Seberapa Perlu Sih Orang Tua Memperhatikan Perawatan Wajah Pada Anaknya Mengalami Eksim?

Iwan Tantomi pada 20 Sep 2024, 07:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Perlukah memperhatikan perawatan wajah pada anak yang mengalami eksim? Sebagai orang tua yang anaknya mengalami eksim, mungkin sesekali pernah kepikiran hal tersebut. Seperti diketahui, eksim menjadi kondisi kulit yang umum dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, jika ada riwayat keluarga yang memiliki eksim atau kondisi kulit lainnya, risiko seseorang untuk mengalami eksim juga meningkat. 

Selain itu, eksim seringkali terkait dengan reaksi sistem imun yang berlebihan terhadap iritasi atau alergen. Sistem imun yang terlalu aktif dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang mengarah pada gejala eksim seperti kemerahan, gatal, dan kulit kering. Lingkungan juga memainkan peran penting dalam memicu eksim. Cuaca ekstrem, seperti suhu yang sangat panas atau dingin, serta kelembapan yang tinggi atau rendah, juga dapat memperburuk kondisi kulit. 

Hal ini belum ditambah dengan adanya paparan terhadap alergen seperti debu, serbuk sari, atau bahan kimia tertentu yang dapat memicu eksim. Nah, jika dikembalikan ke pertanyaan perlukah orang tua memperhatikan perawatan wajah pada anak-anak mereka yang mengalami eksim, maka jawabannya adalah hal tersebut amatlah diperlukan. Kenapa? Berikut ini alasannya!

2 dari 3 halaman

Mencegah Kulit Kering dan Iritasi

Anak-anak kerap memiliki sisa makanan yang menempel di wajah setelah makan. Membersihkan wajah secara rutin dapat menghilangkan sisa makanan ini, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk gejala eksim. Dengan membersihkan wajah secara lembut, maka dapat mengurangi risiko iritasi yang disebabkan oleh debu, kotoran, atau bahan kimia dari produk perawatan yang tidak sesuai. Selain itu, perawatan wajah dengan produk yang tepat juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, kulit yang lembap cenderung lebih sehat dan tidak mudah kering.

Mengurangi Gejala Gatal-Gatal

Salah satu gejala paling khas dari eksim adalah rasa gatal yang tidak tertahankan, terutama sering muncul pada malam hari. Rasa gatal ini dapat membuat anak merasa sangat tidak nyaman dan sulit tidur. Nah, perawatan wajah dapat membantu mengurangi gejala gatal-gatal pada anak yang mengalami eksim. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan wajah si kecil, sebab kulit yang bersih dan terawat dapat mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan akibat eksim.

Menghindari Infeksi

Anak-anak dengan eksim sering kali merasa gatal dan cenderung menggaruk kulit mereka. Menggaruk dapat menyebabkan luka pada kulit, sehingga meningkatkan risiko infeksi. Dengan melakukan perawatan wajah yang baik, seperti menjaga kebersihan dan kelembapan kulit, risiko terjadinya luka dapat diminimalkan. Selain itu, perawatan yang baik juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang mengalami eksim. Adapun kulit yang meradang lebih rentan terhadap infeksi, sehingga menjaga kesehatan kulit sangat penting.

3 dari 3 halaman

Mendukung Kesehatan Kulit Secara Menyeluruh

Lebih lanjut, perawatan wajah pada anak yang mengalami eksim juga dapat mendukung kesehatan kulitnya secara menyeluruh. Perawatan yang tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena eksim. Penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan yang mendukung penyembuhan, seperti hyaluronic acid, dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan melakukan perawatan wajah yang baik, orang tua dapat membantu anak mereka mengelola eksim dengan lebih efektif dan mendukung kesehatan kulit secara menyeluruh. 

Supaya buah hati mendapatkan perawatan wajah yang tepat, orang tua bisa berkonsultasi ke klinik kecantikan terbaik, seperti ERHA Ultimate. Kenapa? Dalam rangka World Atopic Eczema Day yang akan berlangsung pada 14 September 2024, ERHA Ultimate mendukung para ibu untuk meredakan masalah eksim sang buah hati lewat hadirnya Atopy & Skin Disease Center. Menawarkan No 1 Complete Atopy Solutions, ERHA Ultimate telah terpercaya merawat lebih dari 1.000.000 kasus eksim di Indonesia selama 25 tahun terakhir! 

ERHA Ultimate Atopy and Skin Disease Center merupakan salah satu kategori perawatan dari ERHA Ultimate untuk menangani berbagai masalah kulit sensitif, seperti eczema (eksim), psoriasis, rosacea, hingga vitiligo yang berfokus untuk mengatasi permasalahan dermatitis atopik dalam tiga kategori, yaitu Baby & Children Atopic Dermatitis sebagai solusi aman untuk kulit sensitif si kecil, Adult Atopic Dermatitis sebagai solusi cepat dan efektif untuk para orang dewasa yang produktif, serta Geriatric Atopic Dermatitis sebagai solusi untuk kulit sehat di usia emas juga untuk masalah kulit kronis.

Di ERHA Ultimate, orang tua bisa berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit berpengalaman untuk mendapatkan personalised treatment yang menyesuaikan kebutuhan anak-anak. Selain itu, semua produk oral dan topikal di ERHA Ultimate juga telah teruji klinis & BPOM sehingga aman digunakan. Perawatan wajah yang diberikan juga didukung teknologi terkini, jadi sebagai orang tua jangan ragu mengajak anak yang mengalami eksim untuk konsultasi ke ERHA Ultimate. Kamu bisa cek informasi lengkapnya dengan mengunjungi www.erhaultimate.co.id dan Instagram di @erha.ultimate, ya!