3 Resep Cemilan Manis Favorit Anak, Kreasi Istimewa yang Nggak Bikin Bosan!

Gloria Trivena May Ary pada 17 Sep 2024, 16:52 WIB

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang semua camilan sehat untuk anak itu membosankan? Padahal, bila dibuat dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang tepat serta berkualitas, camilan sehat bisa berubah menjadi hidangan istimewa yang disukai anak-anak. Bukan cuma itu saja, camilan yang ibu bikin sendiri pun juga akan terjamin kebersihannya. Sehingga, nggak perlu khawatir lagi untuk memberikan ragam camilan yang anak inginkan.

Akan tetapi, camilan sehat dan nikmat seperti apa sih yang bisa dikreasikan sendiri di rumah? Jangan khawatir, karena ada beberapa hidangan mudah yang dapat ibu coba buat sendiri. Mau tahu apa saja itu? Yuk, intip resepnya di sini.

2 dari 4 halaman

1. Tart Buah

Ilustrasi tart buah. (c)iuliia_n/Depositphotos.com

Camilan sehat dan enak buat anak yang pertama adalah tart buah. Dengan rasa manis dan segar buah yang saling melengkapi, dijamin bikin anak ketagihan saat menyantapnya. Buat yang penasaran, berikut ini cara membuatnya.

Bahan kulit Tart:

250 gr tepung terigu protein sedang

80 gr gula halus

125 gr mentega cair yang sudah dingin

2 butir kuning telur

¾ sdt garam

Bahan vla cream:

450 ml susu full cream

80 gr gula halus

4 butir kuning telur

25 gr tepung terigu

20 gr tepung maizena

30 gr mentega

2 sdt perisa vanilla

½ sdt garam

Topping:

Anggur

Strawberry

Cara membuat:

- Campurkan semua bahan kulit tart hingga rata. Setelah itu, diamkan adonan yang sudah kalis selama 30 menit.

- Ambil adonan seberat 25 gram. Kemudian, cetak pada loyang kulit tart. Jika sudah, tusuk adonan kulit tart tersebut dengan garpu. Lalu, panggang di temperatur 170 derajat dengan api atas bawah selama 15 menit

- Sembari menunggu kulit tart matang, kamu bisa membuat bahan vlanya. Caranya, masukkan susu ke dalam panci dengan api kecil. 

- Lalu, siapkan wadah terpisah dan campurkan tepung terigu, gula halus, tepung maizena, kuning telur, dan perisa vanilla. 

-  Setelah adonan merata, masukkan susu yang sudah dimasak tadi ke dalam adonan sedikit demi sedikit agar telur nggak matang. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

- Tuang adonan ke dalam panci kembali dan masak dengan api kecil. Jangan lupa diaduk sampai adonan mengental. Setelahnya, masukkan mentega, dan aduk rata.

- Setelah konsistensi dirasa cukup, angkat dan pindahkan ke wadah. Diamkan sebentar di suhu ruang. Jangan lupa tutup dengan plastik yang menenyentuh bagian vlanya agar nggak menjadi kerak. Kemudian, simpan di lemari es.

- Untuk topping buah-buahannya cukup dipotong tipis sesuai selera. 

- Langkah terakhir, masukkan vla yang sudah dingin ke dalam kulit tart. Setelah itu, hias menggunakan buah-buahan yang sudah dipotong tipis.

3 dari 4 halaman

2. Green Tea Pancake

Green tea pancake. (c)bhofack2/Depositphotos.com

Green tea pancake juga bisa jadi camilan anak yang sehat dan nggak membosankan. Dengan warna hijau yang cantik dan aroma yang menggiurkan, dijamin hidangan ini bakal menarik perhatian si kecil. Intip cara membuatnya, yuk!

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu protein sedang 

320 ml susu UHT

2 sdm gula pasir

1 sdm green tea powder

1 sdt baking powder 

Sejumput garam

1 butir telur

Topping:

Cream cheese

Madu secukupnya

Cara membuat:

- Campurkan tepung terigu protein sedang, gula pasir, green tea powder, baking powder, dan garam. Aduk hingga merata dan tambahkan telur ke dalamnya. Jika sudah tercampur, tuangkan susu UHT sedikit demi sedikit.

- Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Setelah itu, tuangkan 1 sendok sayur adonan pancake ke atas wajan.

- Jika bagian bawah sudah matang, jangan lupa membalikkan bagian atasnya. Tunggu kembali hingga pancake matang.

- Jika adonan sudah habis, tumpuk pancake dengan jumlah sesuai selera. Setelah itu, oles dengan cream cheese dan madu sesuai selera. Sajikan. 

4 dari 4 halaman

3. Honeydew Roll Cake

Honeydew Roll Cake. (c)nungning20/Depositphotos.com

Ide camilan anak yang enak dan sehat selanjutnya juga bisa ibu wujudkan dalam kreasi honeydew roll cake. Dengan warna cantik yang memanjakan mata, dijamin bikin si kecil penasaran untuk mencicipinya. Rasa manis yang nggak berlebihan pun pastinya mampu membuat anak makin lahap saat menyantapnya. Mari intip dulu cara membuatnya!

Bahan roll cake:

100 gram tepung terigu protein sedang

120 gram gula pasir

20 gram tepung maizena

40 gram susu cair

50 gram minyak sayur

60 gram sirup melon

5 gram baking powder

6 butir putih telur

6 butir kuning telur

Vanilla essence secukupnya 

Pewarna makanan hijau secukupnya 

Bahan lainnya:

Potongan buah melon, sirup melon dan whipping cream

Cara membuat:

- Campurkan putih telur, baking soda, dan gula pasir menggunakan mixer. 

- Jika sudah cukup mengembang, tambahkan kuning telur satu per satu dan jangan lupa diaduk kembali secara perlahan.

- Masukkan tepung terigu protein sedang dan tepung maizena. 

- Setelah itu, tambahkan vanilla essence, susu cair, minyak sayur, dan sirup melon. Aduk kembali dengan mixer hingga tercampur rata.

- Jika sudah, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan hijau. Aduk kembali hingga warnanya tercampur dengan sempurna.

- Masukkan adonan ke loyang persegi panjang yang sudah dilapisi dengan baking paper. Oven dengan api atas bawah selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.

- Untuk filling, campurkan whipping cream dan sirup melon hingga merata. Lalu, oleskan ke adonan kue yang sudah matang tadi.

- Beri potongan-potongan melon kecil di atasnya dan gulung kue yang sudah jadi tersebut.

- Potong-potong kue sesuai selera dan Honeydew Roll Cake siap dihidangkan sebagai camilan bagi si kecil.

Tepung terigu Kompas

Nah, lihat sendiri kan, camilan sehat untuk anak nggak selamanya membosankan asal dikreasikan dengan tepung terigu yang menghadirkan rasa nikmat sekaligus penuh nutrisi. Sebagai rekomendasi, ibu bisa memilih tepung terigu Kompas yang diperkaya dengan protein dan berbagai vitamin yang mampu dukung proses tumbuh dan kembang si kecil.

Salah satu produk Interflour ini terbuat dari gandum pilihan, sehingga menghasilkan tepung terigu yang bergizi dan kaya nutrisi. Di sisi lain, tepung terigu dengan kandungan protein sedang ini pun juga cocok digunakan dalam berbagai hidangan. Mulai dari roti manis, donat, mie, martabak manis, hingga aneka jajanan pasar.

Dengan menggunakan tepung terigu Kompas ini, camilan sehat pun bakal menjadi pilihan tepat untuk memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang optimal dalam setiap gigitannya. Yuk bu, andalkan tepung terigu Kompas dalam setiap kreasi camilan yang dibuat! Untuk inspirasi resep camilan sehat dan enak lainnya, dapat dicek di Instagram @sahabatkulinerinterflour. Jangan lupa pula berkunjung ke official website Interflour dengan klik link ini.