5 Ciri-ciri Orang yang Memiliki Kebiasaan Suka Menyindir Orang Lain

Gayuh Tri Pinjungwati diperbarui 29 Agu 2024, 16:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih, kamu merasa ada seseorang yang selalu membuatmu merasa kurang nyaman dengan komentarnya? Kadang, kata-kata yang diucapkan terdengar biasa saja, tapi kok rasanya seperti ada makna tersembunyi yang mengarah ke sindiran? Nah, kalau kamu pernah merasakan hal ini, bisa jadi kamu sedang berhadapan dengan orang yang suka menyindir. Yuk, kita bahas tanda-tanda halusnya di bawah ini. 

1. Komentar yang Terlihat Sepele tapi Menohok

Salah satu ciri orang yang suka menyindir adalah komentar-komentar yang terlihat sepele, namun jika diperhatikan lebih jauh, terasa ada maksud tertentu di baliknya. Misalnya, ketika kamu bercerita tentang sesuatu yang kamu banggakan, tiba-tiba dia berkomentar, “Wah, hebat ya, kalau aku sih nggak yakin bisa begitu.” Komentar ini sekilas terdengar biasa saja, tapi sebenarnya ada nada sarkasme di dalamnya yang bisa membuatmu merasa kurang nyaman.

What's On Fimela
2 dari 5 halaman

2. Menggunakan Humor untuk Menyembunyikan Sindiran

Perawatan kulit wajah sangat penting untuk menjaganya dari risiko kerusakan dari paparan sinar matahari hingga polusi. (Foto: Unsplash/Pj Go)

Orang yang suka menyindir sering kali membungkus sindirannya dengan humor. Mereka akan mengatakan sesuatu yang sebenarnya menusuk, namun diakhiri dengan tawa atau kalimat, “Cuma bercanda, kok!” Ini membuat orang lain sulit untuk menanggapinya dengan serius, karena takut dianggap terlalu sensitif atau tidak bisa menerima lelucon. Padahal, di balik humor tersebut, bisa jadi ada sindiran tajam yang sengaja diselipkan.

3 dari 5 halaman

3. Suka Membanding-bandingkan dengan Cara Terselubung

Ilustrasi pekerjaan di tengah covid-19/dok. Unsplash Brooke

Mereka yang gemar menyindir juga sering menggunakan perbandingan sebagai senjata. Misalnya, mereka bisa berkata, “Kamu sih memang hebat, beda sama orang lain yang harus kerja keras dulu.” Di sini, ada pesan tersirat bahwa orang lain harus berusaha lebih keras dari kamu, seolah-olah pencapaianmu tidak seberat yang mereka bayangkan. Perbandingan seperti ini bisa terasa menohok, meskipun dikemas dengan kalimat yang terdengar positif.

4 dari 5 halaman

4. Menggunakan Pujian yang Terdengar Aneh

ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Bach Tran on Unsplash

Sindiran halus juga bisa disampaikan melalui pujian yang terdengar aneh atau tidak pada tempatnya. Contohnya, ketika kamu berhasil melakukan sesuatu, mereka bisa berkata, “Wah, akhirnya bisa juga ya! Aku nggak nyangka.” Pujian ini terdengar seperti apresiasi, tapi di sisi lain, ada nada meremehkan yang tersirat di dalamnya. Mereka seolah menganggap pencapaianmu sebagai sesuatu yang tidak mungkin terjadi.

5 dari 5 halaman

5. Selalu Memiliki Komentar di Setiap Situasi

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Omid Armin on Unsplash

Orang yang suka menyindir biasanya selalu punya komentar di setiap situasi, terutama ketika ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Mereka mungkin akan berkata, “Oh, memang sudah diprediksi sih bakal begini.” Kalimat ini terdengar seperti sebuah observasi biasa, namun sebenarnya mengandung sindiran bahwa apa yang kamu lakukan sudah jelas-jelas akan gagal menurut mereka.

Sahabat Fimela, menghadapi orang yang suka menyindir memang bisa membuat hati nggak nyaman. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menghadapinya dengan tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Kadang, cara terbaik adalah dengan menanggapi sindiran mereka dengan humor atau sikap positif. Jika sindiran mereka sudah mulai mengganggu, jangan ragu untuk mengkomunikasikan perasaanmu secara langsung, namun tetap dengan cara yang baik dan tidak konfrontatif.

Menghadapi sindiran butuh kesabaran dan kebijaksanaan, tapi yang terpenting adalah kamu tetap merasa nyaman dan tidak terpengaruh oleh komentar-komentar yang tidak membangun. Jadilah dirimu sendiri, dan jangan biarkan sindiran orang lain merusak kebahagiaanmu!