8 Tanda Kamu Menemukan Cinta yang Tulus Sejati Menenangkan Hati

Febi Anindya Kirana diperbarui 31 Jul 2024, 13:45 WIB

Fimela.com, Jakarta Ketika bertemu dengan orang-orang yang berpasangan dan menjalin cinta yang indah, kita mungkin merasa ingin memiliki hal yang sama. Banyak di antara perempuan dan laki-laki lajang di luar sana yang mungkin penasaran kapan bisa menemukan cinta sejati dan seperti apa rasa menemukannya. Terkadang keyakinan bertemu cinta yang tulus dan sejati bisa dilihat dari tanda-tanda yang unik dari semesta atau dari orang yang dekat dengan kita. Ini dia pertanda jika kamu menemukan cinta yang sejati dan baik untukmu.

What's On Fimela
2 dari 9 halaman

1. Berhenti mencari yang terbaik dari yang terbaik

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/SunnyVMD

Salah satu tanda ketika seseorang sudah memutuskan menemukan cinta sejati adalah ketika berhenti mencari yang terbaik dari yang terbaik di luar sana. Mungkin dulu kamu merasa seharusnya ada orang yang lebih baik yang bisa menjadi pendampingmu. Kamu selalu bisa menemukan kekurangan yang tak bisa ditoleransi dari pasanganmu sehingga menginginkan lebih. Tapi jika kamu merasa dialah yang 'tepat', maka keinginan mencari orang lain yang lebih baik akan secara otomatis terhenti. Kamu merasa cukup dengannya, bahkan jika ia memiliki banyak kekurangan.

3 dari 9 halaman

2. Merasa tenang dan nyaman di hati

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/topnatthapon

Gampang sekali menemukan tanda bahwa dialah cinta sejati untukmu, salah satunya adalah merasa tenang dan nyaman di hati. Pikiranmu pun tidak ruwet karena konflik asmara. Dengannya, segalanya terasa baik-baik saja dan berjalan lancar tanpa hambatan. Tidak ada perasaan cemas atau gelisah, melainkan rasa damai yang mendalam. Kamu merasa bisa menjadi diri sendiri tanpa harus berpura-pura atau menutupi kekurangan karena dia bisa menerima ada adanya dirimu. Perasaan tenang dan nyaman inilah yang membuatmu yakin dialah orangnya.

4 dari 9 halaman

3. Memberikan kepercayaan penuh

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Sevendeman

Pasti tidak mudah memberikan rasa percaya kepada seseorang, terutama dalam urusan hati. Kamu harus mengenal seseorang lama hingga yakin bahwa ia tak akan mengkhianati dan memanfaatkan kelemahanmu. Cinta sejati akan memberimu keberanian dan rasa aman untuk menjadi diri sendiri sehingga mau menumbuhkan rasa percaya. Ketika kamu sudah bisa memberi kepercayaan penuh padanya, sebenarnya itu adakah tanda bahwa kamu yakin dia adalah cinta sejatimu.

5 dari 9 halaman

4. Komunikasi yang terbuka dan jujur

Ilustrasi jatuh cinta pria dan perempuan./copyright shutterstock.com/g/MongMe

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan yang sehat, terutama hubungan cinta, apalagi jika tujuannya untuk jangka panjang bahkan seumur hidup. Jika kamu merasa bisa berbicara tentang apa saja dengan pasangan tanpa takut dihakimi, maka ini adalah tanda bahwa kamu berada dalam hubungan yang tepat. Hanya ketulusan yang bisa bertahan dalam komunikasi yang jujur dan terbuka, karena itu menciptakan fondasi yang kuat untuk cinta sejati, dan itu memang harus diciptakan. Cinta sejati harus diciptakan, tidak selalu ditemukan.

6 dari 9 halaman

5. Dukungan tanpa syarat

ilustrasi pasangan bahagia/YAKOBCHUK VIACHESLAV/Shutterstock

Perlu diingat bahwa sikap suportif adalah tanda cinta yang tulus sepenuh hati dari seseorang. Cinta yang sejati seharusnya memberikan dukungan, dorongan dan penyemangat agar pasangan dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal. Pasangan dengan cinta sejati juga akan ada di segala situasi, baik dalam suka maupun duka. Jadi jika ia sudah teruji badai kehidupan, selalu ada untukmu bahkan dalam situasi sulit, maka kamu telah menemukan seseorang yang benar-benar peduli.

7 dari 9 halaman

6. Kalian adalah kombinasi yang pas

ilustrasi couple/Gustavo Frazao/Shutterstock

Orang-orang bilang: jika jodoh, maka kamu dan dia akan menunjukkan chemistry yang kuat dalam banyak hal. Hubungan cinta ini akan berhasil jika kamu merasa dialah kombinasi yang tepat untuk menjalani segala hal. Dia yang bisa menenangkan amarahmu, membuatmu tertawa setelah menangis, dia yang menjadi sandaran saat lelah begitu pula sebaiknya. Kamu adalah kuncian baginya menjalani hidup sehingga bisa baik-baik saja. Ketika kalian merasa kalian adalah kombinasi yang pas, itulah cinta sejati.

8 dari 9 halaman

7. Tumbuh bersama

Ilustrasi pasangan bahagia/copyrightshutterstock/gowithstock

Cinta sejati berarti tumbuh dan berkembang bersama. Jika kamu dan pasangan saling mendorong untuk menjadi versi terbaik dari diri kalian masing-masing, ini adalah tanda bahwa hubungan kalian sehat dan penuh ketulusan. Pertanda lain yang juga menunjukkan pertumbuhan bersama adalah kmurahan Hati dan pengorbanan. Kalian sama-sama bersedia melakukan hal-hal kecil maupun besar untuk kebahagiaan pasangan karena kebahagiaanmu adalah kebahagiaannya. Kalian saling merayakan keberhasilan satu sama lain dan tanpa mengharapkan imbalan.

9 dari 9 halaman

8. Merasa lengkap

Ilustrasi pasangan bahagia/copyrightshutterstock/Kmpzzz 

Terakhir, cinta sejati akan membuatmu merasa lengkap. Bukan berarti kamu tidak bisa bahagia sendiri, tetapi pasangan melengkapimu dengan cara yang membuat hidupmu lebih bermakna. Dulu kamu mampu membahagiakan dirimu sendiri, tapi kehadirannya melipatgandakan makna dalam hidupmu sehingga kamu tak sekadar bahagia tapi menjadi utuh. Kehadiran pasangan membuatmu tak merasa kurang, atau bersamanya kamu jadi lebih gampang bersyukur, menjadi lebih akur dengan keluarga atau lebih dekat dengan Tuhan. Dia membawa banyak pengaruh positif ke dalam hidupmu, maka dialah cinta sejati.

Itu dia sekian tanda jika kamu, pada akhirnya, menemukan cinta yang tulus dan sejati untukmu, Sahabat Fimela. 

#Unlocking The Limitless