Tak Kasat Mata, Ini Bahaya di Balik Peralatan Makan Anak Meski Sudah Dicuci Bersih

Vinsensia Dianawanti diperbarui 29 Jul 2024, 17:30 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tak hanya dari segi nutrisi dan kasih sayang, ibu juga ingin memastikan sang anak terbebas dari segala penyakit melalui peralatan makan yang telah diduci bersih

Namun ternyata, masih ada bahaya yang mungkin mengintai anak-anak di balik peralatan makan anak meski sudah dicuci. Disampaikan oleh dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, Dokter Spesialis Anak bahwa ibu harus lebih cermat dalam memilih produk sabun cuci piring agar tidak meninggalkan residu sabun cuci.

"Jika terakumulasi akan menimbulkan bahaya kesehatan, seperti mengganggu kerja lapisan sel yang melapisi saluran usus sehingga berujung pada alergi makanan, maag, diabetes, obesitas, sirosis hati, hingga gangguan spektrum autisme . Guna menjaga daya tahan tubuh anak dan mendukung tumbuh kembangnya secara optimal, pastikan sabun cuci piring yang digunakan benar-benar berkualitas dan aman untuk mencuci bahan makanan maupun peralatan masak dan makan,” kata dr. Miza.

 

What's On Fimela
2 dari 3 halaman

Teknologi RhamnoClean

Meski sudah dicuci bersih, peralatan makan anak masih menyimpan bahaya penyakit untuk anak (Sunlight)

Untuk menjawab kekhawatiran ibu tersebut, Sunlight mengembangkan teknologi yang disebut RhamnoClean yang sudah dipatenkan pada produk terbaru, Sunlight Biocare Nature. Teknologi ini menggunakan menggunakan 100% bahan aktif alami dari tumbuhan yang memiliki sifat membersihkan secara menyeluruh dan lebih tangguh angkat lemak. Keistimewaan lainnya yaitu, non-iritasi dan tetap lembut di tangan sehingga ibu dapat melakukan kegiatan mencuci dengan aman dan nyaman.

“Bahan aktif alami ini 100% dapat diperbaharui sehingga baik untuk lingkungan – tidak seperti banyak produk pencuci piring lain yang masih menggunakan bahan bakar fosil. Selain itu juga dapat 100% terurai sehingga tidak mencemari lingkungan,” kata. Ernest Basarah, R&D Head of Home Care Unilever Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Bisa bersihkan buah dan sayur

Meski sudah dicuci bersih, peralatan makan anak masih menyimpan bahaya penyakit untuk anak (Sunlight)

Sebagai sabun pencuci yang 100% food grade, Sunlight Biocare Nature juga bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Sabun pencuci ini menggunakan bahan aktif alami, bebas alami, dan pewarna.

Menurut dr. Miza, tampilan segar sayur dan buah yang dipengaruhi lapisan wax food-non grade tidak berizin BPOM. Lapisan ini tidak bisa luruh hanya dicuci dengan air maupun produk pencuci piring yang tidak terjamin kualitasnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membahayakan sistem pencernaan anak dan memunculkan gejala seperti mual, muntah, atau sakit perut. Namun teknologi RhamnoClean di Sunlight Biocare Nature mampu membersihkan sayur dan buah secara menyeluruh. Sehingga bisa memaksimalkan kebutuhan konsumi sayur dan buah harian sebanyak 3-4 porsi sehari.