Cara Menghilangkan Belang di Wajah Akibat Berjilbab, Warna Kulit Makin Cerah dan Merata

Gloria Trivena May Ary diperbarui 17 Sep 2024, 13:46 WIB

Fimela.com, Jakarta Warna kulit wajah nggak rata alias belang seringkali jadi permasalahan yang dirasakan oleh para hijaber. Masalah satu ini biasanya timbul karena sebagian kulit lebih terpapar sinar matahari dibandingkan bagian lainnya. Adanya paparan berlebih di sebagian area wajah kemudian menyebabkan hiperpigmentasi dan membuatnya jadi tampak lebih gelap sebagian. Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab yang bisa dilakukan?

Cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab pada dasarnya sangat beragam dan bisa dilakukan dengan berbagai metode, baik dengan penggunaan produk skincare, perawatan dengan bahan alami, hingga treatment di klinik kecantikan. Meski begitu, kulit belang adalah permasalahan yang nggak bisa diselesaikan dalam jangka waktu yang begitu cepat. Untuk waktu berapa lama kulit belang kembali normal pun hanya bisa ditentukan dari ketekunan kamu dalam melakukan cara mengatasi warna kulit nggak merata. 

Oleh karena itulah, bukan pekerjaan yang mudah untuk mengembalikan kulit wajah belang karena sinar matahari. Nah, daripada berdiam diri saja dengan berharap warna kulit bisa kembali rata, mending kamu lakukan beberapa langkah ampuh ini yang dijamin bisa kembalikan warna kulit wajah belang secara bertahap. Ada apa saja sih?

1. Gunakan Sunscreen yang Mampu Menangkal Sinar UV

What's On Fimela
Manfaat menggunakan sunscreen. (c)artiemedvedev/Depositphotos.com

Kulit wajah belang karena sinar matahari sudah pasti harus segera diatasi dari akar permasalahannya. Jika penyebab kulit wajah belang memang karena paparan sinar matahari, maka kamu wajib menggunakan sunscreen atau tabir surya sebagai solusinya. Mengapa produk skincare yang satu ini begitu penting untuk kembalikan warna kulit menjadi rata?

Perlu diketahui bahwa cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab dengan sunscreen merupakan langkah ampuh yang dapat dicoba. Pasalnya, produk skincare ini bisa diandalkan untuk menangkal sinar UV matahari, yang juga adalah sumber berbagai permasalahan pada kulit, termasuk warna kulit wajah belang. 

Sunscreen sendiri bekerja dengan membuat lapisan pelindung pada permukaan kulit wajah. Adanya pelindung ini bisa memfilter UVA dan UVB agar nggak merusak lapisan kulit kamu. Bukan cuma itu, beberapa produk sunscreen pun kini sudah dilengkapi dengan pelembap. Sehingga, kulitmu bukan cuma bisa terlindungi, tetapi juga membuatnya tampak lebih lembap serta lembut. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 35 sebagai cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab.

2. Pakai Pelembap yang Cocok dengan Kulit

Meskipun beberapa sunscreen sudah dilengkapi dengan khasiat melembapkan kulit, namun itu nggak akan cukup untuk meratakan kulit wajah belang karena sinar matahari. Maka dari itu, kamu membutuhkan produk pelembap yang tepat sebagai cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab.

Mengandalkan pelembap untuk meratakan kulit belang adalah salah satu cara efektif yang bisa kamu coba. Sebab, produk skincare ini membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit, serta mencegah kulit kering yang dapat memperburuk belang. Selain itu, pelembap juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mempercepat proses regenerasi sel. Meski begitu, nggak semua produk pelembap dapat kamu coba, ya.

Memilih pelembap pada dasarnya memang nggak bisa sembarangan. Sebab, kamu harus memperhatikan jenis kulit dan kebutuhan kulit itu sendiri. Sebagai saran untuk mempercepat pemulihan kulit yang belang, kamu dapat memilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, ceramide, atau glycerin. Berbagai bahan tersebut punya khasiat yang efektif dalam menjaga kelembapan kulit. 

