3 Alasan di Balik Gen Z Sering Begadang dan Tidur Dini Hari

Ajeng Yuniarta diperbarui 18 Sep 2024, 19:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela pernah mengalami mata panda? dalam konteks ini bukan secara langsung mata hewan panda ya. Istilah mata panda ini sering dipakai oleh kalangan anak muda khususnya Gen Z untuk menyebut mata berkantung hitam yang sering dialami oleh seseorang yang telah melewati malam yang panjang. 

Pada umumnya, seseorang mempunyai mata panda karena ia bertahan semalaman untuk mengerjakan pekerjaan lembur atau memang genetik yang dibawakan. Namun, di jaman sekarang khususnya Gen Z banyak yang mengeluh akan munculnya kantung hitam pada matanya, padahal mayoritas Gen Z belum bekerja. Kebiasaan akan begadang dan tidur di dini hari lah yang menjadi alasan dibalik munculnya mata panda pada Gen Z. Lantas, apa saja alasan kecenderungan Gen Z sering begadang dan tidur pada dini hari? Berikut alasan-alasannya: 

2 dari 4 halaman

1. Tekanan Akademik dan Sosial

ilustrasi homework/copyright freepik/ pressfoto

Dikarenakan mayoritas Gen Z masih memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu dan mengerjakan tugas-tugas, membuat mereka cenderung memilih untuk mengerjakan tugasnya pada malam hari sampai terlelap. tekanan akan akademis dan ekspektasi yang tinggi, menyebabkan mereka berpikir terlalu keras dan dalam (overthinking) dalam menjalankan pendidikannya, terutama pada malam hari. 

3 dari 4 halaman

2. Penggunaan Media Sosial dan Teknologi

ilustrasi stay up late/copyright freepik/ freepik

Segala jenis media sosial maupun teknologi hubungannya pasti akan dekat dengan Gen Z. Hampir tidak ada Gen Z yang tidak bermain media sosial. Bahkan, dapat dikatakan pengguna tertinggi dalam suatu platform media sosial adalah Gen Z. Generasi saat ini sangat melekat dengan gawai dan media sosial. mereka sering menghabiskan waktu terutama di malam hari entah itu untuk sekedar scrolling media sosial, menonton video pendek, dan bermain game sampai suntuk. Tanpa mereka sadar, kegiatan-kegiatan tersebut dapat merusak waktu tidur mereka. 

4 dari 4 halaman

3. Fear Of Missing Out (FOMO)

ilustrasi stay up late/copyright unsplash/Manu Del Mora

Fear Of Missing Out (FOMO) atau ketakutan untuk melewatkan sesuatu adalah fenomena yang sering dialami terutama oleh para Gen Z. Dalam upaya mengejar apapun topik yang sedang ramai di media sosial, membuat para Gen Z kesulitan untuk mematikan gawai mereka. Hal ini berujung pada waktu istirahat yang tidak teratur dan tidak wajar. 

Demikian beberapa alasan dibalik kecenderungan Gen Z akan begadang dan tidur pada dini hari, apakah Sahabat Fimela pernah mengalaminya?

Tag Terkait