11 Artis Bekerja di Luar Negeri, Ada yang Kerja Kantoran Sampai Jual Nasi Padang

Anto Karibo diperbarui 14 Agu 2024, 22:16 WIB

Fimela.com, Jakarta Sejumlah artis Indonesia memilih untuk meninggalkan dunia hiburan setelah menetap di luar negeri. Mereka pun memiliki alasan masing-masing terkait perpindahan domisili dari Indonesia ke beberapa negara.

Ada yang karena menikah, melanjutkan pendidikan, atau bahkan mengejar cita-cita baru. Karena di tempat baru, mereka pun harus menanggalkan status keartisannya dan rela menjalani pekerjaan lain.

Mereka mencoba peruntungan dengan profesi baru, yang bisa dibilang berbeda 180 derajat dengan karier keartisan saat di tanah air. Lalu siapa saja mereka yang memutuskan bekerja di luar negeri? Berikut beberapa di antaranya.

2 dari 12 halaman

Shawn Adrian

Shawn Adrian merupakan anak sulung Andi Soraya dari pernikahan pertamanya dengan Ahmad Kurnia Wibawa. [Foto: Instagram/andisorayabeatrix]

Usai menyelesaikan pendidikannya di Kanada beberapa waktu lalu, Shawn Adrian belum berniat kembali ke Indonesia. Anak sulung Andi Soraya ini ternyata telah mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur di sebuah perusahaan alat kesehatan.

3 dari 12 halaman

Tengku Firmansyah

Tengku Firmansyah perlihatkan dirinya sedang bekerja sebagai tukang besi di Kanada. (sumber: Instagram/tengku_firmansyah)

Usai kepindahannya ke Kanada bersama keluarga, Tengku Firmansyah pun memilih untuk mengambil pekerjaan di sana. Diketahui aktor yang malang melintang di dunia film dan sinetron ini memulai babak baru kehidupannya di Kanada sebagai tukang besi di perusahaan manufaktur Edmonton Exchanger.

4 dari 12 halaman

Cindy Fatikasari

Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah (Instagram/cindyfatikasari18)

Cindy Fatikasari, istri dari Tengku Firmansyah juga memilih untuk bekerja paruh waktu di Kanada. Sebagaimana keterangan anak sulungnya, Tengku Syaira Anataya, Ciindy disebutkan bekerja paruh waktu sebagai karyawan di sebuah toko ritel.

5 dari 12 halaman

Gisela Cindy

Potret rumah Gisela Cindy (Sumber: YouTube/ Gisela Cindy)

Usai lulus dari pendidikannya di Vancouver Film School Humber College itu pernah menjadi manajer di toko sepatu. Ia kini pindah ke Toronto dan menjadi manager sales untuk dua divisi, yakni marketing dan sales di salah satu perusahaan furnitur di Toronto, Kanada.

6 dari 12 halaman

Cinta Kuya

"Cinta itu dari empat apa lima tahun yang lalu, Cinta sama Nino di Indonesia udah enggak dapat uang jajan," kata Uya Kuya seperti dilansir dari YouTube Intens Investigasi. [Instagram/astridkuya]

Di tengah kesibukannya menjalani pendidikannya di Amerika Serikat, Cinta Kuya juga berusaha hidup mandiri dengan mengambil pekerjaan di negara tersebut. Ia bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran. Anak Uya Kuya ini juga sempat berjualan nasi warteg.

7 dari 12 halaman

Marissa Nasution

Potret Marissa Nasution piknik ke Bromo bareng keluarga (sumber: Instagram/marissaln)

Selain menjadi ibu rumah tangga, Marissa Nasution yang kini menetap di Singapura, aktif diundang sebagai pembicara di berbagai kesempatan. Ia kini bekerja sebagai psikolog dan public speaker di Singapura.

8 dari 12 halaman

Tya Arifin

Vakum dari Sinetron, Ini 7 Potret Tya Arifin yang Kini Jadi Istri Bangsawan (Sumber: Instagram/tyaarifinnw)

Tya Arifin dulunya sempat membintangi sinetron Preman Pensiun. Ia yang diketahui telah menetap di Malaysia, kini mengembangkan bisnis jamu bersama keluarga.

9 dari 12 halaman

Terry Putri

Terry Putri (Sumber: Instagram/terryputri)

Terry mengikuti suaminya, Derly Darmawan ke Amerika Serikat. Ketika di sana, Terry yang tak mau hanya berdiam diri, bekerja menjadi pengantar makanan. Ia pun menjadi tahu rasanya bagaimana para pengantar makanan online.

Terry Putri mengatakan selama enam bulan tinggal di Amerika Serikat mendapatkan upah yang lumayan dari pekerjaannya mengantar makanan.

10 dari 12 halaman

Lusy Rahmawati

Mantan personel AB Three yang satu ini memang jarang terlihat di dunia hiburan Indonesia. Lusi Rahmawati, bersama sang suami memutuskan untukpindah ke Australia. Perpindahannya itu ternyata memiliki alasan yang cukup kuat.(Adrian Putra/Bintang.com)

Lusy Rahmawati, mantan personil AB Three pindah ke Sydney, Australia, pada Desember 2016. Karena ingin berkegiatan, ia pun melamar pekerjaan dan tanpa sengaja masuk industri age care, pekerjaan mengurus lansia.

11 dari 12 halaman

Uli Auliani

[Instagram/uliaulianiofficial]

Uli Auliani ternyata sudah menetap dan berkarier sebagai model di Amerika Serikat. Ia pun terlibat banyak sekali sesi pemotretan dan iklan.

12 dari 12 halaman

Fanny Bauty

Artis senior berusia 57 tahun itu saat berpose di depan rumah makan yang dirintis. Perempuan empat orang anak itu menjual aneka masakan khas Indonesia. Tampak tulisan besar Waroeng Boendo warna merah. [Youtube/The Sungkars]

Fanny Bauty menikah dengan Khalid Schoemaker dan kemudian mengikut suaminya tinggal di Belanda. Awal 2023, ibunda Zaskia dan Shireen Sungkar mewujudkan impiannya buka restoran Padang.

Fanny Bauty membuka restoran Padang yang dia beri nama Waroeng Boendo pada 7 Januari 2023 di di kota kecil di Brunssum Limburg. Restoran Padang milik Fenny Bauty ternyata menyita perhatian warga lokal dan sampai sekarang masih beroperasi.