3. Cuci Muka dengan Teratur

Ilustrasi mencuci wajah. (c)ryanking999/Depositphotos.com

Kulit wajah yang belang bisa semakin parah keadaannya bila terpapar debu dan polusi. Untuk mencegah hal ini, kamu perlu rutin mencuci muka agar bisa terbebas dari paparan radikal bebas yang ada di luaran sana. Dengan menjaga kebersihan menggunakan cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab seperti ini, kamu pasti dapat mengatasi warna kulit nggak rata dengan lebih cepat.

Selain menghilangkan kulit belang wajah, mencuci wajah dengan face washer yang tepat juga akan bikin pori-pori kulit mengecil dan bikin penyerapan produk skincare lainnya menjadi lebih maksimal. Dengan begitu, kulit kamu bakal lebih sehat, cantik, dan glowing. Tetapi, produk face wash seperti apa yang kamu butuhkan untuk membersihkan wajah secara maksimal?

Dalam memilih sabun cuci wajah yang baik, kamu wajib memperhatikan aneka ragam kandungan yang ada di dalamnya. Produk face wash untuk mengurangi kulit belang adalah yang memiliki formula yang lembut dan bebas dari bahan iritan. Selain itu, bila kulit kamu sering terpapar polusi, pilih face wash yang memiliki sifat antioksidan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Bagi yang memiliki masalah jerawat, carilah face wash dengan kandungan anti-bakteri atau non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori. Cuci wajah minimal dua kali sehari untuk manfaat kebersihan yang baik.

4. Lakukan Eksfoliasi Kulit Belang Pada Wajah

Apabila kulit wajah menjadi belang karena menggunakan hijab, maka kamu bisa mengatasinya dengan rutin melakukan eksfoliasi. Cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab ini dapat bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membuatnya lebih bersih dan cerah. Merawat wajah dengan eksfoliasi kulit belang secara rutin pun dapat membantu mengecilkan pori-pori dan menyedot sebum berlebih yang bikin wajah jadi tampak kusam.

Namun, sebelum menghilangkan kulit belang wajah dengan bantuan eksfoliasi, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui lebih dulu agar hasil perawatan bisa lebih maksimal. Pertama, kamu wajib menggunakan produk eksfoliasi kulit belang hanya di malam hari. Ini karena kulit akan menjadi lebih sensitif, termasuk pada paparan sinar matahari di siang hari, sehabis melakukan eksfoliasi.

Selain itu, cucilah wajah dengan produk face wash yang tepat sebelum melakukan eksfoliasi kulit belang. Jika kamu sudah selesai eksfoliasi, cucilah wajah dengan air biasa dan jangan lupa aplikasikan pelembap secara merata. Untuk keesokan harinya, kamu bisa menggunakan sunscreen agar kulit wajah nggak mengalami iritasi ataupun sunburn.

5. Masukkan Glycolic Acid ke Dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Ilustrasi Glycolic Acid (c)M150photo/Depositphotos.com

Selain melakukan eksfoliasi kulit belang, kamu juga bisa memasukkan skincare yang mengandung glycolic acid ke dalam rutinitas perawatan kulit. Bahan aktif ini bermanfaat untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dan menggelap akibat hiperpigmentasi. Sehingga, sel-sel kulit baru yang segar dan lebih cerah bisa muncul ke permukaan lapisan kulit. 

Mengandalkan glycolic acid untuk mencerahkan kulit belang adalah cara yang bisa kamu lakukan. Baik itu serum, lotion, pelembab, toner, hingga masker, kandungan ini bakal memberikan khasiat luar biasa untuk kembalikan kulit cerahmu dan warna kulit yang merata. Maka dari itu, jangan ragu untuk memanfaatkan ragam kebaikan dari glycolic acid, termasuk untuk menghilangkan kulit belang wajahmu.

6. Rutin Menggunakan Masker Alami

Cara menghilangkan belang di wajah secara alami terkadang nggak harus selalu dengan penggunaan treatment atau produk yang mahal. Cukup memanfaatkan bahan-bahan alami saja, kamu sudah bisa mewujudkan warna kulit yang lebih cerah dan sehat. Ya, berbagai bahan alami, seperti madu, mentimun, tomat, lidah buaya, bengkoang, lemon, hingga kunyit memang memiliki khasiat yang bagus untuk merawat permasalahan pada kulit, termasuk meratakan warna kulit belang. 

