10 Potret Pejabat dan Politisi Pakai Busana Adat saat Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka dan IKN

Hilda Irach diperbarui 17 Agu 2024, 17:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Momen perayaan HUT ke-79 RI terasa spesial lantaran digelar di dua lokasi berbeda, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Begitupun dengan kehadiran pejabat negara setingkat menteri dan politisi yang dipecah menjadi dua tempat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pejabat negara dan politisi menghadiri upacara HUT ke-79 RI mengenakan busana adat. Lebih lanjut, berikut busana adat yang dikenakan para pejabat dan politisi di Istana Merdeka dan IKN.

2 dari 11 halaman

1. Jokowi didampingi Iriana Jokowi menghadiri upacara di IKN. Keduanya kompak mengenakan baju adat Kustin, khas Kalimantan Timur.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@sekretariat.kabinet].
3 dari 11 halaman

2. Ma’ruf Amin dan sang istri Wury mengenakan busana adat Melayu Pontianak , Kalimantan Barat.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@jimboengbakoelsoto].
4 dari 11 halaman

3. Presiden terpilih Prabowo Subianto turut duduk di samping Jokowi dan Iriana. Ia hadir mengenakan baju adat Jawa Tengah berupa beskap lengkap dengan tambahan kain di bagian celana dan blangkon-nya.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@jimboengbakoelsoto].
5 dari 11 halaman

4. Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir di Istana Merdeka mengenakan pakaian adat Papua lengkap dengan aksesori-nya. Ia turut didampingi Selvi Ananda yang mengenakan baju adat Lampung.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@jimboengbakoelsoto].
6 dari 11 halaman

5. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan sang istri, Annisa Pohan kompak mengenakan busana adat Kotawaringin Barat lengkap dengan aksesori-nya.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@agusyudhoyono].
7 dari 11 halaman

6. Menteri BUMN Erick Thohir yang didampingi sang istri, Elizabeth Thohir nampak serasi mengenakan baju adat Dayak.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@aaliyah.massaid].
8 dari 11 halaman

7. Bukan cuma Erick, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono juga mengenakan kostum senada. Di sampingnya, terlihat Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengenakan busana adat Sunda, berupa kebaya, batik merak ngibing, dan cunduk mentul.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@smindrawati].
9 dari 11 halaman

8. Polisi Partai Golkar Ridwan Kamil turut menghadiri upacara di IKN mengenakan busana adat Betawi.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@ibnuwardani].
10 dari 11 halaman

9. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono dan istrinya, Aliya Rajasa menghadiri upacara di Istana Merdeka mengenakan baju Bodo., pakaian tradisional suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@ruby_26].
11 dari 11 halaman

10. Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono turut menghadiri upacara di IKN mengenakan busana adat Mentawai dan Bugis.

Lihat di sini parade busana adat dari pejabat dan politisi saat upacara HUT Ke-79 di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. [@erinagudono].