Apakah Perawatan Wajah Boleh Dilakukan oleh Penderita Eksim? Kenali Dulu Kondisi Kulitmu, Yuk!

Wuri Anggarini pada 25 Sep 2024, 09:00 WIB

Fimela.com, Jakarta Berbagai rangkaian perawatan wajah hadir untuk mewujudkan kulit glowing impian. Namun, bagi pemilik masalah kulit sensitif seperti dermatitis atopik atau yang lebih dikenal dengan eksim, pastinya jadi tantangan tersendiri. Kondisi kulit yang tampak kemerahan dan meradang ini bisa muncul di mana saja, bahkan di bagian wajah sekalipun. Lalu, bisakah penderita eksim melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan seperti yang yang dijalani oleh pemilik kulit normal lainnya? 

Hal yang perlu dipahami bagi penderita masalah kulit sensitif seperti eksim ini adalah penanganan yang tepat untuk mencegah kekambuhan atau malah kondisi yang makin parah. Jadi, rangkaian perawatan wajah yang dilakukan lebih terfokus pada proses untuk meredakan gejala eksim yang dialami dan kemungkinan terjadinya kekambuhan. Untuk memaksimalkan perawatannya, yuk kenali dulu kondisi kulitmu!

2 dari 5 halaman

Faktor Penyebab Eksim Bisa Terjadi karena Genetik

Ilustrasi kulit eksim. (c) Pormezz/Depositphotos.com

Eksim adalah kondisi peradangan pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan ruam kulit yang memerah. Dalam konteks medis, eksim sering dikenal dengan istilah dermatitis atopik. Siapapun bisa mengalami eksim kulit, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, gejalanya biasanya mulai muncul di masa anak-anak. 

Lalu, apa saja sih faktor penyebabnya? Ternyata penyakit kulit eksim bisa disebabkan karena faktor genetik, lho! Mutasi genetik yang terjadi di dalam tubuh bisa membuat sel imun tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal ini yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu yang kemudian menyebabkan munculnya berbagai gejala kulit sensitif.

Selain itu, warisan sifat genetik dalam keluarga juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab eksim. Dilansir dari situs Alodokter, seseorang akan rentan terkena eksim pada kulit jika memiliki penyakit asma atau rhinitis alergi dan memiliki anggota keluarga kandung yang menderita eksim.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Kondisi Kulit yang Mengalami Eksim?

Ilustrasi kulit eksim. (c) ryanking999/Depositphotos.com

Ada beberapa ciri-ciri eksim yang terjadi pada kulit. Biasanya penyakit eksim menimbulkan gejala khas berupa rasa gatal yang begitu hebat serta muncul ruam di beberapa bagian tubuh, terutama tangan, kaki, leher, dada, lutut, dan lipatan tubuh lain seperti siku dan ketiak.

Biasanya gejala eksim mulai terlihat sejak anak-anak, dan seringnya menghilang seiring bertambahnya usia. Eksim pada bayi di bawah usia 2 tahun, umumnya adalah timbulnya ruam di kulit kepala dan pipi, kondisi ruam yang menggelembung sebelum mengeluarkan cairan, dan ruam yang terasa gatal sehingga tidurnya jadi terganggu. Sementara itu, pada anak yang lebih besar ruam yang muncul biasanya terlihat di lipatan siku atau lutut, leher, pergelangan tangan, kaki, hingga bokong.

Sementara itu pada orang dewasa, eksim seringnya ditunjukkan dengan ruam dan kulit yang sangat kering di area yang terserang. Ruam ini juga bisa terasa gatal secara permanen, serta mengalami infeksi kulit. Kebiasaan menggaruk atau menggosok kulit yang mengalami eksim bisa membuat kondisinya semakin terlihat parah. 

4 dari 5 halaman

Kenali Faktor Pemicu Kekambuhannya

Ilustrasi eksim pada tangan. (c) ternavskaia.o@gmail.com/Depositphotos.com

Eksim sebenarnya adalah kondisi yang sangat mudah mengalami kekambuhan. Namun, ruam dan gatal eksim yang terjadi saat kambuh ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan mengenali faktor apa saja yang bisa menjadi pemicunya. Apa saja ya? 

1. Makanan yang Dikonsumsi

Pernah nggak sih setelah mengonsumsi makanan tertentu, rasa gatal atau ruam pada penderita eksim malah makin parah? Meskipun bukan menjadi faktor utama penyakit eksim, tapi ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa memperburuk gejala yang sedang kambuh. Apalagi jika si penderita punya riwayat alergi makanan. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu alergi ini antara lain makanan yang mengandung susu, kerang, hingga kacang-kacangan. 

