4 Cara Ampuh Atasi Writer's Block

Ajeng Yuniarta diperbarui 20 Sep 2024, 11:35 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah kebingungan saat menulis sesuatu? tidak menemukan inspirasi untuk melanjutkan proses menulis dan merujuk pada stres terus-menerus? jika Sahabat  Fimela pernah berada dalam kondisi tersebut, bisa dikatakan bahwa kamu berada dalam kondisi Writer's Block. Kondisi ketika seorang penulis mengalami kesulian untuk mengeluarkan ide-ide tulisannya dan kesusahan memulai ataupun melanjutkan karya tulisnya.

Seseorang yang mengalami writer's block bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti stres, kecemasan akan hasil yang akan dicapai, tekanan deadline, memiliki rasa perfeksionis yang tinggi, mulai tidak percaya akan kemampuan menulisanya, dan masih banyak lagi. Untuk itu, berikut tips yang bisa Sahabat Fimela ikuti untuk keluar dari kondisi Writer's Block, simak ulasannya berikut.

2 dari 5 halaman

1. Cari Insipirasi dari Luar

ilustrasi writer/copyright pexels/ Ketut Subiyanto

Mengamati dunia di sekitar kita, membaca buku orang lain, mendengarkan lagu-lagu yang tidak biasa kita dengarkan dan menonton film di luar zona nyaman film kita bisa memicu potak kita untuk munculnya ide-ide baru. Terkadang ide baru yang fresh akan datang dari pengalaman-pengalaman atau elemen yang tidak kita duga di awal. Oleh karena itu, bukalah diri terhadap pengalaman baru di dunia luar dan coba untuk eksplor diri sekali lagi.

3 dari 5 halaman

2. Berikan Badan Kita Waktu Istirahat

ilustrasi rest/copyright pexels/Lisa Fotios

Keluar rumah, bertemu orang baru, melihat dunia di sekitar kita, membiarkan fokus pikiran kita pada hal yang lain terlebih dulu bisa menjadi upaya kita untuk keluar dari kondisi writer's block ini. Terkadang otak membutuhkan jeda untuk memproses ide dan tidak bisa langsung keluar semua. Oleh karena itu, istirahatlah sejenak, berjalan-jalan, melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran kita ter-refresh dan bisa pula memberikan sudut pandang baru terhadap ide-ide cemerlang.

4 dari 5 halaman

3. Menulis Bebas (Freewriting)

ilustrasi writer/copyright pexels/Lisa Fotios

Cobalah untuk menulis apapun yang muncul di benak pikiran kita. Tanpa khawatir akan format penulisan, ide yang perfeksionis, dan hasil akhir. Berikan tangan kita kebebasan untuk menulis apapun yang lewat dalam pikiran kita. dengan sejenak menerapkan aktivitas ini, ide-ide kita akan terus mengalir tanpa adanya tekanan ataupun rasa takut yang menghantui. Setelah itu, kamu mungkin sudah bisa menemukan ide baru yang bisa kamu kembangkan nantinya.

5 dari 5 halaman

4. Batasi Gangguan

ilustrasi writer/copyright pexels/ Valda Korpavich

Guna keluar dari zona yang dirasa melelahkan dan menyiksa, kita perlu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung produktivitas yang kita miliki. Dengan meminimalisir gangguan yang ada, seperti mematikan gawai, cari tempat yang membuat badan kita rileks dan fokus akan sangat membantu kita untuk memulai kembali menulis. Setelah bertanyalah kepada diri sendiri mengenai "Apa yang sebenarnya ingin kamu katakan di karya ini?", "Mengapa kamu ingin menulis ini?", dengan ini bisa membuat ide-ide kita mengalir.

Tantangan writer's block memang sulit untuk diatasi, namun dengan mencoba beberapa cara di atas, kamu bisa mengatasinya dan kembali ke perjalanan menulismu. Setiap penulis memiliki proses dan waktunya masing-masing, jadi yang terpenting adalah bagaimana kamu sebagai penulis harus percaya akan apa yang kamu punya!