4 Alasan Gen Z Memilih Photobox untuk Mengabadikan Momen

Ajeng Yuniarta diperbarui 23 Sep 2024, 10:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela sering foto bersama ramai-ramai di photobox ataupun photobooth? Photobox atau photobooth ialah bilik kecil di mana kita bisa mengabadikan momen bersama di sana, bisa dengan teman, sahabat, keluarga, pasangan, ataupun yang lainnya. Tren ini telah lama muncul di permukaan sosial sejak 1889 dan masih kerap menjadi fenomena pengulangan di beberapa tahun tertentu, khususnya di akhir-akhir tahun ini. Dari pembayarannya yang bermula melalui koin hingga sekarang bisa dibayar dengan scan pembayaran digital, kepopuleran bilik foto ini tak lekang oleh waktu. 

Pemakaiannya pun sekarang sudah sangat beragam, tak hanya di pinggir jalan saya atau di beberapa pusat kota saja, namun kita bahkan bisa memesan kapanpun di acara yang kita selenggarakan seperti, acara perayaan wisuda, ulang tahun, pernikahan, ataupun kegiatan lain, pengalaman photobooth selalu hadir.

Lantas, apa sih yang menjadi alasan masyarakat terkhusus Gen Z gemar mengabadikan momen melalui photobox? Yuk, simak ulasannya berikut!

2 dari 5 halaman

1. Sistem Praktis dan Efesiensi Waktu

ilustrasi photobooth/copyright pexels/cottonbro Studio

Cara kerja pemakaian photobox dapat dibilang cukup pratis, mudah, dan cepat. Kita sebagai pembeli hanya perlu masuk saja ke bilik tersebut, me-scan barcode yang tertera di layar untuk melakukan pembayaran, setelahnya kita hanya perlu berpose lalu memilih frame hingga akhirnya hasil cetak yang kita tunggu-tunggu akan keluar. Bahkan pada umumnya, setiap pembayaran akan menghasilkan dua buah hasil print out yang tak hanya menghemat budget yang kita punya, namun kita juga bisa sharing dengan partner kita. Sistem yang tergolong mudah ini menjadi pengaruh paling utama alasan dibalik remaja masa kini gemar photo booth.

3 dari 5 halaman

2. Properti yang Mendukung

ilustrasi photobooth/copyright freepik/freepik

Pada umumnya, di setiap bilik photobox akan menyediakan beragam aksesoris, properti ataupun item yang menunjang kreativitas kita sebagai remaja untuk menggunakannya dalam berpose. Dengan memanfaatkan properti tersebut, tangkapan gambar yang keluar nantinya akan tampak semakin menarik dan inovatif. Tak hanya sampai situ, momen saat rekan-rekan kita mencoba beragam pose lucu dengan properti tersebut dibarengi dengan gelak tawa yang terdengar, akan memberikan kesan tersendiri bagi kita. Setiap kita melihat hasil print out foto tersebut, momen-momen membahagiakan akan terbayang di pikiran kita.

4 dari 5 halaman

3. Menjaga Privasi Pelanggan

ilustrasi photobooth/copyright pexels/cottonbro studio

Di setiap photobooth pasti memiliki tirai penutup untuk menjaga privasi kita selama proses photobooth berlangsung. Tirai ini juga sebagai petanda, jika tirainya tertutup maka ada pelanggan yang berada di dalam, begitupun sebaliknya. Dengan adanya tirai ini juga bisa memberikan kita kebebasan dalam eksplorasi berpose bersama kawan-kawan tanpa ada rasa khawatir akan mata yang tertuju pada kita.

5 dari 5 halaman

4. Hasil Memuaskan

ilustrasi photo strip/copyright pexels/cottonbro studio

Sesaat setelah kita berpose dan memilih frame, secara otomatis, hasil foto kita tadi akan keluar print outnya. Pada umumnya, hasil yang keluar tidak hanya dalam bentuk fisik saja, namun juga kita mendapat hasil digitalnya melalui pengiriman di alamat surel kita. Hal ini membuat photobooth semakin digemari oleh masyarakat khususnya kaum remaja.

Itulah beberapa alasan dibalik kegemaran Gen Z terhadap photobooth. Tunggu apalagi Sahabat Fimela? Yuk, kunjungi photobooth terdekat dan abadikan momen bersama kalian!