebih menyukai gaya kasual, namun ada pula yang merasa lebih percaya diri dengan tampilan elegan atau chic. Semua itu sah sah saja, dan normal untuk mendefinisikan diri kamu. Asalkan, kamu tidak dipengaruhi orang lain hingga kehilangan diri sendiri. 

Contohnya pengekspresian diri melalui cara berpakaian ketika seseorang mengenakan gaun formal karena ingin menampilkan sisi profesionalnya. Adapun mereka yang menggunakan pakaian kasual seperti boho ingin menonjolkan sifat artistik dan bebasnya. 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Dress Well | copyright freepik

Kepercayaan diri memang tidak bisa dipungkiri datang dari dalam diri seseorang. Pakaian yang sesuai dan stylish dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan lebih baik. Saat merasa puas dengan penampilannya, orang akan cenderung tampil PD tanpa mengkhawatirkan lainnya. 

Penampilan yang menarik dapat mendorong psikologis yang membuat seseorang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan. Itulah mengapa perempuan lebih nyaman ketika berpakaian sesuai dengan standar diri mereka. Apakah Sahabat Fimela juga demikian?

4 dari 6 halaman

3. Mencerminkan Profesionalisme

Berpakaian yang Baik Mencerminkan Profesionalisme | copyright freepik

Pada lingkungan kerja, berpakaian baik sering menjadi tanda profesionalisme seseorang. Cukup tampil dengan rapi dan modis, menunjukkan seseorang memperhatikan detail dan memiliki sikap yang serius terhadap tanggung jawab yang diemban. 

Dalam dunia bisnis, ada istilah “dress for success” ternyata bukan sekadar pepatah lalu. Berpakaian dengan baik mampu memberi kesan positif terutama jika menghadiri pertemuan penting atau wawancara kerja. 

5 dari 6 halaman

4. Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Diri Sendiri dan Orang Lain

Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Diri Sendiri dan Orang Lain | copyright freepik

Berpakaian dengan baik dianggap sebagai bentuk penghormatan diri sendiri dan orang lain. Meluangkan waktu untuk merawat penampilan, menunjukkan kamu peduli terhadap bagaimana kamu membawa dirimu sendiri dan bagaimana dipandang orang lain. Contohnya ketika sedang wawancara kerja, berpakaian dengan baik memberi sinyal kepada pewawancara bahwa kamu serius dengan kesempatan tersebut dan menghargai waktu mereka. 

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Mood dan Produktivitas

Berpakaian dengan Baik Mampu Meningkatkan Mood dan Produktivitas | copyright freepik

Percaya atau tidak, berpenampilan dengan baik mampu meningkatkan mood, loh. Mengenakan pakaian yang sesuai dengan suasana hati dapat membantu mengatur emosi, yang berkesinambungan dengan peningkatan produktivitas kerja. Misalnya, dengan berpakaian cerah, mampu meningkatkan suasana hati. Dengan pakaian rapi dan formal, bisa memberikan rasa disiplin dan tanggung jawab. 

Dress well atau berpakaian dengan baik bukan hanya tentang pandangan orang lain, tapi bagaimana kamu menyampaikan ekspresi dirimu agar lebih terpancar. Apa gaya pakaian Sahabat Fimela hari ini?