4 Tips Merawat Tubuh Setelah Menstruasi untuk Kembali Segar dan Energik

Ajeng Yuniarta diperbarui 17 Sep 2024, 18:34 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela merasakan penat selama masa menstruasi berlangsung? Masa mestruasi bisa menjadi fase paling melelahkan untuk perempuan. Pada masa tersebut, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri kita dengan rutin mengganti pembalut selama 2-3 kali sehari. Belum lagi dengan keram yang dirasakan bisa sangat tersiksa jika kita tidak segera mengompresnya dengan air hangat. Hal tersebutlah yang jadi alasan mengpa pada fase menstruasi energi yang kita keluarkan akan cepat terkuras habis.

Merawat tubuh setelah menstruasi penting untuk mengembalikan kebugaran dan energi yang menurun selama fase menstruasi. Berikut beberapa tips untuk membantu kamu kembali bugar dan energik setelah menstruasi!

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

1. Perawatan Kulit dan Tubuh

ilustrasi body skincare/copyright pexels/Anna Tarazevich

Rambut berminyak dan kulit kering sering kita jumpai pada saat fase menstruasi in berlangsung. Untuk itu, setelah menstruasi, perlu kita adakan jadwal tersendiri untuk perawatan kulit yang sangat kita butuhkan, tentu dengan produk-produk yang dapat menghidrasi dan menenangkan kulit. Contoh produk tersebut seperti, masker wajah atau lotion. Mandi dengan air hangan dan berendam di bath up juga menjadi opsi pintar untuk membantu tubuh kamu tenang dan rileks.

3 dari 5 halaman

2. Konsumsi Makanan Bergizi

ilustrasi salad/copyright pexels/Dana Tentis

Mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat bergizi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, biji-bijian dan masih banyak lagi, dapat menjadi opsi yang bagus untuk meningkatkan energi dan membantu penyerapan zat besi. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan bergizi ini akan membantu kamu kembali mengisi cadangan darah yang telah keluar selama fase menstruasi, sehingga dapat membugarkan kembali tubuh kita.

4 dari 5 halaman

3. Tetap Terhidrasi

ilustrasi drink water/copyright pexels/Andrea Piacquadio

Selama menstruasi, tubuh memang akan kehilangan banyak cairan, sehingga sangat penting untuk menghidrasi kembali tubuh setelahnya. Minum banyak air putih dapat membantu racun-racun yang ada pada tubuh kita hilang, serta mengembalikan kelembapan alami pada tubuh. Kamu juga biisa mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit untuk semakin membantu pemulihan secara cepat

5 dari 5 halaman

4. Atasi Rasa Lelah dengan Suplemen

ilustrasi supplement/copyright pexels/Pixabay

Jika kamu merasa makin lelah setelah fase menstruasi, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah energi seperti zat besi, vitamin B atau magnesium yang nantinya akan membantu mengurangi rasa lemas kamu dan juga meningkatkan energi. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan doktor sebelum mengonsumsi suplemen apapun itu karena arahan dari para ahli merupakan poin yang sangat penting.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa Sahabat Fimela coba untuk mengembalikan kebugaran, energi dan kesegaran setelah fase menstruasi selesai. Dengan melakukan perawatan tubuh di atas secara teratur, kamu bisa segera kembali segar dan penuh energi dalam beraktivitas.