Kandungan antioksidan, sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, serta berbagai vitamin pada bahan-bahan tersebut pun juga mampu bikin kulit wajah lebih lembap, bersih, kenyal, dan lembut saat dipegang. Selain itu, cara menghilangkan belang di wajah secara alami ini juga lebih aman dan minim akan efek samping. Dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat, kamu pastinya bisa merawat kulit secara optimal dan ekonomis, bahkan dari rumah saja. 

7. Manfaatkan Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (c)AntonMatyukha/Depositphotos.com

Bukan rahasia lagi bila minyak zaitun memiliki ragam khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan nutrisi yang amat kaya, minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan belang di wajah secara alami yang efektif. Kandungan antioksidan, seperti vitamin E, polifenol, dan fitosterol pada bahan ini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Bukan hanya itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin A dan vitamin K yang berperan penting dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru. Dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin, sel kulit mati akan terangkat dan digantikan oleh sel baru yang lebih sehat. Hasilnya, kamu bisa menghilangkan kulit belang wajah dan membuatnya jadi tampak lebih cerah serta segar seiring dengan waktu. 

8. Pakai Serum dengan Rutin

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan kulit belang adalah dengan memakai serum secara rutin. Dengan tekstur yang lebih ringan dan kandungan bahan aktif yang lebih tinggi, serum dapat menjangkau lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan begitu, kulit bisa ternutrisi dan terhidrasi dengan lebih optimal. 

Penggunaan serum yang rutin pun diketahui dapat meningkatkan regenerasi kulit. Bahan aktif seperti retinol atau asam glikolat (glycolic acid) yang sering terkandung dalam serum wajah dapat membantu mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan merangsang produksi sel-sel kulit baru. Dengan membantu regenerasi sel kulit, serum wajah mampu memperbaiki warna kulit nggak merata secara menyeluruh, menjadikannya lebih halus dan bercahaya.

9. Gunakan Hijab Berbahan Ringan

Ilustrasi perempuan dengan hijab. (c)odua/Depositphotos.com

Cara tepat selanjutnya yang bisa kamu coba untuk meratakan warna kulit belang adalah dengan menggunakan hijab berbahan ringan. Penyebab kulit wajah belang sulit untuk hilang juga bisa dipengaruhi oleh pemilihan bahan hijab. Hijab yang bikin gerah cenderung dapat membuat kulit lebih rentan terkena iritasi dan bahkan tampak lebih kusam. Sebaliknya, hijab yang berbahan ringan akan lebih nyaman bagi kulit serta bisa membantu proses perawatan warna kulit nggak merata. Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan hijab voile atau katun paris sebagai pilihan utamanya.

10. Rajin Minum Air Putih

Cara menghilangkan belang di wajah secara alami berikut ini juga nggak kalah efektifnya. Yup, dengan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh, kamu bisa membuat kulit lebih lembap dan mempercepat proses pemulihan warna kulit nggak merata. 

Asal kamu tahu bahwa kulit membutuhkan air yang cukup untuk mendukung proses regenerasi sel kulit yang sehat. Sel-sel kulit baru yang sehat akan menggantikan sel-sel kulit mati, dan ini berperan penting dalam menjaga kulit tetap cerah dan merata. Tetapi, apa jadinya bila tubuh kekurangan air? Tentu proses regenerasi akan melambat, yang bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan membuat kulit tampak kusam serta tidak merata. Inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab kulit wajah belang sukar untuk diatasi.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk minum air putih yang cukup agar kulitmu bisa senantiasa sehat dan cantik. Setidaknya, minum air putih sehabis makan pagi, siang, dan malam. Dengan melakukan kebiasaan baik ini, pastinya kulit belang akan bisa memudar dan rata seiring berjalannya waktu. 

Mengatasi belang di wajah akibat berjilbab membutuhkan perawatan yang konsisten dan pemilihan produk yang tepat. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat mengembalikan warna kulit yang cerah dan merata. Tetap disiplin dalam perawatan ini agar hasilnya bisa terlihat lebih cepat dan optimal.