8 Tanda Sikap Orang yang Jarang Berprasangka Buruk Terhadapmu

Febi Anindya Kirana diperbarui 16 Agu 2024, 12:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali berinteraksi dengan berbagai macam orang, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja. Pasti ada saja yang mungkin berprasangka buruk terhadap kita dengan segala alasanya. Tapi ada juga di antara mereka yang selalu berprasangka baik dan tidak pernah meragukan niat serta tindakan kita. Jika mengenal orang-orang jenis kedua, sebaiknya bersyukurlah dan pertahankan relasi dengan mereka, karena merekalah yang bisa menghargaimu.

What's On Fimela

Tapi bagaimana caranya mengetahui bahwa seseorang cenderung berprasangka baik dan tidak meragukanmu? Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang tidak pernah berprasangka buruk terhadapmu.

2 dari 9 halaman

1. Selalu Memberikan Kepercayaan Penuh

ilustrasi sahabat perempuan/Photo by Rheza Aulia from Pexels

Orang yang tidak pernah berprasangka buruk terhadapmu akan dengan mudah memberikan kepercayaan penuhterhadapmu. Mereka yakin kamu tidak akan menyakiti mereka, tidak berniatan buruk atau berusaha mengambil keuntungan yang tak bertanggung jawab terhadap mereka. Mereka tidak merasa perlu untuk mengawasi atau meragukan keputusanmu karena meyakini kepribadianmu yang baik.

3 dari 9 halaman

2. Mendukung tanpa syarat

ilustrasi persahabatan/Photo by Gary Barnes from Pexels

Dukungan yang tulus dan tanpa syarat adalah salah satu tanda bahwa seseorang tidak pernah berprasangka buruk terhadapmu. Mereka selalu ada untukmu, baik dalam keadaan senang maupun sulit. Dukungan ini tidak didasarkan pada apa yang mereka dapatkan darimu atau seberapa menguntungkan kamu bagi kehidupannya, melainkan karena mereka benar-benar peduli dan ingin yang terbaik untukmu.

4 dari 9 halaman

3. Tidak mudah terpengaruh opini negatif

Ilustrasi liburan hemat bersama teman-teman. Credits: pexels.com by Artem Beliaikin

Ketika seseorang tidak berprasangka buruk terhadapmu, maka mereka tidak akan mudah terpengaruh oleh opini negatif dari orang lain. Mereka lebih memilih untuk mendengarkan langsung darimu daripada berpeskulasi tentang sesuatu yang belum pasii. Jika ada isu atau gosip yang beredar, mereka akan langsung datang padamu agar tidak menumbulkan kesalahpahaman. Mereka percaya bahwa kamu akan memberikan penjelasan yang jujur dan terbuka.

5 dari 9 halaman

4. Memaafkan dan memberi kesempatan kedua

ilustrasi pertemanan/copyright Pexels/ELEVATE

Kesalahan adalah bagian dari kehidupan, dan orang yang tidak berprasangka buruk terhadapmu akan memahami hal ini. Mereka tidak langsung menilai atau menghakimimu ketika dirimu membuat kesalahan. Sebaliknya, mereka akan memberikan ruang untuk mendengar penjelasan dan kejujuranmu serta kemauanmu yang serius untuk berubah. Mereka akan memaafkan dan memberimu kesempatan kedua karena yakin bahwa kamu bisa memperbaiki diri.

6 dari 9 halaman

5. Selalu berkomunikasi secara terbuka

ilustrasi teman/Photo by José Luis Photographer from Pexels

Komunikasi yang jujur dan terbuka adalah tanda bahwa seseorang cenderung tidak prasangka buruk padamu. Orang-orang ini akan selalu berusaha untuk mengungkapkan isi hati dan pikirannya secara terus terang sehingga kamu bisa menyikapi secara langsung dan jelas. Mereka tidak menyembunyikan perasaan atau pendapatnya, kapan pun merasa ada yang perlu dibicarakan, sepahit apa pun akan diungkapkan, karena mereka mengharapkan hal yang sama darimu, kejujuran dan keterbukaan.

7 dari 9 halaman

6. Menghargai privasimu

Ilustrasi Teman Credit: pexels.com/Elly

Menghargai privasi adalah tanda lain bahwa seseorang tidak berprasangka buruk terhadapmu. Ketika kamu tidak ingin menceritakan sisi hidupmu yang kamu anggap tak perlu dibagikan, maka mereka tak akan memaksamu untuk mengungkapkannya. Mereka juga tidak akan membicarakan itu di belakangmu. Mereka tidak merasa perlu untuk mencampuri urusan pribadimu atau mencari tahu hal-hal yangbukan ranah mereka untuk ikut campur. Mereka menghargai batasanmu.

8 dari 9 halaman

7. Menunjukkan empati dan pengertian

ilustrasi kata-kata/Asya Cusima/pexels

Orang yang tidak pernah berprasangka buruk padamu akan menunjukkan empati dan pengertiannya terhadapmu. Mereka berusaha memahami perspektifmu sehingga tidak cepat menghakimi ketika hal buruk terjadi. Empati ini membuat mereka lebih mudah untuk memaafkan dan melupakan kesalahan kecil yang mungkin kamu buat. Tapi jangan macam-macam dengan kepercayaan yang telah mereka berikan, karena seringkali empati dan pengertian itu akan sirna begitu kamu mengkhianatinya.

9 dari 9 halaman

8. Menghargaimu apa adanya

ilustrasi persahabatan/Photo by Min An from Pexels

Tanda terakhir yang menjadi pertanda bahwa orang lain tak pernah berprasangka buruk padamu adalah penghargaan terhadap dirimu yang apa adanya. Mereka justru tak suka ketika kamu pura-pura, jadilah dirimu sendiri maka mereka akan lebih bisa menerimamu. Orang yang tidak berprasangka buruk akan menerimamu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu, bukan untuk menjatuhkanmu tapi merangkulmu. Mereka tidak mencoba untuk mengubah atau menuntutmu menjadi orag lain.

Dengan mengenali tanda-tanda ini, kita dapat mengetahui siapa saja orang-orang yang tidak berprasangka buruk terhadap kita serta lebih menghargai dan menjaga hubungan yang positif dalam kehidupan kita.

#Unlocking The Limitless