2. Kulit yang Sangat Kering

Pemilik riwayat eksim rentan memiliki kulit yang sangat kering. Tapi, jangan didiamkan saja karena ternyata kulit yang sangat kering ini bisa membuatnya rentan terkena infeksi. Eksim yang dialami pun bisa tambah parah. Jadi, penting untuk selalu menjaga kelembapan kulit, terutama di area yang terkena eksim. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya untuk mengurangi kemungkinan masuknya kuman.

3. Bahan Kimia dalam Produk Sehari-hari

Berbagai produk rumah tangga hingga perawatan tubuh seperti deterjen, sabun cuci piring, sabun mandi, hingga parfum sebenarnya mengandung bahan kimia yang tergolong keras bagi kulit sensitif. Jika sering terpapar, kemungkinan bisa memicu kekambuhan eksim yang dialami. Jadi, penting untuk memilih produk-produk dengan formula mild atau lembut untuk mencegah efek samping yang makin parah.

4. Paparan Alergen atau Iritan

Eksim kulit yang dialami juga bisa mengalami kekambuhan akibat paparan alergen atau iritan seperti debu dan bulu binatang. Kondisi ini juga bisa semakin parah bila kamu memiliki reaksi imun yang sensitif. Selain itu, peningkatan suhu drastis seperti cuaca panas dan berkeringat juga menjadi pemicu umum munculnya ruam dan rasa gatal eksim.

5 dari 5 halaman

Apakah Pemilik Eksim Boleh Melakukan Perawatan Wajah?

Perawatan wajah yang bagus sebenarnya berfokus pada penanganan masalah kulit sesuai kebutuhan masing-masing. Bagi pemilik permasalahan kulit sensitif seperti eksim atau dermatitis atopik, rangkaian perawatan wajah dan kulit yang dilakukan adalah untuk membantu meredakan gejala eksim dan meminimalisir kekambuhannya. Dengan kulit yang tampak sehat, maka aura glowing pun bisa terpancar dengan maksimal. 

Kondisi eksim setiap orang juga bisa berbeda-beda, bahkan mungkin beberapa orang bisa memiliki lebih dari satu jenis eksim. Oleh karena itu, penting banget untuk melakukan konsultasi dengan dokter kulit agar bisa mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Tahukah kamu kalau penanganan masalah eksim juga bisa dilakukan di klinik perawatan wajah seperti ERHA Ultimate?

ERHA Ultimate.

Selain dikenal sebagai klinik kecantikan perawatan wajah, ERHA Ultimate juga menghadirkan perawatan untuk membantu meredakan eksim, lho. Dalam rangka memperingati World Atopic Eczema Day yang jatuh pada 14 September 2024, ERHA Ultimate mendukung para ibu/orang tua yang anaknya memiliki riwayat eksim, maupun orang dewasa yang mengidap eksim dengan hadirnya Atopy & Skin Disease Center sebagai No. 1 Complete Atopy Solution (No. 1 Solusi Atopy Terlengkap). ERHA Ultimate sendiri telah terpercaya merawat lebih dari 1.000.000 kasus eksim di Indonesia selama 25 tahun terakhir! 

Di ERHA Ultimate, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpengalaman untuk mencari tahu step perawatan wajah yang tepat hingga skincare perawatan wajah atau treatment yang dibutuhkan. Jadi, rangkaian perawatan wajah dan kulit yang diterima bersifat personalized treatment yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan kulit masing-masing individu. Dengan dukungan teknologi terkini, semua produk oral dan topikal di ERHA Ultimate sudah teruji klinis dan BPOM sehingga aman digunakan!

Perawatan wajah dan kulit penderita eksim yang dilakukan di ERHA Ultimate secara umum bertujuan untuk mengurangi peradangan, meredakan gatal, dan menjaga kelembapan kulit. Adapun beberapa cara yang dihadirkan ERHA Ultimate untuk mengatasi eksim antara lain dengan menggunakan Doctor Skincare atau yang dikenal dengan krim racikan, serta daily skincare yang disesuaikan dengan kondisi masalah masing-masing. Dalam kondisi tertentu, mungkin diperlukan juga medical treatment. Jadi, untuk menemukan perawatan yang tepat untuk gejala eksim yang dialami, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter kulit di ERHA Ultimate agar bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Temukan informasi lebih lengkap tentang produk perawatan wajah hingga biaya perawatan wajah yang dibutuhkan dengan follow Instagram @erha.ultimate atau langsung saja kunjungi klinik ERHA Ultimate terdekat di kotamu!